Laboratorium Sekretaris FE UNJ

Laboraturium ini disediakan dan digunakan bagi mahasiswa/i sekretaris/administrasi perkantoran sebagai tempat praktek langsung bekerja di kantor sehingga setelah lulus alumni sudah terbiasa bekerja di lingkungan kantor yang sebenarnya. Perkuliahan di laboraturium  ini meliputi mata kuliah:

  • Praktek kesekretarisan
  • Mengetik manual
  • Stenografi
  • Manajemen Kearsipan

Namun dalam pelaksanaan mata kuliah diatas masih mengalami kendala karena keterbatasan fasilitas yang ada di dalam lab sekretaris. Berikut kendala yang dirasakan oleh para mahasiswa D3 Administrasi Perkantoran:

  • Dalam mata kuliah manajemen kearsipan, alat dan bahan yang digunakan untuk mengelola arsip masih kurang seperti kurangnya filing cabinet yang ada di dalam lab.
  • Tidak adanya paper shredder untuk menghancurkan file atau dokumen yang sudah tidak terpakai.
  • Mesin printer yang sering mengalami kendala ketika ingin digunakan.
  • Ruang meeting untuk melaksanakan praktek kesekretarisan yang kurang memadai.
  • Ketika mata kuliah stenografi berlangsung mesin tik yang berada di atas meja tidak dipindahkan sehingga mempersempit ruang untuk menulis.

 

Jika dibandingkan dengan laboraturium Office and Secretariat Vokasi Universitas Indonesia, mereka sudah menyediakan peralatan penunjang yang modern seperti:

  • Ruang dan meja untuk resepsionis
  • Ruang pimpinan lengkap dengan meja
  • Meeting room lengkap dengan modern round table
  • Ruang kecil di setiap bagian/unit
  • Komputer yang terhubung ke Jaringan Area Lokal bersama dengan printer
  • Mesin ketik manual
  • Mesin fax
  • Paper Shredder
  • Infocus beserta layar
  • Lemari Arsip dan peralatan arsip manual lainnya

Berikut gambar meeting room yang disertai dengan modern round table pada Vokasi UI:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *