Pembukaan Audit Mutu Internal (AMI) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

 

UU No. 12 Tahun 2012 dan Permenristekdiri No. 62 Tahun 2016 merupakan dasar Perguruan Tinggi melakukan Sistem Penjaminan Mutu. Dijelaskan dalam prosesnya terdapat siklus yang terdiri dari Penetapan Standar, Pelaksanaan Standar, Evaluasi Standar, Pengendalian Standar dan Peningkatan Standar Pendidikan Tinggi yang kemudian disingkat dengan PPEPP. Pada tahapan Evaluasi maka dilakukanlah Audit Mutu Internal (AMI) sebagai bagian dari evaluasi internal perguruan tinggi. Proses AMI merupakan proses evaluasi yang sistematik, mandiri, dan terdokumentasi dalam memastikan pelaksanaan kegiatan di perguruan tinggi sesuai dengan prosedur dan sesuai standar. Laporan AMI tersebut kemudian akan digunakan oleh Auditee sebagai penentu langkah peningkatan Satuan Penjaminan Mutu yang dirumuskan dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM).

 

Dalam rangka pekan Audit Mutu Internal oleh Satuan Penjaminan Mutu Internal UNJ, maka Fakultas Ekonomi melakukan kegiatan Pembukaan Audit Mutu Internal (AMI) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang bertujuan untuk persiapan awal AMI yang meliputi penjelasan teknis terkait proses audit yang akan dilaksanakan. Kegiatan Pembukaan AMI Fakultas Ekonomi UNJ ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi beserta jajarannya, perwakilan dari Satuan Penjaminan Mutu UNJ, Koordinator Gugus Penjaminan Mutu FE UNJ, Lead Auditor Internal FE UNJ beserta tim auditor FE UNJ, Bapak Ibu Koordinator Program Studi di lingkungan FE UNJ dan juga Bapak Ibu tim Taskforce AMI seluruh program studi di FE UNJ.

 

Pelaksanaan Pembukaan AMI ini diawali dengan adanya sambutan oleh Prof. Dr. Ari Saptono, SE.,M.Pd. selaku Dekan FE UNJ. Pada kesempatannya beliau menyampaikan adanya urgensi kegiatan AMI karena merupakan salah satu kunci dalam keberhasilan akreditasi maupun reakreditasi program studi. Selanjutnya yaitu adanya laporan dari Koordinator Gugus Penjaminan Mutu FE UNJ yaitu Dr. Umi Widyastuti,S.E.,ME. Pada laporannya beliau menyampaikan kesiapan program studi di lingkungan FE UNJ dalam pelaksanaan AMI 2022. Setelah selesai adanya laporan, maka dilanjutkan oleh perwakilan dari SPM yaitu Dr. Riyadi,M.T dan terkahir yaitu arahan dari lead auditor FE UNJ yaitu Dr. Dwi Kusumawardani,M.Pd. Pada kegiatan pembukaan ini disepakati bahwa kegiatan atau pekan AMI FE UNJ akan dilaksanakan pada pekan pertama bulan November 2022 secara luring.

 

Lampiran :

  1. Surat Undangan Pembukaan Audit Mutu Internal (AMI) 2022

 

Dokumentasi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *