PRESS RELEASE FOCUS GROUP DISCUSSION ORGANIZED BY: D4 PEMASARAN DIGITAL FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Pada hari Sabtu, 26 November 2022, D4 Pemasaran Digital Fakultas Ekonomi UNJ menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion melalui Zoom Cloud Meetings. Pada kegiatan ini, dihadirkan 8 narasumber dari praktisi dan alumni. Narasumber praktisi dihadiri oleh 6 narasumber yaitu Agung Tri Prasetyo (Manager Marketing and Sales Prudential), Erie Setiawan, S.Sos., M.M., CHRP (Head of HR & General Affair PT SME Finance Indonesia), Hanief Al Ikhlash (AVP Market Research – Industry & Competitor Insight Indosat Ooredoo Hutchison), Rahmad Agus Dwianto, SE MM MIP (Owner PT Amanah Garment Internasional dan PT Dlingo Digital Media), Reza Andhika Permana (VP of Product PT. Kolaborasi Edukasi Nusantara), dan Taufik Muharamsyah, S.E., M.M (Senior Marketing Officer PT Chitose Internasional Tbk). Narasumber Alumni dihadiri oleh 2 narasumber yaitu Haris Nur Hamid dan Muhammad Abid Aziz.

Acara ini dipandu oleh MC yaitu Ibu Nofriska Krissanya (Dosen FE UNJ) dan dimoderatori oleh Ibu Dewi Agustin (Dosen FE UNJ). Narasumber mulai memasuki ruangan Zoom pukul 13.30 WIB. Selanjutnya pada pukul 13.35 WIB dilakukan sambutan oleh Koordinator Program Studi D4 Pemasaran Digital, Dra. Sholikhah, MM. Pada pukul 13.38 dilakukan acara inti Focus Group Discussion yang dipandu oleh moderator Ibu Dewi Agustin. Diskusi dilakukan dengan pemaparan materi di PowerPoint dan dilanjutkan dengan sesi diskusi di setiap slidenya. Materi yang didiskusikan adalah: Visi, misi, tujuan, profil dosen, tracer study, profil lulusan dan mata kuliah pendukung, dan sebaran mata kuliah D4 Pemasaran Digital.

Hasil diskusi Focus Group Discussion

  1. Kurikulum: Kurikulum yang sudah disusun oleh tim dosen sudah memenuhi kriteria profil lulusan tetapi perlu menambahkan mata kuliah financial management, marketing strategic project, dan pitching and negotiation.
  2. Proses belajar mengajar banyak mengundang praktisi yang sesuai di setiap mata kuliah minimal sekali dalam satu semester dan aktif terlibat dalam kegiatan praktisi mengajar. Selain itu, penugasan banyak menggunakan studi kasus yang bisa dipelajari di Asia Tenggara yang masih relevan dengan keadaan di Indonesia. Selain itu, merekrut dosen berlatar belakang teknologi informatika.
  3. Melakukan Praktik Kerja Lapangan di perusahaan yang masuk ke profil lulusan mahasiswa. Sidang Praktik Kerja Lapangan dianjurkan melibatkan praktisi.

Sebelum penutupan, dilakukan dokumentasi bersama pembicara. Acara ditutup pada 16.15 WIB.

 

Video lengkap Focus Group Discussion:

https://drive.google.com/file/d/1VKLIpsuWvtflLU372PhjORsFU5Nj83jh/view?usp=drivesdk

 

File lengkap TOR, undangan, formulir,:

https://drive.google.com/drive/folders/1Qed1T5Xpe0gDcxSfPO1FYOk_UNmvI8WR?usp=sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *