Monev Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) Tahun 2022 dan Pendampingan Penulisan Proposal Hibah Penelitian Kolaborasi Nasional dan Internasional Tahun 2023

 

Unit Pengelola Program Studi (UPPS) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menjalankan amanah pemerintah dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dua kegiatan utama dari tridarma perguruan tinggi yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi perhatian bagi UPPS untuk selalu meningkatkan kualitas dan kuantitas dari kegiatan tersebut. Peningkatan kualitas dan kuantitas dari kegiatan tersebut semata mata untuk bisa memberikan dampak yang signifikan bagi dunia akademisi, industri dan masyarakat tentunya. Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tersebut, UPPS melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) untuk Hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun 2022. Kegiatan monev ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa Hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diterima dan dilakukan oleh dosen-dosen di lingkungan UPPS terlaksana dengan penuh tanggung jawab dan bermanfaat bagi masyarakat. Selanjutnya, menjelang tahun 2023, UPPS mempersiapkan para dosen untuk bisa mendapatkan Hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang lebih kompetitif dan berkualitas dengan melakukan kegiatan pendampingan penulisan proposal Hibah penelitian kolaborasi nasional dan internasional tahun 2023. Kegiatan ini juga sebagai bentuk implementasi atas Kerjasama dengan beberapa universitas baik dalam negeri maupun luar negeri untuk dapat melakukan penelitian dengan skema kolaborasi nasional 3 dan internasional. Hal ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing UPPS khususnya dengan pencapaian penelitian kolaborasi nasional dan internasional.

 

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan arahan dari Dekanat oleh Dekan dan Wakil Dekan I dimana yang disampaikan bahwa kegiatan monev penelitian dan pengabdian kepada masyarakat perlu dilakukan untuk memastikan dan peningkatan kualitas didalamnya. Lebih lanjut, kegiatan ini juga ditujukan untuk mempersiapkan dosen-dosen dalam membuat proposal penelitian yang dapat digunakan pada Hibah di lingkungan dikti, universitas maupun fakultas. Arahan selanjutnya, untuk melakukan optimalisasi kerjasama dalam menulis maupun kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan universitas baik dalam negeri maupun luar negeri. Selanjutnya, kegiatan dimulai dengan pemaparan materi teknis dimulai dengan optimalisasi Ms.Word yang disampaikan oleh Bapak Gentiga M. Zairin, S.E., M.Ak. untuk mempermudah dosen dalam membuat proposal penelitian yang akan diajukan. Poin-poin yang dimasukkan disesuaikan dengan pedoman penulisan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dikeluarkan oleh LPPM. Materi selanjutnya, adalah membuat model penelitian yang disampaikan oleh Prof. Usep Suhud, M.Si., Ph.D. Selanjutnya, setelah model penelitian diperoleh beserta dengan referensinya, dilakukan pembuatan draft kuesioner berdasarkan adaptasi dari penelitian terdahulu. Materi ini disampaikan oleh Dr. Ayatulloh Michael Musyafii, M.Ak. yang kemudian dilanjutkan 5 dengan teknik penggunaan aplikasi penulisan referensi/ sitasi menggunakan aplikasi Mendeley. Setelah diperoleh draft kuesioner tersebut, selanjutnya dilakukan pembuatan kuesioner online menggunakan aplikasi Google Form. Pada hari kedua, dilakukan evaluasi atas materi hari pertama. Selanjutnya, para dosen diminta untuk mengisi rencana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di tahun 2023 beserta skema yang akan diajukan yaitu skema kolaborasi internasional, kolaborasi nasional dan penelitian muda. Selanjutnya, terdapat pemaparan materi dari Ibu Dr. Umi Widyastuti, S.E., M.E., terkait dengan peta jalan (road map) penelitian. Kemudian Ibu Marsofiyati, S.Pd., M.Pd memaparkan materi terkait dengan metode penelitian yang dapat digunakan oleh para dosen dalam melakukan penelitian. Di akhir kegiatan, terdapat sharing dari Bapak Agung Dharmawan Buchdadi, M.M., Ph.D. terkait dengan kegiatan pengabdian skema internasional.

 

Lampiran :

  1. Laporan Kegiatan Monev Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) Tahun 2022 dan Pendampingan Penulisan Proposal Hibah Penelitian Kolaborasi Nasional dan Internasional Tahun 2023.
  2. Undangan Monev Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) Tahun 2022 dan Pendampingan Penulisan Proposal Hibah Penelitian Kolaborasi Nasional dan Internasional Tahun 2023.

 

 

Dokumentasi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *