Kegiatan Workshop dan FGD Penyusunan Kurikulum Berbasis OBE Dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi

Dalam rangka meningkatkan kualitas Tridhama perguruan tinggi, khususnya pada program pembelajaran, maka Program studi S-1 Pendidikan Ekonomomi mengadakan Workshop dan FGD penyusunan kurikulum berbasis OBE dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Kegiatan ini diinisiasi oleh Prof. Dr. Sri Indah Nikensari selaku Koordinator Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Tujuan utama dari berlangsungnya kegiatan ini yaitu untuk mengembangkan kurikulum guna menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/industri. Acara kegiatan Workshop dan FGD Pengembangan Kurikulum berbasis OBE dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran diselenggarakan di Hotel Margo, Depok pada hari sabtu-minggu, tanggal 21-22 Agustus 2021 yang dihadiri oleh senat fakultas ekonomi, dekanat, beserta para Dosen program studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Narasumber dalam Workshop dan FGD Pengembangan Kurikulum berbasis OBE dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran adalah Jundan Iskandar,M.Pd beliau merupakan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Negeri 21 Jakarta beserta Bapak Bambang Triyono, S.Pd, M.Pd, beliau merupakan seorang akademisi (Dosen) dan Pelaku UMKM. Materi yang disampaikan pada kegiatan ini adalah mengenai Pengembangan Kurikulum terkini yang diaplikasikan oleh para pendidik di sekolah serta kemampuan-kemampuan yang perlu dimiliki oleh para mahasiswa untuk menjadi seorang pendidik ataupun wirausaha. Adanya kegiatan Workshop dan FGD Kurikulum berbasis OBE dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran ini bermanfaat dalam memberikan masukan kepada para dosen untuk membuat kurikulum berbasis OBE, meningkatkan pembekalan kepada mahasiswa dengan hard skill dan soft skill yang dibutuhkan di dunia usaha, serta pengembangan dalam perangkat pembelajaran.

Acara Workshop dan FGD Pengembangan Kurikulum berbasis OBE dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran ini dibuka Bapak Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, dilanjutkan oleh sambutan dari Prof. Dr. Sri Indah Nikensari selaku Koordinator Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Selanjutnya masuk pada acara inti, yaitu sesi Focus Group Discussion Pengembangan Kurikulum yang membahas mengenai skill yang dibutuhkan oleh lulusan Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi saat ini dalam memasuki dunia kerja ataupun dunia usaha. Selain itu, narasumber juga memberikan masukan strategi yang dapat dilakukan oleh program studi untuk mendapatkan beberapa skill yang dibutuhkan oleh para mahasiswa.

Dalam Workshop ini juga membahas mengenai kualifikasi khusus yang harus dimiliki atau ditambahkan oleh dosen terkait skill yang harus dimiliki lulusan, karakter yang paling penting untuk dibentuk pada mahasiswa seperti problem solving, critical thinking, creative idea, attitude, budaya akhlak (amanah, kompeten, harmonis, loyal dan kolaboratif), kepedulian terhadap sesama, agile, resilience, keberanian menyampaikan ide, self efficacy, dan self competence. Hal lain yang dibahas di Workshop ini yaitu mengenai PKL/Magang 1 semester di sekolah/perusahaan yang dilakukan di semester 4 atau 5 serta kemampuan teknologi yang dibutuhkan industri.

Setelah sesi Focus Group Discussion Pengembangan Kurikulum berbasis OBE selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara para dosen prodi peserta workshop dengan narasumber. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan masih seputar mata kuliah yang ada pada program S-1 Pendidikan Ekonomi, pendekatan program magang, serta program peningkatan skill bagi para mahasiswa. Setelah sesi tanya jawab selesai, maka dilakukan sesi dokumentasi foto bersama dan penutupan acara oleh moderator.

  1. Laporan Kegiatan
  2. Surat Tugas
  3. Undangan Narasumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *