Laporan Kegiatan Penetapan Pelaksanaan Evaluasi Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP)

Penyusunan Laporan Kegiatan Penetapan Pelaksanaan Evaluasi Pengendalian dan Peningkatan atau biasa disingkat PPEPP merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka penjaminan standar mutu bagi sebuah instansi. Merujuk pada dokumen Standar Penjaminan Mutu Internal Universitas Negeri Jakarta (SPMI UNJ), Universitas Negeri Jakarta sebagai instansi pendidikan tentunya juga memiliki standar mutu dalam rangka menjaga kualitas pelayanan terhadap seluruh civitas akademik. Baik Universitas Negeri Jakarta maupun perguruan tinggi lainnya, diharuskan memiliki kualitas dan mutu yang baik dalam kegiatan operasionalnya karena hal tersebut telah diatur di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta pun tidak ingin ketinggalan. Pada awal tahun 2021 dibentuklah tim task force PPEPP dalam rangka memperbaiki, melengkapi serta memperbaharui dokumen-dokumen yang menjadi standar penjaminan mutu pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Tim Task Force Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta sendiri dibentuk pada awal April 2021 dengan merujuk pada Surat Tugas Nomor 535a/UN39.6.FE/KM/2021. Tim ini beranggotakan dosen-dosen yang berkolaborasi dengan para mahasiswa. Tim ini sendiri dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil sesuai pembagian tugasnya.

Ada Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh tim Task Force PPEPP. Kegiatan tersebut di antaranya adalah memperbaiki serta memperbaharui dokumen-dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) yang terdapat pada website Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Hal ini mutlak dilakukan sebab sudah lama website FE UNJ tidak melakukan pembaharuan pada dokumen sehingga dibutuhkan pembaharuan pada dokumen-dokumen SOP yang tersedia, seperti pada KOP surat, tahun berjalan, bagian pengesahan dokumen, hingga pada bagan flowchart di masing-masing dokumen SOP.

Selain beberapa hal di atas, kegiatan yang dilakukan oleh tim task force PPEPP adalah melengkapi dokumen yang menjadi bagian dari sembilan kriteria akreditasi dalam Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dari setiap tahapan dalam siklus PPEPP, yakni Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan. Sembilan kriteria yang dimaksud yaitu :

  1. Visi, Misi, Tujuan dan Strategi
  2. Tata Pamong, Tata Kelola, Kerjasama dan Penjaminan Mutu
  3. Kemahasiswaan dan Layanan Kemahasiswaan
  4. Sumber Daya Manusia
  5. Keuangan, Sarana dan Prasarana
  6. Pendidikan dan Pembelajaran
  7. Penelitian
  8. Pengabdian Kepada Masyarakat
  9. Luaran Tri Dharma

Tim task force PPEPP juga membuat video laporan yang berisikan unsur-unsur PPEPP. Serta yang terakhir, tim task force PPEPP melakukan penggabungan atau kompilasi dokumen-dokumen PPEPP ke dalam sembilan kriteria. Seluruh dokumen yang telah dikerjakan oleh tim task force PPEPP diunggah ke dalam website FE UNJ. Tim task force PPEPP Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta berharap seluruh program yang telah dilaksanakan dapat membantu dan mempermudah para civitas akademik dalam mengakses dan memanfaatkan dokumen-dokumen tersebut.

 

  1. Dokumen SK Dekan Tim Task Force PPEPP
  2. Dokumen laporan kegiatan PPEPP