Workshop Kurikulum MBKM dan FGD Pengembangan Perangkat Pembelajaran Program Studi D3 Manajemen Pemasaran

Workshop Kurikulum MBKM dan FGD Pengembangan Perangkat Pembelajaran, merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Ibu Dra. sholikhah, MM selaku Koordinator Program Studi D3 Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum guna menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/industri. Kegiatan Workshop Kurikulum MBKM dan FGD Pengembangan Perangkat Pembelajaran diselenggarakan di ASTON Bogor Hotel & Resort pada tanggal 9-10 Juni 2021. Peserta dihadiri oleh Dosen program studi D3 Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

 

Narasumber dalam Workshop Pengembangan Kurikulum MBKM dan FGD Pengembangan Perangkat Pembelajaran adalah Dr. Ulil Hartono, M.Si. selaku Ketua Jurusan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya. Materi yang disampaikan pada kegiatan ini adalah mengenai Pengembangan Kurikulum MBKM, FGD Kurikulum dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran serta kegiatan akhir Finalisasi Laporan Kurikulum Program Studi Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang juga dihadiri oleh seluruh Dosen Prodi D3 Manajemen Pemasaran.

 

Acara Workshop Pengembangan Kurikulum MBKM dan FGD Pengembangan Perangkat Pembelajaran ini dibuka oleh moderator dan dilanjutkan dengan sesi perkenalan singkat oleh beberapa narasumber. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi Focus Group Discussion Pengembangan Kurikulum yang membahas mengenai skill yang dibutuhkan oleh lulusan Program Studi Manajemen Pemasaran saat ini seperti kapabilitas di bidang digital (digital connectivity, platform dan services), skill berkaitan dengan internet of things, big data, artificial intelligence, cloud, additive manufacturing, administrative skill, communication skill, communication skill in english or 2nd language, literacy skill, organization dan management skill dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan beberapa skill yang telah disebutkan, narasumber juga membahas mengenai mata kuliah apa yang dibutuhkan seperti  Business Risk, Mata Kuliah terkait Teknologi, Socialpreneur, Ilmu Perpajakan, Technopreneurship, Public Speaking/Seminar, IT/Teknologi Informasi, Sistem Informasi Manajemen, dan lainnya. Dalam Workshop ini juga membahas mengenai kualifikasi khusus yang harus dimiliki atau ditambahkan oleh dosen terkait skill yang harus dimiliki lulusan, karakter yang paling penting untuk dibentuk pada mahasiswa seperti problem solving, critical thinking, creative idea, attitude, budaya akhlak (amanah, kompeten, harmonis, loyal dan kolaboratif), kepedulian terhadap sesama, agile, resilience, keberanian menyampaikan ide, self efficacy, dan self competence. Hal lain yang dibahas di Workshop ini yaitu mengenai PKL/Magang 1 semester di sekolah/perusahaan yang dilakukan di semester 4 atau 5 serta kemampuan teknologi yang dibutuhkan industri.

 

Setelah sesi Focus Group Discussion Pengembangan Kurikulum selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diajukan oleh beberapa penanya. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan masih seputar berapa banyak mata kuliah terkait bisnis digital yang dapat diterima di dunia kerja, spesifikasi dari program digitalisasi untuk kebutuhan di masing-masing program studi, masukan untuk program D3 Manajemen Pemasaran dari para praktisi, pendekatan program magang untuk dosen yang dijawab oleh beberapa narasumber yang terkait. Setelah semua terjawab, sesi tanya jawab ditutup dan kemudian acara ditutup dengan para partisipan yang dikembalikan ke room utama.