Review Kurikulum dengan Prof. Dr. Helmut Weber

Pada tanggal 13 maret 2024 telah diadakan Review Kurikulum dengan Prof. Dr. Helmut weber. Acara review kurikulum ini diikuti oleh 6 prodi yang akan ikutserta dalam FIBAA. Enam prodi tersebut terdiri dari prodi S1 Pendidikan Bisnis, S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S2 Magister Manajemen, D4 Administrasi Perkantoran Digital, D4 Akuntansi Sektor Publik, dan D4 Pemasaran Digital. Review kurikulum dilaksanakan mulai pukul 09.30 di GRK Lantai 9 ruangan 915

 

 Acara review kurikulum ini dibuka oleh Dosen Adnan Kasofi yang berperan sebagai mc dan moderator. Selanjutnya diadakan presentasi bergiliran dari 6 prodi. Setiap koordianator  prodi selesai presentasi, Prof Weber akan  memberikan feedback, dilanjutkan dengan diskusi mengenai pengembangan kurikulum sesuai standar FIBAA.

 

Dari hasil review dan diskusi dengan Prof. Dr. Helmut weber dapat disimpulkan beberapa hal yaitu kurukulum dibentuk sebaiknya  bukan untuk sekedar memberikan ilmu pengetahuan tetapi kompetensi apa yang harus disiapkan untuk mahasiswa agar siap masuk dunia kerja. Pada saat membentuk kurikulum, perlu memperhatikan apakah berbagai mata kuliah yang dipilih untuk dimasukaan dalam kurikulum saling berhubungan dan mendukung kompetensi mahasiswa untuk siap masuk ke dunia kerja atau menuju ke jenjang Pendidikan berikutnya. Dalam pengembangan mata kuliah, kumpulan mata kuliah harus dilihat sebagai satu kesatuan, ada garis merah dalam Kumpulan mata kuliah tersebut, bukan dilihat sebagai Kumpulan mata kuliah terpisah yang hanya eksis untuk keperluan pemenuhan jumlah sks semata. Agar kesinergisan dari berbagai mata kuliah dalam kurikulum dapat tercapai, sebaiknya dalam penyusunan kurikulum diawasi dan difasilitasi oleh coach  yang mendalami bidang ilmu yang sesuai dengan kompetensi prodi.

 

Catatan lain dari Prof. Dr. Weber ialah desain kurikulum juga harus  mengutamakan pengembangan softskill mahasiswa. Bila Kumpulan mata kuliah di prodi kurang meng-cover pengembangan softskill, maka bisa dialkukan dengan penerapan kerja kelompok dengan memberikan tugas berbasis project dan case.  Selain itu mengikuti standart FIBAA yang berbasis Internasional cultural and suistanability, mata kuliah dalam kurikulum setiap  prodi harus mengadaptasi keyword  dalam penamaan mata kuliah dengan isi kurikulum yang mencerminkan hal tersebut contoh mata kuliah kewirausahaan internasional yang mengajarkan social entrepreneur dalam hal ekspor-impor

 

Masih berkaitan dengan review kurikulum, Prof Weber juga menyinggung Kerjasama dengan swasta dalam pelaksanaan kurikulum. Bila ada mahasiswa yang akan melaksanakan magang di Perusahaan atau organisasi manapun, harus dibuat perjanjian dengan pihak terkait agar pekerjaan mereka selaras dengan mata kuliah terkonversi dalam satu semester tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *