National Accounting Competition 2022 (NAC)

Akuntansi merupakan salah satu mata pelajaran bidang ilmu sosial yang membutuhkan keterampilan berhitung dan logika berpikir. Hal ini sering kali dianggap sulit oleh siswa/i yang menyebabkan kurangnya minat terhadap mata pelajaran Akuntansi. Minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran merupakan hal yang penting dalam kelancaran proses belajar mengajar, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 yang masih berlanjut hingga saat ini. Jika siswa mempunyai minat belajar yang tinggi dalam proses pembelajaran, maka hal tersebut dapat menunjang proses belajar mengajar agar semakin baik. Begitupun sebaliknya, minat belajar siswa yang rendah akan menurunkan kualitas dan hasil pembelajaran.

Penurunan minat belajar siswa/i dimasa pandemi cukup signifikan karena proses belajar mengajar yang dilakukan secara daring (online). Pada masa awal pembelajaran yang dilakukan di rumah, siswa mengalami kesulitan baik dalam penyesuaian metode belajar maupun penyediaan media dan alat pembelajaran. Metode pembelajaran online ini dirasa cukup sulit untuk beberapa mata pelajaran yang membutuhkan demonstrasi seperti Akuntansi, Fisika, Matematika, dan lain sebagainya. Padahal mata pelajaran tersebut membutuhkan kemampuan berhitung dan berpikir logis yang dibutuhkan hampir di semua bidang ilmu dan pekerjaan. Oleh karena itu, sebaiknya siswa/i tidak menghindari mata pelajaran tersebut.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa/i dimasa pandemi, yaitu menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan mudah diakses, memodifikasi metode pembelajaran, serta mengikuti ajang kompetisi bidang keilmuan. Dengan mengikuti kompetisi, siswa/i dapat mengasah kemampuan dan memperoleh pengalaman baru, sehingga mereka lebih termotivasi untuk belajar. Kompetisi tidak hanya menuntut siswa/i untuk mampu berpikir cerdas dan cepat dalam menjawab dan menyelesaikan soal yang diberikan, melainkan juga dituntut untuk cepat beradaptasi langsung ketika dihadapkan dengan beberapa contoh kasus. Selain itu, kompetisi juga menumbuhkan sikap sportivitas siswa/i.

Oleh karena itu, dalam rangka memeriahkan ulang tahun ke-17 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Economic Expo hadir dengan berbagai agenda kegiatan, salah satunya ialah National Accounting Competition (NAC) 2022. National Accounting Competition (NAC) merupakan kompetisi tingkat nasional dalam bidang keilmuan Akuntansi bagi siswa/i SMA/SMK/MA nasional dan internasional se-Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji kemampuan siswa/i SMA/SMK/MA pada bidang ilmu Akuntansi, sehingga dapat meningkatkan minat belajar mereka terhadap mata pelajaran Akuntansi, serta mempromosikan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta kepada calon mahasiswa baru.

 

Dokumentasi :

 

Lampiran :

  1. Laporan Pertanggungjawaban National Accounting Competition 2022 (NAC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *