Alumni Connect PE 2023 “Aplikasi Ilmu Ekonometri Untuk Penelitian Sosial dan Kebijakan”

Pada hari Kamis, 21 Desember 2023, Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan pembelajaran melalui program Alumni Connect PE 2023 dengan tema “Aplikasi Ilmu Ekonometri Untuk Penelitian Sosial dan Kebijakan” yang berlangsung di Virtual Zoom Meetings. Pada kegiatan ini, dihadirkan Bapak Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., M.Pd. selaku ketua Koordinasi Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan Prof. Dr. Harya Kuncara Wiralaga, S.E., M.Si selaku dosen pengampu Mata Kuliah Ekonometrika.

Selain itu, dihadirkan juga Bapak Gustofan Mahmud, S.Pd., M.Sc selaku Alumni S1 Pendidikan Ekonomi sebagai narasumber utama pada kegiatan pembelajaran ini.

Kegiatan ini diawali dengan peserta masuk ke dalam ruang zoom pukul 19.00 WIB. Selanjutnya dilakukan pembukaan kegiatan oleh MC, pembacaan doa, dan sambutan dari Bapak Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., M.Pd. selaku ketua Koordinasi Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Prof. Dr. Harya Kuncara Wiralaga, S.E., M.Si selaku dosen pengampu Mata Kuliah Ekonometrika. Pukul 19.30 WIB kegiatan dimulai dengan sesi penjelasan materi “Aplikasi Ilmu Ekonometri Untuk Penelitian Sosial dan Kebijakan” oleh narasumber yaitu Gustofan Mahmud, S.Pd.,M.Sc. Materi tersebut disampaikan dengan metode Sharing Session berdasarkan pengalaman narasumber. Setelah itu, narasumber menjelaskan Topik Pembahasan sharing session, yaitu sebagai berikut:

  1. Latar Belakang Sharing Session
    • Merespon Bapak Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd (Hormat narasumber kepada beliau)
    • Semangat belajar dan menyerap ilmu
    • Berbagi ilmu yang insya Allah bermanfaat
  2. Pengalaman Publikasi di Scopus
    • Tipe open access (berbayar untuk author tapi free untuk pembaca)
    • Climate-related disclosure
  • Mixed-Method (Delphi Method)
  • Kurang lebih 4 rounds (editor + reviewers 3)
  • Submit hingga published sekitar 40 hari @2023
  1. Sekilas Perjalanan Paper Ekonometri
    • Ide penulisan didapat dari perkuliahan di S1 (Kelas Ekonomi Publik oleh Haryo Kuncoro)
    • Ditulis dalam rentang waktu dua bulan
    • Direview secara komprehensif oleh corresponding author (Dr. Prianto Budi Saptono, Ak., CA, MBA.)
    • Direvisi beberapa kali hingga ‘lampu hijau’ submit ke jurnal
    • Pertama kali disubmit ke Q2 ITAX, lolos editordesk rejection, namun hasil review dari reviewers adalah rejections
    • Direvisi kembali, diperbaiki seperlunya sesuai saran reviewer di ITAX
    • Disubmit kembali ke jurnal lain yang lebih rendah , Q3 FPR
  2. Studi Kuantitatif. Narasumber menjelaskan studi kuantitatif dengan mengutip dari Lord Kelvin’s dictum: “I often say that when you can measure something that you are speaking about, express it in numbers, you know something about it; but when you cannot measure it, when you cannot express it in numbers, your knowledge is of the meagre and unsatisfactory kind.” (1883)
  3. Sesi Praktik dengan Narasumber menjelaskan mengenai STATA serta menjelaskan kelebihannya, yaitu sangat ilmiah, terdapat jurnalnya, Q1.
  4. Promising Topics
  5. Citation Style
  6. Supporting Tools

Membahas berbagai aspek penelitian dan publikasi ekonometrik, termasuk penggunaan instrumen yang valid, efek tetap entitas dan tahun dalam model data panel, pemeriksaan ketahanan, dan kebaruan penelitian. Pemaparannya juga menyentuh latar belakang penulis, minat penelitian, dan publikasi. Selain itu, ini mencakup komentar dari pengulas terhadap penelitian penulis, seperti pilihan variabel, strategi empiris, dan potensi implikasi temuan penelitian. Dokumen ini memberikan wawasan tentang proses melakukan penelitian ekonometrik, menangani komentar pengulas, dan tantangan dalam menerbitkan penelitian di jurnal bereputasi.

Presentasi tersebut memberikan wawasan berharga mengenai proses transformasi temuan penelitian menjadi implikasi kebijakan dan berbagai tantangan yang dihadapi selama proses publikasi. Ini menawarkan pemahaman komprehensif tentang seluk-beluk yang terlibat dalam melakukan dan menerbitkan penelitian ekonometrik.

Dalam sesi penjabaran materi oleh narasumber, terdapat sesi tanya jawab dengan peserta, yang pertama oleh Sulthan Awwal Fakhruddin, yang kedua oleh Rifandi, dan yang ketiga oleh Aldrina Febriani.

Setelah sesi penjabaran materi yang disertai sesi tanya jawab, dilakukan pemberian sertifikat untuk Bapak Gustofan Mahmud, S.Pd.,M.Sc. selaku narasumber. Sebagai penutup kegiatan, dilakukan sesi dokumentasi dosen pengampu, narasumber, dan peserta secara bersamaan. Kegiatan Alumni Connect 21 Desember 2023 berakhir pada pukul 21.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *