Praktisi Mengajar “Mempersiapkan pembelajaran di Kelas yang Aktif dan Menyenangkan”

Program studi Pendidikan Bisnis UNJ telah mengadakan kegiatan Praktisi mengajar dengan tema “Mempersiapkan pembelajaran di Kelas yang Aktif dan Menyenangkan” ini dilaksanakan secara hybrid pada hari Rabu, 8 November 2023 dimulai pukul 08.30 sampai dengan pukul 12.00 WIB yang bertempat di Universitas Negeri Jakarta Kampus A (Gedung M ruang 302 & 303) dan di platform zoom meeting. Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi kerjasama antara Program studi Pendidikan Bisnis UNJ dan Guruinovatif.id untuk menunjang kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC dari acara ini yaitu Ali Muladi dan Chika Oktapiani yang merupakan mahasiswa-mahasiswi S1 Pendidikan Bisnis UNJ. Dalam acara Praktisi Mengajar ini terdapat sambutan-sambutan yang disampaikan Ibu Nadya Fadillah Fidhyallah, M.Pd. dan Ibu Annisa Lutfia, S.Pd., M.Pd.

Narasumber dalam acara ini adalah Bapak Ubaidillah, S.Pd. yang merupakan Trainer HAFECS (Highly Functioning Education Consulting Services) dan Bapak Yudhistira Abdi A, S.Si, Gr. yang merupakan Guru di SMA Global Islamic Boarding School & Trainer Bersertifikasi BNSP. Adapun Moderator Bapak Ubaidillah, S.Pd. yaitu Abdullah Ishak yang merupakan Mahasiswa S1 Pendidikan Bisnis UNJ dan moderator Bapak Yudhistira Abdi A, S.Si, Gr. yaitu Saffanah Ramadhani yang merupakan Mahasiswa S1 Pendidikan Bisnis UNJ.

Setelah itu masuk ke acara inti yaitu pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber pertama yaitu Bapak Ubaidillah, S.Pd. dalam acara tersebut adalah mengenai Mempersiapkan Pembelajaran yang aktif dan Menyenangkan. Materi yang disampaikan oleh narasumber kedua yaitu Bapak yudhistira Abdi A, S.Si, Gr. dalam acara tersebut adalah mengenai Mempertajam Proses Pembelajaran dengan Teknik Asesmen yang Efektif. Lalu setelah pemaparan setiap materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terbuka untuk seluruh peserta kegiatan bagi yang hadir secara luring ataupun daring. Sebelum selanjutnya yaitu kuis ada penjelasan hadiah dari guruinovatif.id yaitu pemenang kuis mendapatkan hadiah berupa gratis mengakses materi dari guruinovatif.id senilai Rp 199,000 selama 1 bulan untuk masing-masing pemenang  Lalu dilanjutkan dengan sesi kuis yang dipandu oleh moderator.

Kegiatan ini berfokus memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang mempersiapkan kegiatan pembelajaran di kelas yang aktif dan menyenangkan. Kegiatan ini juga memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai teknik asesmen yang efektif.

Program studi Pendidikan Bisnis FE UNJ dengan sengaja mengangkat tema ini mengingat kebutuhan wawasan mahasiswa terkait bagaimana mempersiapkan kegiatan pembelajaran di kelas yang aktif dan efektif dan juga mahasiswa dapat mengetahui teknik asesmen yang efektif. Topik ini sangat menarik dan relevan dengan kebutuhan wawasan mahasiswa.

Program ini merupakan bagian dari implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yaitu mengabdi kepada masyarakat. Peserta kegiatan ini seluruhnya dihadiri oleh para pembelajar, baik kalangan mahasiswa hingga kalangan dosen atau tenaga pendidik. Pelaksanaan kegiatan tersebut Alhamdulillah berjalan lancar berkat partisipasi dan keterkaitan semua pihak terutama pihak partisipan yang menghadiri kegiatan ini.

Hasil kegiatan ini diharapkan menambah wawasan mahasiswa, tenaga pendidik dan masyarakat untuk memiliki pengetahuan serta keterampilan dalam mempersiapkan pembelajaran di kelas yang aktif dan efektif dan juga pengetahuan mengenai teknik asesmen yang efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *