RELEASE PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SKEMA BINA PERGURUAN TINGGI SWASTA PELATIHAN RESEARCH BOOTCAMP UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEAHLIAN

Pengabdian Kepada Masyarakat Skema Bina Perguruan Tinggi Swasta mengusung tema “Pelatihan Research Boothcamp Untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian” dilaksanakan pada hari Jumat, 5 Mei 2023 pada pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB yang dilaksanakan secara online melalui Zoom Clouds Meetings yang dihadiri oleh total 349 peserta dimana peserta berasal dari dalam maupun luar Universitas Negeri Jakarta, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, Universitas Muhammadiyah Palopo, dan Universitas Islam Al-Azhar Mataram. Tim penyelenggara kegiatan masyarakat yang di ketuai oleh Ati Sumiati, S.Pd, M.M., dan beberapa anggota, di antaranya; Prof. Dr. Rd. Tuty Sariwulan M.Si, Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, SE,M.Si, AK, CA, Dr. Agung Wahyu Handaru, S.T., M.M, Shandy Aditya, BIB., MPBS, Sholatia Dalimunthe, SE., M.B.A, Dr. Puji Wahono, S.E., M.Si, Suherdi, S.Pd., S.H., M.M, Ika Febrilia, S.E., M.M, Ratna Anggraini, M.Si dan Dr. Rida Prihatni, S.E., M.Si, Ak., CA, CMA.

 

 

Adapun MC dari acara tersebut adalah Diva Maharani yang merupakan mahasiswi S1 Pendidikan Akuntansi UNJ dan Anis Syalsabila yang merupakan mahasiswi S1 Akuntansi. Moderator dari acara tersebut adalah kedua MC yang telah disebutkan yaitu Diva Maharani dan Anis Syalsabila. Acara dibuka dengan pembacaan doa oleh MC lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd., selaku Dekan Fakultas Ekonomi, Taufik Hidayadi, M.Si selaku Dekan FEB Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, Hapid, S.E., M.M selaku Dekan FEB Universitas Muhammadiyah Palopo, dan Muhamad Sayuti, S.E., M.M selaku Dekan FE Universitas Islam Al-Azhar Mataram.

Narasumber dalam acara tersebut adalah Ibu Prof. Dr. Rd. Tuty Sariwulan M.Si selaku Guru Besar FE UNJ dan Dr. Suparno, S.Pd, M.Pd selaku Koordinator Program Studi Magister S2 Pendidikan Ekonomi.

Kegiatan Pelatihan Research Bootcamp untuk meningkatkan kompetensi penelitian merupakan kegiatan pengabdian yang ditujukan untuk para mahasiswa di luar UNJ yang memiliki tujuan membantu para mahasiswa di tempat mitra dalam melakukan penulisan artikel ilmiah yang akan diterbitkan di jurnal nasional maupun internasional. Kegiatan pelatihan akan memberikan keterampilan kepada para mahasiswa di tempat pengabdian yaitu: mengakses jurnal nasional dan internasional terindeks, melakukan Parafrase dengan aplikasi quillbot, mengecek grammar dengan menggunakan software Grammarly, melakukan Referencing Manager dengan Software Mendeley. Setelah pemaparan materi selesai, terdapat sesi tanya jawab serta kesimpulan yang diberikan oleh moderator dan juga narasumber. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada narasumber dan Dekan dari universitas yang bersangkutan.

Berikut adalah sesi penyerahan sertifikat kepada narasumber:

 

 

 

Berikut adalah sesi penyerahan sertifikat kepada Dekan:

 

Sesi Dokumentasi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *