Pertukaran dosen mengajar antara program studi S1 Manajemen FE UNJ dan Financial Management & Banking study programme FBEA Universiti Malaysia Sabah

Pada 22 dan 29 November 2022, pukul 09.00 – 11.30 WIB, dalam rangka mengimplementasikan Perjanjian Kerja Sama antara FE UNJ dengan FBEA UMS yang menaungi beberapa prodi terutama program studi S-1 Manajemen yang menyelenggarakan pertukaran dosen (lecturer exchange) sekaligus pengabdian kepada masyarakat internasional oleh Bapak Rosle Mohidin dan Dr. Gatot Nazir Ahmad.

 

Lecturer exchange sekaligus pengabdian kepada masyarakat internasional sesi pertama dilakukan oleh Bapak Rosle Mohidin dari FBEA UMS sebagai dosen pengajar. Bapak Rosle Mohidin membawakan topik mengenai Risk and Return. Dalam sesi mengajarnya, beliau menjelaskan bahwa risiko dan pengembalian dapat diperkirakan oleh investor menggunakan portofolio investasi. Pada materinya, Bapak Rosle Mohidin lebih menjelaskan tentang langkah-langkah dalam membuat portofolio investasi mulai dari menghitung return saham yang sebenarnya, ekspektasi return saham, tingkat risiko hingga proporsi dalam melakukan investasi. Portofolio investasi dapat dihitung dengan 2 cara, yaitu Single Index Model dan Teori Markowitz. Portofolio investasi dapat bermanfaat untuk meminimalisir risiko atau kerugian yang mungkin diterima oleh investor, bukan untuk dapat menghilangkan seluruh risiko.

 

Lecturer exchange sekaligus pengabdian kepada masyarakat internasional sesi kedua dilakukan oleh. Dr. Gatot Nazir Ahmad dari FE UNJ sebagai dosen pengajar. Dr. Gatot membawakan topik mengenai Asset Allocation. Dalam sesi mengajarnya, beliau menjelaskan bahwa investasi merupakan hal yang penting untuk mendukung kebutuhan finansial kita ketika tidak mendapatkan uang secara langsung. Dalam investasi ada suatu proses mengalokasikan atau menginvestasikan sejumlah uang ke aset keuangan atau instrumen keuangan yang berbeda, hal ini disebut dengan alokasi aset. Kemudian beliau menjelaskan tentang tipe-tipe dalam kelas aset yang terdiri dari fixed income, real estate, emas, ekuitas, serta kas dan setara kas. Investor dapat memilih tipe kelas aset yang sesuai dengan karakteristik dari investor tersebut. Misalnya, jika ada seorang investor yang memiliki karakteristik risk taker maka investor tersebut dapat malakukan investasi pada tipe kelas aset ekuitas seperti saham. Tak hanya itu, Dr. Gatot juga memberikan contoh tentang penghitungan alokasi aset dasar.

 

Lecturer exchange sekaligus pengabdian kepada masyarakat internasional  ini dihadiri oleh mahasiswa yang diampu oleh Dr. Gatot Nazir Ahmad dari FE UNJ dan Bapak Rosle Mohidin dari FBEA UMS. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama antara dosen pengajar dengan mahasiswa.

 

Dokumentasi:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *