Audit Mutu Intemal Program Studi Administrasi Perkantoran Digital Program Sarjana Terapan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Tahun 2023

Program Studi Administrasi Perkantoran Digital Program Sarjana Terapan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, melaksanakan amanah pemerintah dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. UNJ memiliki sistem penjaminan mutu internal untuk menjamin mutu penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi. Surat Keputusan Nomor 1742/SP/2017 yang dikeluarkan oleh Rektor UNJ menetapkan 34 satuan standar mutu yang harus dipenuhi dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi. Oleh karena itu, audit mutu internal perlu dilakukan di setiap program studi, dengan perwakilan fakultas lain sebagai auditor internal.

Kegiatan  Audit Mutu Intemal (AMI) ini dihadiri oleh Koordinator Program Studi , jajaran dosen dan beberapa perwakilan mahasiswa dari program studi D4 Administrasi Perkantoran Digital serta editor internal yang berasal dari fakultas lain di UNJ. Audiotor internal tersebut ialah Ibu Gita Irianda Rizkyani Medellu, S.Psi., M.Psi dari Fakultas Psikologi UNJ. Kegiatan ini dibuka oleh Bpk. Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM dan dilanjutkan audit oleh Ibu Gita Irianda Rizkyani Medellu, S.Psi., M.Psi dari Fakultas Psikologi UNJ  yang ingin mengonfirmasi beberapa hal terkait perkembangan prodi Administrasi Perkantoran Digital. Kemudian dilanjutkan dengan Tanya jawab dengan bapak Dr Christian Wiradendi W. selaku coordinator program studi D4 APD  mengenai perkembangan prodi Administrasi Perkantoran Digital yang di dalamnya membahas mengenai uraian temuan audit pada AMI tahun 2022 yang memiliki 2 poin. Poin pertama berkaitan dengan prestasi mahasiswa lingkup nasional dan yang kedua tentang penelitian dan pengabdian masyarakat lingkup nasional. Kedua temuan tersebut dinyatakan tercapai yang sudah dibuktikan dengan beberapa file pendukung bahkan sudah ada kerjasama internasional dengan mengundang dosen dari Malaysia dan Turki untuk memberikan perkuliahan. Dan untuk implementasi dari P2M yaitu berupa buku, jurnal, prodi, Cyber Office dan tandatangan.io. Sehingga, secara garis besar prodi D4 Administrasi Perkantoran Digital sudah bisa memenuhi dengan baik semua standar yang diminta, namun memang ada beberapa hal yang belum tercapai, yaitu mengenai prestasi non-akademik mahasiswa pada tahun 2023.

Selanjutnya, dibahas mengenai peningkatan minat dan bakat mahasiswa. Berdasakan rasio data pendaftar, pada tahun 2021 dan 2022, dinyatakan naik, namun untuk tahun 2023 menurun dikarenakan adanya peralihan dari D3 ke D4 dan baru mendapatkan surat keterangan pernyataan peralihan pada tanggal 22 Agustus tahun 2023. Harapannya untuk tahun 2024 karena sudah mendapatkan akreditasi unggul sehingga bisa menjadi lebih meningkat lagi. Dalam kesempatan ini juga dijabarkan mengenai strategi yang disesuaikan dengan pencapaian visi dan misi yang mana dibentuk beberapa program kerja dengan timeline yang sudah dibuat. Beberapa strategi yang dilakukan, yakni dengan merekrut dosen praktisi, ⁠⁠membuat dosen tandem, ikut praktisi mengajar dari kementrian, ⁠⁠dan juga melakukan pitching collaboration dengan kampus luar. Ada berbagai macam peningkatan yang dihasilkan sebagai bentuk kelebihan dari prodi D4 ini, seperti kepemimpinan koorprodinya yang kolegial, berkolaborasi dengan melibatkan senior maupun junior, koorprodi yang selalu memberikan contoh dan menjadi panutan yang baik sehingga selalu terinspirasi dan termotivasi. Selain daripada itu, masih banyak hal yang harus dikembangkan karena masih dalam masa peralihan dari D3 ke D4, salah satunya diharapkan adanya pengembangan lab digital office dengan memanfaatkan kegiatan hibah vokasi yang telah diberikan untuk memudahkan ketika ingin melaksanakan meeting hybrid maupun presentasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *