Alumni Connect FE UNJ 2023 “Manajemen Strategik” Program Studi S1 Pendidikan Bisnis

Pada Rabu, 20 Desember 2023 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan pembelajaran melalui program Alumni Connect FE UNJ 2023 dengan tema “Manajemen Strategik” yang berlangsung melalui Virtual Zoom Meetings. Kegiatan kali ini dihadiri oleh Ibu Ervina Maulida, S.Pd., MBA selaku dosen aktif di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan juga sebagai moderator. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Ali Mujahidin sebagai alumni dan juga menjadi narasumber yang akan menyampaikan materi tentang “Manajemen Strategik” dan juga berdiskusi dengan para peserta.

Kegiatan ini diawali dengan para peserta memasuki room zoom pada pukul 15.00 WIB. Dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC, pembacaan doa, pengenalan moderator, dan dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi oleh narasumber.

Manajemen Stratejik adalah serangkaian keputusan dari tindakan manajerial. Manajemen Stratejik digunakan untuk membangun visi strategis perusahaan yang lebih jelas, fokus yang lebih tajam, dan peningkatan tentang lingkungan yang berubah dengan cepat. Lingkunagn berubah sangat cepat dan sangat mempernngaruhi manajemen strategik, contoh perubahan yang terjadi:

  1. Globalisasi
  • Mobility
  • Simultaneity
  • Bypass
  1. Elektronik/Internent
  • Hubungan manusia dengan elektronik dangat kuat maka IT (Informasti Teknologi) sangat penting dalam mengikuti perubahan lingkungan yang sangat cepat.

Model dari Manajemen Strategik:

  1. Environmental Scanning

Eksternal dan Internal Perusahaan dari aspek yang mempengaruhi.

  1. Strategi Formulasi

Membuat Visi Misi atau perencanaan program dapat dilakukan dengan menggunakan strategi SWOT, Objektif dalam membuat tujuan dari misi yang sudah dibuat, Strategi untuk menjalankan misi objektif, Kebijakan yang akan dibangun dari visi misi yang dibuat.

  1. Strategi Implementasi

Aktivitas dalam merealisasikan implementasi yang sudah dibuat seperti program yang dijalankan, budgets atau biaya yang akan digunakan, dan prosedur untuk penyelesaian program yang akan dijalankan.

  1. Evaluasi dan Kontrol

Performance, hasil dari ketiga model yang sudah dijalankan. Dengan memastikan bahwa Definition & Scope, Measuring Performance, Strategic Information System, Problem in Measuring Performance, Guidelines for Proper Control, dan Strategic Incentive Management berjalan dengan baik.

Dalam sesi materi dan diskusi, terdapat sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Setelah sesi tanya jawab selesai, acara dilanjutkan dengan sesi penyerahan sertifikat kepada narasumber Bapak Ali Mujahidin Selain itu juga ada sesi penyerahan sertifikat kepada moderator yaitu Ibu Ervina Maulida, S.Pd., MBA.  Pada saat penyerahan sertifikat dilakukan juga sesi dokumentasi bersama narasumber dan moderator. Seteleh selesai sesi penyerahan sertifikat, acara dilanjutkan dengan mengisi link absensi dan sesi dokumentasi peserta. kegiatan Alumni Connect FE UNJ 2023 pada Rabu, 20 Desember 2023 selesai pada pukul 16.50 WIB.

Dokumentasi:

Berikut adalah sesi dokumentasi saat penyerahan sertifikat kepada narasumber dan moderator

Berikut adalah sesi dokumentasi peserta :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *