Praktisi Mengajar “Discussion Topic: Mengoptimalkan Potensi Peserta Didik”

Pada hari Minggu tanggal 5 Mei 2024, Program Studi Pendidikan Ekonomi Kelas C Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan kegiatan Praktisi Mengajar 2024. Acara ini ditujukan kepada seluruh Mahasiswa/i Universitas sebagai wadah mempersiapkan mahasiswa pendidikan dalam mengembangkan potensi peserta didik untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Praktisi Mengajar dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting pada 5 Mei 2024, pukul 09.00 WIB – 11.10 WIB.

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh Fanny Aryanti dan Salwa Mufida selaku Master of Ceremony (MC) pada pukul 09.10 WIB. Acara selanjutnya adalah pembacaan tilawah dan dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari Ketua Pelaksana Praktisi Mengajar Kedua Program Studi Pendidikan Ekonomi Kelas C Tahun 2024, Ridho Hafidz. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Bapak Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah Perencanaan Pengajaran.

Selanjutnya pembacaan pembukaan oleh Andi Abdul Salam selaku Moderator yang memandu pemaparan materi dari narasumber dan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Sidiq, S.Pd. selaku Guru SMA Diponegoro.

Bapak Muhammad Sidiq, S.Pd. memaparkan materi mengenai bagaimana mengoptimalkan potensi peserta didik dengan membangun strategi pengembangan pendidikan melalui pendidikan berdeferiensasi untuk mewujudkan pendidikan berkualitas. Pemaparan materi dimulai dari sejarah pendidikan. Selanjutnya dijelaskan tentang perkembangan pembelajaran masa lalu hingga pembelajaran masa kini. Pembelajaran yang memiliki keterkaitan yang erat dengan kurikulum sehingga dijelaskan juga tentang konsep dasar dan perkembangan kurikulum. Untuk membangun strategi pengembangan pendidikan melalui pendidikan berdeferiensasi, maka perlu diketahui terdapat elemen diferiensasi yang dapat di optimalkan pemanfaatannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tak hanya itu, alur pembelajaran berdiferiensasi dijelaskan secara singkat, padat dan jelas. Kemudian dijelaskan juga tentang bagaimana cara seorang tenaga pendidik mengembangkan serta mengoptimalkan potensi para peserta didiknya.

Selanjutnya sesi tanya jawab yang dipimpin oleh Moderator. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada Andi Abdul Salam selaku moderator dan Bapak Muhammad Sidiq, S.Pd. selaku narasumber yang diberikan oleh Ridho Hafidz, Ketua Pelaksana Praktisi Mengajar Kedua Program Studi Pendidikan Ekonomi Kelas C Tahun 2024. Lalu penutupan oleh Moderator.

Tibalah di penghujung acara yang ditutup oleh Fanny Aryanti dan Salwa Mufida selaku Master of Ceremony (MC) dalam acara Praktisi Mengajar Kedua Program Studi Pendidikan Ekonomi Kelas C Tahun 2024 pada pukul 11.10 WIB dan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi dan pengisian presensi kehadiran peserta.