Laporan Kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Focus Group Discussion (FGD) Kerjasama Pengembangan Kurikulum

Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Focus Group Discussion (FGD) Kerjasama Pengembangan Kurikulum. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pada Program Hibah Pemutakhiran Kurikulum Program Studi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang bertujuan untuk menghasilkan kurikulum yang sesuai dengan empat pilar utama (Outcome-Based Education/OBE, Keterampilan Abad 21, Literasi Digital, dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka/MBKM), menghasilkan kurikulum yang membuat lulusan memiliki pemikiran kritis, mampu menyelesaikan masalah, dan adaptif, serta menghasilkan kurikulum yang menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEK. Pengembangan kurikulum yang baru ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/industri.

 

Kegiatan workshop dan FGD yang dipimpin oleh Koordinator Program Studi S1 Manajemen FE UNJ, Bapak Dr. Suherman, M.Si., diselenggarakan pada tanggal 9-10 Juni 2021 dan mengambil tempat di Aston Bogor Hotel & Resort. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid (gabungan dari luring dan daring) dan dihadiri oleh dosen-dosen Program Studi S1 Manajemen FE UNJ, alumni, pengguna lulusan, serta praktisi pada dunia industri.

 

Narasumber kegiatan adalah Bapak Dr. Ulil Hartono, M.Si. selaku Ketua Jurusan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya sekaligus ketua Aliansi Program Studi Manajemen dan Bisnis Indonesia (APSMBI). Pada kesempatan ini beliau menyampaikan materi berupa sharing session regulasi, persiapan, dan implementasi MBKM di Program Studi S1 Manajemen FEB Unesa antara lain mengenai struktur kurikulum, sosialisasi, pelaporan, dan penilaian KKN MBKM. Setelah pemaparan materi dari narasumber, diadakan sesi tanya jawab. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para dosen Prodi S1 Manajemen FE UNJ untuk bertanya lebih rinci mengenai kurikulum MBKM. Kegiatan kemudian ditutup dengan pemberian sertifikat untuk narasumber.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) Kerjasama Pengembangan Kurikulum, yaitu kegiatan diskusi antara dosen, alumni, user/pengguna, serta para praktisi dan profesional di bidang usaha/industri. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama pengembangan kurikulum antara Prodi S1 Manajemen FE UNJ dengan perusahaan-perusahaan atau instansi, misalnya dengan pelaksanaan kuliah tamu, penerimaan mahasiswa magang, serta penyaluran lulusan di tempat kerja. Pada kesempatan ini, alumni menceritakan mengenai kisah mereka setelah lulus kuliah dan proses mendapatkan pekerjaan, seberapa relevan mata kuliah yang telah dipelajari dengan tuntutan dunia kerja. Di sisi lain, user/pengguna menyampaikan tentang kriteria-kriteria yang biasanya mereka gunakan dalam seleksi baik itu untuk penerimaan mahasiswa magang ataupun rekrutmen karyawan di perusahaan mereka. Praktisi dan profesional pun menyampaikan pandangan mereka mengenai keahlian/skill dan sifat/karakter apa saja yang umumnya harus dimiliki oleh lulusan untuk dapat berkompetisi di dunia kerja.

 

Kegiatan FGD ditutup dengan penyerahan sertifikat bagi para narasumber serta foto bersama. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyusunan dokumen kurikulum dan finalisasi laporan yang dilaksanakan melalui mekanisme kerja mandiri.