Kegiatan Webinar MICE 2021

Program studi D3 Administrasi perkantoran angkatan 2020, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan kegiatan webinar secara daring melalui platform Zoom pada tanggal 04 Desember 2021. Kegiatan ini merupakan implementasi dari Ujian Akhir Sekolah (UAS) pada mata kuliah MICE. MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi khususnya Program Studi D3 Administrasi Perkantoran. Pada webinar MICE 2021 ini mengangkat tema “Smart Investment for Indonesian Millennials in Society 5.0”. Tema tersebut dipilih karena memiliki tujuan yaitu memberikan kepada para peserta webinar sebuah wadah untuk menambah pengetahuan umum tentang investasi yang menjanjikan dan motivasi untuk memulai investasi.

Kegiatan webinar MICE 2021 ini berlangsung pada pukul 08.30 yang diawali dengan kegiatan registrasi peserta, lalu dilanjut dengan pembukaan oleh MC yaitu Oscar Satria dan Karenina. Dilanjut dengan pembacaan tilawah oleh Julian Ghina disambung dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya yang berlangsung secara khidmat. Setelah itu, pemberian sambutan oleh ketua pelaksana MICE 2021 Muhammad Abdul Hanif, lalu sambutan oleh kepala program studi D3 Administrasi Perkantoran yaitu Ibu Munawaroh, M.Si., dan sambutan pembukaan acara resmi dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Bapak Dr. Indra Pahala, M.Si. Acara dilanjut dengan pemutaran short movie terkait investasi.

Tibalah diacara inti yaitu pemaparan materi oleh narasumber. Pada sesi tersebut dipandu oleh moderator acara yaitu Gusti Prasetyo. Sebelum memasuki sesi pemaparan materi, moderator membacakan CV dari narasumber atau pembicara webinar pertama yaitu Bapak Exel Efraim, beliau merupakan seorang konsultan keuangan sekaligus Founder di Ternak Uang. Pada sesi pemaparan materi, beliau memberikan materi mengenai pengetahuan investasi beserta tantangan dan solusi.

“Mindset pertama yang harus ditanamkan saat hendak berinvestasi adalah investasi itu tentang sebuah proses untuk memperoleh keuntungan dimasa depan nanti. Investasi itu berbeda dengan menabung, investasi itu mengarah pada tujuan memperoleh return dengan proses yang dilalui penuh risiko. Selain itu, seorang yang hendak berinvestasi harus memiliki pola pikir, mental dan keahlian yang mumpuni.” ujar Axel Efraim pada webinar MICE melalui platform Zoom Meeting.

Setelah pemaparan materi oleh narasumber pertama dilanjut dengan sesi tanya jawab. Lalu dilanjut dengan iklan sponsor dari Inez Cosmetic. Selanjutnya adalah pemaparan materi oleh narasumber yang kedua adalah Bapak Firman Hidayat Selaku Equity Analyst Of BNI Sekuritas, pada kesempatan ini beliau menyampaikan materi berupa Analisa Fundamental Saham Dasar. Setelah pemaparan materi dari narasumber, diadakan sesi tanya jawab. Selanjutnya ada ice breking dari mc untuk menghibur audience agar tetap semangat mengikuti selama webinar. Setelah ice breking selanjut nya ada narasumber yang ke tiga adalah Bapak Vitrianudin Selaku  Stoock Market Analyst At RK Team, pada kesempatan ini beliau menyampaikan materi berupa Investasi saham saat Pandemi. Setelah pemaparan materi dari narasumber, diadakan sesi tanya jawab.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman peserta pemenang lomba, pemenang lomba Juara Umum adalah Almas Shadrina dan pemenang lomba Juara Favorit adalah M.Syarifuddin Arif.

Kegitan webinar MICE 2021 ditutup dengan pembacaan doa penutup yang akan dibacakan saudara Julian Ghina. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi dokumentasi yaitu foto bersama dengan audience, selanjut penutupan mc yang berakhirnya acara webinar MICE 2021.

 

  1. Laporan Kegiatan Webinar MICE 2021
  2. Laporan Pertanggungjawaban MICE 2021

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *