Practitioner Sharing Experience Program Program Studi Bisnis Digital FE UNJ 2021

Pada hari Sabtu, 27 November 2021, Program Studi Bisnis Digital FE UNJ menggelar kegiatan sharing knowledge dengan praktisi Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) yang dikenal dengan “Practitioner Experience Sharing Program”.  dengan tema : “Delightful Communication in Promoting the Business : The Role of Growth Marketing Team” yang menghadirkan narasumber, Maisyalina Agustiana, S.Pd, seorang alumni FE UNJ yang saat ini menduduki posisi sebagai Growth Marketing Lead pada salah satu unicorn terkenal di Indonesia yaitu Tokopedia. 

Sebagai wujud dukungan terhadap Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kemdikbud Ristek, kegiatan ini merupakan bagian dari perkuliahan Pengantar Manajemen, khususnya topik komunikasi dan kerja tim. Kegiatan ini dibuka oleh Master of Ceremony: Aisyah Nur Sadjadah (Mahasiswa S1 Bisnis Digital FE UNJ) dan dimoderatori oleh ibu Dr. Umi Widyastuti (dosen S1 Bisnis Digital FE UNJ).

Dalam paparannya, narasumber menekankan pada pentingnya growth marketing team dalam sebuah bisnis. Tim ini tidak lagi berfokus pada menciptakan awareness saja, namun sampai pada kesediaan customer untuk mereferensikan produk atau jasa secara sukarela kepada orang lain. Tentunya dibutuhkan kompetensi yang sangat kompleks terutama di era digitalisasi bisnis saat ini, diantaranya adalah kompetensi mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan bagaimana menganalisis data yang bersumber dari media sosial sebagai dasar pengambilan keputusan tim dalam melakukan inovasi di bidang pemasaran. 

Di akhir penjelasan narasumber menyampaikan sedikitnya terdapat 10 poin penting tentang bagaimana memulai menjadi seorang growth marketer, dimana poin terakhir dari penjelasan tersebut ditujukan khususnya kepada mahasiswa yakni pentingnya membaca buku, . “Read your Book”. Membaca buku mungkin akan terasa sangat berat bagi mahasiswa terutama jika buku tersebut diluar dari mata kuliah yang didapatkan dalam pembelajaran di perkuliahan. Namun disini pembicara menekankan untuk perbanyak membawa buku karena hal tersebut benar-benar penting bagi seorang mahasiswa sebelum terjun ke dalam dunia kerja, tidak hanya itu, pembicara juga merekomendasi buku-buku apa saja yang relevan dengan bidang tersebut.

Sebagai penutup acara, moderator mengarahkan para peserta ke sesi tanya jawab, pada sesi tanya jawab, peserta aktif bertanya kepada pembicara terkait topik yang dibawakan khususnya terkait teamwork yang menjadi materi utama pada perkuliahan di Bisnis Digital FE UNJ. Acara ini berlangsung dengan sangat baik, begitu juga dengan materi yang menarik yang dibawakan oleh narasumber. Lebih dari 100 peserta menghadiri seminar (antara lain mahasiswa/i S1 Bisnis Digital FE UNJ dan dosen FE UNJ). 

 

TOR  Practitioner Experience Sharing Program Bisnis Digital

PPT – Delightful Communication in Promoting The Business  The Role of Growth Marketing Team

Dokumentasi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *