Penyamaan Persepsi Penelitian Mahasiswa Pendidikan Akuntansi, Bisnis, Ekonomi dan Administrasi Perkantoran

Kegiatan Penyamaan Persepsi Penelitian Mahasiswa Pendidikan Akuntansi, Bisnis, Ekonomi, dan Administrasi Perkantoran, dibuka oleh Prof. Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd. selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, dimana pada pembukaan beliau menyampaikan penting bagi Fakultas Ekonomi dan secara khusus Program Studi Pendidikan memiliki standar penelitian berdasarkan kegiatan penyamaan persepsi, yang selanjutnya dilakukan penyesuaian terhadap pedoman yang sudah ada saat ini sesuai dengan kebutuhan prodi pendidikan.

 

Kegiatan selanjutnya yakni identifikasi topik penelitian yang relevan, metodologi penelitian, dan kesesuaian kompetensi sumber daya Dosen dengan topik penelitian yang relevan dari program studi Pendidikan Akuntansi, Bisnis, Ekonomi, dan Administrasi Perkantoran dipandu oleh Prof. Usep Suhud, M.Si., Ph.D., selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi UNJ. Berdasarkan masukan dari Dekanat FE UNJ, Koordinator Program Studi Pendidikan, Dosen homebase dan Gugus Penjaminan Mutu, topik penelitian mahasiswa harus berkaitan, yang pertama dengan substansi pendidikan dari masing-masing prodi, substansi dari keilmuan yang dipelajari, profil lulusan, dan dapat mengikuti keahlian dari Dosen Pembimbing 1. Mahasiswa dapat menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mix method, dengan beragam metode penelitian.

 

Terkait dengan Tenaga pendidik/Dosen sebagai pembimbing beberapa catatan khusus diantaranya,

  1. Dosen Pembimbing (DP) 1 minimal lektor atau berpendidikan terakhir S3, sementara DP 2 merupakan semua dosen tetap,
  2. DP 2 boleh berasal dari praktisi,
  3.  Apabila DP 1 berasal dari kependidikan maka DP 2 berasal dari kependidikan juga,
  4. DP 1 atau DP 2 boleh berasal dari luar prodi, dan
  5. Dosen Luar Biasa hanya boleh menguji.

 

Wakil Dekan I juga menyampaikan bahwa luaran dari kegiatan ini selanjutnya adalah buku panduan penulisan skripsi dan pelaksanaan sidang/seminar proposal bagi mahasiswa program studi Pendidikan FE UNJ, dimana dilakukan penyesuaian terhadap pedoman yang sudah ada saat ini sesuai dengan kebutuhan prodi. Catatan khusus selanjutnya adalah mahasiswa dalam menyusun judul skripsi diharapkan untuk tidak monoton (misalnya penggunaan kata pengaruh, hubungan, dst), mahasiswa didorong untuk menggunakan SEM (Amos, PLS, Lisrel) apabila menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dan diharapkan menggunakan variabel lebih dari 3.

 

Dokumentasi :

 

Lampiran :

  1. Laporan Kegiatan Penyamaan Persepsi Penelitian Mahasiswa Pendidikan Akuntansi, Bisnis, Ekonomi dan Administrasi Perkantoran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *