TABLE MANNER ADMINISTRASI PERKANTORAN DIGITAL 2022

Sabtu, 15 Oktober 2022 telah dilaksanakan kegiatan table manner yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa/i administrasi perkantoran digital 2020 untuk mendapatkan pengetahuan tentang tata cara makan, penggunaan peralatan makan, serta etika saat makan sehingga dapat menerapkannya dengan baik saat acara perjamuan makan berlangsung pada saat acara-acara formal tertentu.

 

 

Kegiatan ini dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 09.45 – 09.50 WIB. Selanjutnya, pada pukul 09.50 – 09.58 WIB acara ini dibuka oleh Oscar Satria dan Karenina selaku Master Of Ceremony (MC). Pada pukul 09.58 – 10.03 WIB dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Bapak Christian Wiradendi Wolor, S.E., M.M. selaku Koordinator Program Studi Administrasi Perkantoran Digital, beliau menyampaikan bahwa tabel manner adalah kegiatan penting bagi seorang sekretaris karena akan menghadapi klien, publik figure, dan banyak orang penting di dunia kerja dan kegiatan beauty class akan bermanfaat untuk berpenampilan baik dari segi tata rias wajah hingga penampilan.

Kegiatan selanjutnya merupakan pemaparan materi sekaligus praktik mengenai table manner yang dijelaskan oleh Bapak Endang Sulaiman selaku Manager Food & Beverage di The Acacia Hotel & Resort. Pukul 10.15 materi dimulai dengan penjelasan mengenai table manner yaitu etika, tata krama, sopan santun di meja makan secara internasional. Dilanjut, pukul 10.03 – 10.30 WIB yaitu  pemaparan materi mengenai etika dan tata cara saat memasuki ruang perjamuan, meletakkan tas bawaan, sebelum dan sesudah makanan disajikan, hingga meninggalkan ruang perjamuan makan. Kemudian, materi selanjutnya mengenai hal-hal yang harus dihindari saat berada di ruangan perjamuan makan, etika menikmati hidangan, etika percakapan, sampai dengan posisi duduk yang benar.

 

 

Selanjutnya, pada pukul 10.30 – 10.45 WIB mahasiswa/i administrasi perkantoran digital 2020 memulai praktik table manner pada menu makanan pertama yaitu roti. Pada pukul 10.45 – 11.42 WIB, dilanjutkan dengan praktik table manner pada menu hidangan pembuka yaitu salad dan cream soup. Selanjutnya, pada pukul 11.42 – 12.49 WIB, praktik table manner pada menu makanan utama yaitu steak. Kemudian, pada pukul 12.49 – 13.09 WIB dilanjutkan dengan kegiatan praktik table manner pada menu hidangan penutup yaitu ice cream. Kegiatan selanjutnya pada pukul 13.09 – 13.16 WIB yaitu penyerahan sertifikat kepada salah satu perwakilan mahasiswa. Lalu, pada pukul 13.16 – 13.23 WIB merupakan sesi terakhir yaitu sesi foto bersama.

 

 

Lampiran :

  1. Surat Undangan Table Manner D-4 Administrasi Perkantoran Digital
  2. Surat Tugas Table Manner D-4 Administrasi Perkantoran Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *