Seminar “Success Strategy: Finding the Ideal Business Financing”

Pada hari Senin, 22 Mei 2023, Prodi Administrasi Perkantoran Digital telah melaksanakan agenda seminar Kewirausahaan Digital secara online melalui zoom clouds meeting yang dihadiri oleh mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dan dibuka untuk umum. Seminar ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana menjadi bagian dari pelaku usaha bisnis dan juga kita sebagai generasi milenial bagaimana cara mengelola usaha bisnis dengan baik dimasa yang akan datang.

 

Sebelum acara dimulai, para panitia memulai briefing pada pukul 07.30 – 08.30 WIB dan mengizinkan peserta untuk masuk zoom clouds pada pukul 08.30 WIB karena acara dimulai pada pukul 09.00. kemudian dilanjutkan dengan pembukaan mc oleh Shafa dan Rizka pukul 09.00 – 09.20, setelah pembukaan acara ada pembacaan doa pembuka oleh Haekal Syafdeni pukul 09.20 – 09.40. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan, pembacaan cv moderator, pembacaan cv pemateri pukul 09.40 – 10.50. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi pada pukul 11.00 – 11.30. Pemaparan materi selesai kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh 5 peserta pertama yang bertanya.

 

Setelah pemaparan materi selesai, closing statement dan pemberikan sertifikat kepada pembicara, Bapak Indrasakti Agung Nugroho, S.T.,M.M. dan juga moderator mahasiswi dari Universitas Negeri Jakarta, Yuka Maylinda Hidayah. Lalu ditutup oleh dokumentasi sebagai penutup dalam acara seminar Kewirausahaan Digital yang akan dipandu oleh SIE. Dokumentasi untuk panitia, dan juga peserta dihimbau untuk menyalakan kamera jika tidak ada kendala pada pukul 12.15 WIB.

 

Seminar ini diadakan bertema “Mencari Pembiayaan Bisnis” seminar tersebut telah dilaksanakan dengan baik, lancar, seru, dapat memiliki benefits, mendapatkan relasi, dan juga menyenangkan. Seminar yang telah dilaksanakan membahas usaha dan pembiayaan perbankan, bagaimana kita menjadi pelaku usaha, dan bagaimana kita menjadi bagian dari perbankan dengan judul “Pembiayaan Bank Melalui Usaha kecil dan menengah (UMK)”

Pembiayaan merupakan hal yang krusial dan merupakan salah satu hal penting dalam usaha bisnis, faktor pembiayaan bisnis juga sangat penting dalam mengembangkan suatu usaha. UMKM sebagai motor penggerak perekonomian nasional juga berperan sebagai pilar perekonomian nasional terutama saat pandemi Covid-19 dan dengan tingkat resiliensi yang tinggi.

 

Tujuan Penyaluran Kredit UMKM dalam rangka mendukung program pemerintah untuk membantu akses dalam pelaku UMKM dalam mendapatkan pembiayaan bank. UMKM menjadi buffer pada berbagai krisis ekonomi yaitu Kontribusi Non Migas Nasional 16% dan Kontribusi terhadap PDP 61%. Kriteria kredit UMK yang disalurkan oleh Bank BTN yaitu

  • Kriteria UMKM (usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah)
  • Usaha Produktif (keperluan usaha, usaha jasa, menghasilkan barang)
  • Usaha Layak (menghasilkan keuntungan dari laba)
  • Bankable / Not Bankable (Feasible & Not Feasible, Feasible dan Bankable)

Segmentasi usaha berdasarkan Omset dan Asset : Usaha Mikro (Asset s/d 50jt Omset sd 300jt), Usaha Kecil (Asset 50 jt s/d 500jt dan Omset 300jt s/d 2,5 Milyar), Usaha Menengah (Asset 500jt s/d 10 Milyar dan Omset 2,5 Milyar s/d 50 Milyar), Usaha Komersial (Asset 10 Milyar s/d 1 Trilyun dan Omset tidak dibatasi), Corporate (Asset 1 Trilyun, Omset tidak dibatasi).

 

Kredit Usaha Rakyat (KUR) yaitu kredit modal kerja atau investasi yang diberikan oleh Bank pada debitur yang bergerak dalam bidang usaha yang menurut skalanya berstatus sebagai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di bidang usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan karena syaratnya lama usaha minimal 6 bulan atau agunan tambahan belum cukup. Suku bunga KUR mulai 6% / tahun. Lalu prinsip 5C dalam penyaluran KU ada Karakter, Kapasitas/Keuangan, Modal Kondisi, dan Agunan. Lalu usaha yang dibiayai KC Kelapa Gading Square : Usaha Frozen Food, dan Usaha Makanan.

Wah bagaimana pemaparan materi yang sudah disampaikan tentang membangun usaha bisnis? Sangat bermanfaat dan menarik bukan? Sudah siapkah teman-teman menjadi bagian dari pelaku usaha bisnis? Terima kasih kepada seluruh partisipasi yaitu pembicara, moderator, panitia yang berperan penting untuk membantu menyukseskan acara seminar Kewirausahaan Digital dengan sebaik dan semaksimal mungkin, dan juga kepada partisipasi mahasiswa-mahasiswi yang sudah mau mengikuti seminar yang telah dilaksanakan.

 

Dokumentasi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *