Webinar Academic Writing Series I-II Laboratorium Pusat Belajar Ekonomi

Semakin berkembangnya teknologi tentu tidak boleh tertinggal zaman. Dalam penulisan Karya Ilmiah mahasiswa dapat mengasah kemampuan mereka dalam situasi pembelajaran inovatif, fleksibel, berbasis keingintahuan dan minat mahasiswa, serta sesuai dengan permasalahan di masyarakat, dan/atau kebutuhan industri. Sehingga ketika mahasiswa lulus, mereka mampu menjadi sumber daya manusia yang siap belajar sepanjang hayat, adaptif, dan memiliki daya saing tinggi. Namun, Saat proses penulisan tentu adanya instrumen baru yang harus dipelajari. Contohnya adalah bagaimana menggunakan Mendeley sebagai alat bantu bibliografi dan Microsoft Form sebagai alat pengumpul data dengan kuesioner.

Untuk membantu mahasiswa dalam penyusunan karya ilmiah Laboratorium Pusat Belajar Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (LAB PBE FE UNJ) bekerja sama dengan Kelas Pendidikan Ekonomi A 2022 (PEEKA22) memandang perlu untuk menyelenggarakan aktivitas pembelajaran dalam penggunaan teknologi dalam penulisan karya ilmiah, salah satunya adalah menyelenggarakan Webinar Academic Writing Series Oleh karena itu, kegiatan ini penting untuk diselenggarakan sebagai salah satu upaya agar mahasiswa menghasilkan karya tulis yang dapat bagus dan bermanfaat.

Kegiatan Webinar “Academic Writing Series” Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta ini diselenggarakan selama dua hari dengan diisi oleh tuga narasumber yaitu; Dosen Apliaksi Komputer Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd, Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Khofilia Safira, dan Muhammad Nabil Mustopa . Acara ini dilaksanakan melalui virtual zoom dan dihadiri oleh 285 peserta yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, serta para mahasiswa universitas dari luar Universitas Negeri Jakarta.

Pada hari pertama pelaksanaan, peserta langsung dipersilahkan masuk di room zoom meeting. Di room zoom meeting tersebut ada seorang MC untuk memandu rangakaian acara. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC serta pembacaan doa dan tilawah . Selanjutnya acara diisi dengan pemaparan materi pertama mengenai “Tutorial Penggunaan Mendeley untuk Penyusunan Daftar Pustaka Karya Tulis Ilmiah” yang disampaikan oleh narasumber mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi yaitu saudari Khofilia Safira, kemudian diikuti dengan sesi tanya jawab. Setelah ice breaking acara dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua mengenai “Pemanfaatan Mesin Pencari untuk Karya Tulis Ilmiah” yang disampaikan oleh bapak Dr.Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd. dan dilanjut dengan sesi tanya jawab oleh peserta. Setelah itu dilaksanaka sesi dokumentasi dan penutupan hari pertama.

Hari kedua webinar dilanjutkan dengan pemaparan materi berikutnya yang disampaikan oleh dua narasumber, yakni. Pemaparan materi pertama mengenai “Pemanfaatan Microsoft Form untuk Pengumpulan Data Penelitian” yang disampaikan oleh mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi yaitu saudara Muhammad Nabil Mustopa kemudian diikuti dengan sesi tanya jawab. Setelah ice breaaking acara dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua mengenai “Strategi Menembus Jurnal Nasional Series 1” yang disampaikan oleh bapak Dr. Agus Wibowo,S.Pd.I., S.Pd., M.Pd. dan dilanjut dengan sesi tanya jawab oleh peserta. Kegiatan diakhiri dengan sesi dokumentasi dan penutupan.

 

Lampiran :

  1. Laporan Kegiatan Webinar Academic Writing Series I-II Laboratorium Pusat Belajar Ekonomi

Dokumentasi :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *