Workshop Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Studi S1 dan D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Hari, Tanggal  : Jumat s.d. Sabtu, 24 s.d. 25 September 2021

Waktu             : 14.00 WIB s.d. Selesai

Tempat            : The Margo Hotel, Depok (Offline)

Zoom Cloud Meeting (Hybrid di Hari ke-1)

Peserta            : 21 Orang

 

  • Hari Pertama (Jumat, 24 September 2021)

 

Materi – Penyusunan RPS Berbasis OBE Bidang Akuntansi

Pembicara: Dr. Sylvia Fettry Elvira Maratno, S.E., S.H., M.Si., Ak., CA

 

  • Pendekatan Outcome Based Education (OBE):

      OBE adalah pendekatan desain kurikulum dan pengajaran yang berfokus pada apa yang harus dapat dilakukan mahasiswa pada akhir pengalaman belajarnya. OBE memfokuskan dan mengatur segala sesuatu dalam sistem pendidikan mengenai apa yang penting bagi semua mahasiswa/i untuk dapat berhasil di akhir pembelajaran tentang apa yang penting bagi mahasiswa/i untuk dapat dilakukan, kemudian mengatur kurikulum, pengajaran dan penilaian untuk memastikan hasil yang diinginkan.

 

  • Hal yang Akan Mahasiswa/i Pelajari Dalam Sistem Kurikulum Berbasis OBE
  1. Clarity of Focus (Kejelasan Fokus).
  2. Designing Back (Perencanaan Kembali).
  3. High Expectations (Ekspektasi yang Tinggi).
  4. Expanded Opportunities (Kesempatan yang Luas).

 

  • Keuntungan Dari Implementasi OBE
  1. Pemantauan berkelanjutan terhadap kualitas lulusan yang dihasilkan.
  2. Peningkatan Kualitas Berkelanjutan (Continual Quality Improvement / CQI) dengan masukan dan umpan balik dari berbagai konstituensi.
  3. Menghasilkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik.
  4. Menciptakan pengalaman belajar yang lebih sistematis, inovatif, dan fleksibel.
  5. Mendorong untuk lebih banyak mempromosikan praktik/kegiatan profesional melalui pelatihan industri, kunjungan lapangan, proyek atau tugas yang terkait dengan industri.
  6. Untuk memastikan tercapainya outcome yang diinginkan pada setiap lulusan.

 

  • Pendidikan Berbasis Capaian Pembelajaran (Outcome Based Education)
  1. Outcome Based Curriculum (OBC)
  2. Outcome Based Learning and Teaching (OBLT)
  3. Outcome Based Assessment (OBA)

 

Mata kuliah inti dalam pembelajaran akan masuk ke capaian pembelajaran: Assesment of learning atau UAS.

 

  • Kurikulum:

CPL sikap pada SN DIKTI yang diputuskan tetap ada pada setiap mata kuliah adalah S- dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

Alur kurikulum dengan OBE:

  1. Mengembangkan kurikulum berdasarkan LO/CPL.
  2. Mencari cara untuk mencapai LO/CPL.
  3. Menjamin tercapainya LO/CPL.
  4. Hal-hal tersebut terus berlanjut dilakukan guna memperbaiki kurikulum dan melakukan peningkatan kualitas kurikulum.

 

  • Rubrik Penilaian Pembelajaran
  1. Rubrik holistik adalah pedoman penilaian untuk menilai berdasarkan kesan keseluruhan atau kombinasi semua kriteria.
  2. Rubrik analitik adalah pedoman penilaian yang memiliki tingkatan kriteria penilaian yang dideskripsikan dan diberikan skala penilaian atau skor penilaian
  3. Rubrik skala presepsi adalah pedoman penilaian yang memilikitingkatan kriteria penilaian yang tidak dideskripsikan, namun tetap diberikan skala penilaian atau skor penilaian.

 

  • Sub CPMK – SMART
  1. Specific

Rumusan harus jelas, menggunakan istilah yang spesifik menggambarkan kemampuan: sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diinginkan, menggunakan kata kerja tindakan nyata (concrete verbs).

  1. Measurable

Rumusan harus mempunyai target hasil belajar mahasiswa yang dapat diukur, sehingga dapat ditentukan kapan hal tersebut dapat dicapai oleh mahasiswa/i

  1. Achievable

Rumusan menyatakan kemampuan yang dapat dicapai oleh mahasiswa/i.

  1. Realistic

Rumusan menyatakan kemampuan yang realistis untuk dapat dicapai oleh mahasiswa/i.

  1. Time bound

Rumusan menyatakan kemampuan yang dapat dicapai oleh mahasiswa/i dalam waktu cukup dan wajar sesuai bobot SKSnya.

 

  • Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) suatu mata kuliah adalah rencana proses pembelajaran yang disusun untuk kegiatan pembelajaran selama satu semester guna memenuhi capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah.

RPS ditetapkan oleh dosen secara mandiri atau bersama dalam kelompok keahlian suatu bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang studi. RPS disusun dari hasil rancangan pembelajaran, dituliskan lengkap untuk semua mata kuliah pada program studi, disertai perangkat pembelajaran lainnya di antaranya rencana tugas, instrumen penilaian dalam bentuk rubrik atau portofolio, bahan ajar, dan lain-lain.

Sub CPMK yang telah dirumuskan digunakan sebagai dasar untuk menentukan indikator, kriteria, dan membuat instrumen penilaian, memilih bentuk dan metode pembelajaran, serta mengembangkan materi pembelajaran. Item-item tersebut disusun dalam sebuah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk mata kuliah terkait.

 

  • Analisis Pembelajaran

Dalam penyusunan RPS diperlukan analisis pembelajaran dalam rangka mengetahui tahapan pembelajaran pada mata kuliah untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah.

  1. Struktur Hirarki

Untuk belajar kemampuan A harus terlebih dahulu belajar kemampuan B (panah vertikal)

  1. Struktur Prosedural

Untuk belajar kemampuan A sebaiknya terlebih dahulu belajar kemampuan B (panah horizontal).

  1. Struktur Pengelompokan

Beberapa kemampuan tidak saling tergantung dalam satu rumpun kemampuan (garis tanpa panah)

  1. Struktur Kombinasi
  • Mengidentifikasi semua kemampuan yang harus dikuasai mahasiswa pada setiap tahapan belajar sesuai dengan CPMK yang telah ditentukan.
  • Menentukan kemampuan awal dan kemampuan akhir mahasiswa dalam proses pembelajaran mata kuliah.
  • Menentukan tahapan pelaksanaan pembelajaran mahasiswa baik secara hirarki, prosedural, maupun pengelompokan.
  • Mempermudah melakukan rekonstruksi mata kuliah untuk perbaikan yang berkelanjutan.
  • Memperoleh susunan RPS yang sistematis, terukur, dan dapat dijalankan secara bertahap, efisien, dan efektif, serta menghindari penyusunan RPS dari sekedar memindahkan daftar isi buku.

 

  • Prinsip Penyusunan RPS
  1. RPS adalah dokumen program pembelajaran yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan sesuai CPL yang telah ditetapkan, sehingga harus dapat dijalankan oleh mahasiswa pada setiap tahapan belajar pada mata kuliah terkait.
  2. RPS dititik beratkan pada bagaimana memandu mahasiswa untuk belajar agar memiliki kemampuan sesuai dengan CPL lulusan yang dibebankan pada mata kuliah, bukan pada kepentingan kegiatan dosen mengajar.
  3. Pembelajaran yang dirancang dalam RPS adalah pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa/i (Student Centered Learning / SCL)
  4. RPS wajib ditinjau dan disesuaikan secara berkala sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Unsur-Unsur RPS
  1. Nama program studi, nama dan kode mata kuliah, semester, SKS, nama dosen pengampu.
  2. Capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah.
  3. Kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan.
  4. Bahan kajian yang terkait dengan kemampuan yang akan dicapai.
  5. Metode pembelajaran.
  6. Waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran;.
  7. Pengalaman belajar mahasiswa yang diwujudkan dalam deskripsi tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa/i selama satu semester.
  8. Kriteria, indikator, dan bobot penilaian.
  9. Daftar referensi yang digunakan.

 

  • Isian RPS
  1. Nama program studi.
  2. Nama dan kode, semester, SKS mata kuliah atau modul.
  3. Nama dosen pengampu.
  4. CPL yang dibebankan pada mata kuliah dan dirumuskan dalam CPMK
  5. Kemampuan akhir yang direncanakan di setiap tahapan pembelajaran (Sub CPMK).
  6. Bahan kajian atau materi pembelajaran.
  7. Bentuk pembelajaran dan metode pembelajaran.
  8. Perhitungan SKS dan ekuivalensinya.
  9. Pengalaman belajar mahasiswa dalam bentuk tugas.
  10. Kriteria, indikator dan bobot penilaian.
  11. Daftar referensi.
  12. Format RPS ditetapkan oleh prodi atau perguruan tinggi (memenuhi unsur minimal)

 

  • Bentuk Pembelajaran
  1. Kuliah
  2. Responsi
  3. Tutorial
  4. Seminar atau yang setara.
  5. Praktikum
  6. Praktik studio.
  7. Praktik bengkel.
  8. Praktik lapangan.
  9. Penelitian atau riset
  10. Membangun masyarakat atau KKN tematik.
  11. Pertukaran mahasiswa.
  12. Magang atau praktek kerja.
  13. Asistensi mengajar.
  14. Proyek kemanusiaan.
  15. Kegiatan wirausaha.
  16. Studia atau proyek independen atau bentuk pembelajaran lain yang setara.

 

  • Portofolio Penilaian Pembelajaran
  1. Portofolio Perkembangan

Berisi koleksi hasil-hasil karya mahasiswa yang menunjukkan kemajuan pencapaian kemampuannya sesuai dengan tahapan belajar yang telah dijalani.

  1. Portofolio Pamer (showcase)

Berisi hasil-hasil karya mahasiswa yang menunjukkan hasil kinerja belajar terbaiknya.

  1. Portofolio Komprehensif

Berisi hasil-hasil karya mahasiswa/i secara keseluruhan selama proses pembelajaran.

 

  • Hari Kedua (Sabtu, 25 September 2021)
  • Pengerjaan mandiri untuk melanjutkan penyusunan RPS untuk S1 dan D3.
  • Pembentukan PJ dosen terkait dengan pengumpulan dan pemantauan finalisasi RPS OBE.
  • Kesepakatan untuk CPL khususnya sikap nomor 8 yaitu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik yang ditetapkan untuk masuk pada semua mata kuliah.
  • Materi dari pembicara dapat dilihat melalui link di bawah ini:

https://bit.ly/Materi_WorkshopPenyusunanRPS

  • PPT pelaporan SFD dapat dilihat melalui link di bawah ini:

https://bit.ly/Pertanggungjawaban_WorkshopPenyusunanRPS

  • Dokumentasi secara lengkap dapat dilihat melalui link di bawah ini:

https://bit.ly/Dokumentasi_WorkshopPenyusunanRPS

 

  • Recording Zoom dapat dilihat melalui link di bawah ini:

https://bit.ly/RecordingZoom_WorkshopPenyusunanRPS

  • Berikut informasi link terkait RPS OBE:
  • Link kumpulan RPS lama D3 dan S1 (format telah disesuaikan)
  • RPS S1 Format Baru

https://bit.ly/RPS_S1_FormatBaru

  • RPS D3 Format Baru

https://bit.ly/RPS_D3_FormatBaru

  • Link RPS OBE D3 dan S1 (yang telah direvisi)
  • Upload RPS S1

https://bit.ly/Upload_RPS_S1

  • Upload RPS D3

https://bit.ly/Upload_RPS_D3

Notes:

Apabila Bapak/Ibu dosen memiliki kendala dalam proses upload RPS, dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini untuk dapat mengirimkan RPS yang sudah di-review agar dibantu untuk upload.

  • Narahubung S1 Akuntansi:

https://wa.me/+62818839110 (Reni Suwandi AP)

  • Narahubung D3 Akuntansi:

https://wa.me/+6285280817083 (Lidyawati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *