Workshop dan Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi BNSP 2024 “Pemasaran Digital (Digital Marketing)”

Pada hari Selasa, tanggal 4 Juni 2024 telah dilaksanakan Workshop dan Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi BNSP dengan topik pembahasan “Pemasaran Digital (Digital Marketing)” yang berlangsung di Virtual Zoom Meeting pada pukul 13.00 s.d pukul 15.05 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Dr. Indra Pahala, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan Ibu Laeli Purnamasari, S.E., M.M., C.H., C.NLP. selaku narasumber serta diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Pada pukul 13.05 WIB, kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Sulthan Awwal Fakhruddin selaku MC dan pembacaan doa. Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Opening Speech yang diberikan Bapak Dr. Indra Pahala, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Selanjutnya, MC sekaligus moderator mengambil alih kembali kegiatan tersebut dan dilanjutkan dengan pembacaan CV Ibu Laela dan bersapa dengan narasumber. Pemaparan materi dilakukan oleh Ibu Laela selaku narasumber dimulai dengan pengenalan Background Ibu Laela yang sudah mengikuti beberapa sertifikasi kompetensi dan pengalaman kerja Ibu Laela. Pemaparan materi dimulai dengan pemaparan fakta dari The Higher Policy (2020) bahwa hanya 23% fresh graduate yang percaya diri untuk masuk ke dalam dunia kerja yang disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  1. Belum menentukan tujuan hidup setelah lulus.
  2. Kurang percaya diri dengan kompetensi diri.
  3. Mengalami perasaan hampa dan cemas berlebih.
  4. Tertekan dengan lingkungan sosial yang kerap mempertanyakan status diri.
  5. Mengklaim diri gagal sebagai lulusan perguruan tinggi.
  6. Merasa jengah dengan pertanyaan mengenai kesibukan dan pekerjaan saat ini.
  7. Ketakutan mencoba dan mengeksplorasi hal-hal baru.
  8. Merasa menjadi beban keluarga setelah lulus.

Oleh karena itu diperlukan sertifikasi kompetensi yang menjadi sebuah pengakuan formal atas kecakapan individu dalam bidang tertentu yang diberikan oleh lembaga sertifikasi berwenang. Sertifikasi bermanfaat untuk belajar hal baru, meningkatkan skill, meningkatkan peluang kerja, menyiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja, dan menjadi syarat seminar proposal dan kelulusan. Lembaga yang menyediakan sertifikasi adalah BNSP yakni lembaga yang memiliki standar kompetensi yang jelas. Selanjutnya, narasumber meminta pendapat peserta mengenai manfaat sertifikasi melalui website slido.com. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan alur proses sertifikasi dan penjelasan terkait skema sertifikasi di beberapa bidang.

Narasumber juga memberikan tips untuk mengoptimalisasi media sosial dengan menggunakan beberapa fitur di Instagram, memberikan ide konten, copywriting, dan tips engagement yang baik. Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Salah satu peserta yang bernama Julita bertanya mengenai penyebab banyak orang  yang pekerjaannya tidak relevan dengan jurusan yang diambil. Kemudian pada pukul 15.04, sesi tanya jawab berakhir dan dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada Ibu Laela selaku narasumber dan kegiatan ditutup oleh MC.

 

Dokumentasi :