Workshop Pengisian Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Akreditasi (IPEPA)

Tim Akreditasi D-3 Akuntansi FE UNJ bersama dengan Tim Akredtasi D-3 Manajemen Pemasaran FE UNJ menyelenggarakan acara Workshop Pengisian Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Akreditasi (IPEPA). Workshop ini dilaksanakan pada hari Senin, 06 September 2021. Acara ini dilakukan melalui media Zoom Cloud Meetings dan dihadiri oleh 40 peserta termasuk MC dan Moderator. Acara dimulai pukul 09.10 WIB diawali dengan pembukaan oleh MC yaitu Karunia Sekar Dwi Meylany, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Bapak Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd pukul 09.13 – 09.20.

Sebelum memasuki pemaparan materi, MC memperkenalkan Moderator pada acara ini, yaitu Bapak Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM.. Sampai 09.23 kemudian Moderator memperkenalkan dan membacakan CV dari narasumber pada hari ini. Narasumber atau pemateri pada hari ini, Bapak Drs. Tjetjep Djatinka, MBA – DIV Marketing Management Dept. Commerce and Administration Politeknik Negeri Bandung memulai penyampaian materi pada pukul 09.30. Beliau menyampaikan bahwa perguruan tinggi harus mempersiapkan pemberkasan dengan baik. Kekurangan berkas walaupun hanya sedikit tetapi akan sangat berdampak dengan keterlambatan akreditasi bahkan sampai dua bulan. Progran Studi menyusun dan menyampaikan dokumen Data Kinerja dalam dua format, yaitu : PDF dan Excel Spreadsheet, sementara Laporan Evaluasi Kinerja disampaikan dalam format PDF.

 

Pukul 09.45 narasumber kemudian menyampaikan tata cara mengisi tabel – tabel yang perlu diisi pada LK dalam format excel. Narasumber merekomendasikan untuk mengisi seluruh isian yang diberikan. Narasumber mulai menjelaskan pengisian tabel kriteria 1 dan kriteria 2 sampai dengan pukul 09.53. Dilanjutkan dengan pengisian kriteria 3 yang akan berlanjut dan terhubung dengan kriteria 4. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pengisian kriteria 5 dan 6. Narasumber mengatakan bahwa yang wajib dilakukan segera adalah mengisi Data Kinerja. Penyampaian materi oleh narasumber yaitu Bapak Drs. Tjetjep Djatinka, MBA selesai pada pukul 10.56. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Bapak Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM selaku moderator. Beragam pertanyaan yang disampaikan oleh beberapa perwakilan dosen, hingga sesi tanya jawab selesai pada pukul 11.55. Setelah sesi tanya jawab, kemudian dilanjutkan dengan closing statement oleh narasumber. Kemudian sesi dokumentasi yang dipandu oleh MC dan diakhiri dengan penutupan oleh MC.

 

  1. Dokumen Surat Undangan Workshop Pengisian IPEPA
  2. Dokumen Laporan Workshop Pengisian IPEPA