Finalisasi Kurikulum Vokasi dan Karya Akhir Program Vokasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Fakultas Ekonomi memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana pendidikan, sarjana ekonomi dan ahli madya yang memiliki kemampuan akademik dan profesionalitas yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Sumber daya manusia yang kompeten akan semakin banyak dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri (DUDI) pada masa kini hingga mendatang. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud terus berupaya melakukan berbagai macam terobosan baru melalui berbagai program dan kebijakan, utamanya bagi satuan pendidikan vokasi Tanah Air. Salah satunya adalah program upgrading D3 menjadi sarjana terapan atau D4 guna menjawab kebutuhan DUDI dalam menyediakan SDM kompeten melalui pendidikan vokasi, khususnya perguruan tinggi vokasi. Saat ini Fakultas Ekonomi menaungi 2 program studi Magister, 7 program studi Sarjana, dan 3 program studi Sarjana Terapan (Vokasi). Program Sarjana Terapan di Fakultas Ekonomi merupakan hal baru yang dimulai pada tahun berjalan yaitu tahun 2022. Program studi Sarjana Terapan ini berfokus untuk mencetak mahasiswa yang memiliki kemampuan dan kapabilitas yang mumpuni pada bidangnya masing-masing, ditambah lagi dengan tingginya tuntutan persaingan saat ini dan sangat dibutuhkan keunggulan kompetitif untuk bisa bersaing saat ini. Untuk mendukung tujuan tersebut tentunya akan ada kebutuhan-kebutuhan yang muncul sebagai bentuk penyesuaian upgrading dari program D3 ke D4. Dengan meningkatnya status program studi D3 menjadi D4 tentu banyak pula hal-hal yang perlu ditingkatkan dan disesuaikan. Oleh karena itu, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta mengadakan workshop “Finalisasi Kurikulum Vokasi dan Karya Akhir Program Vokasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta” agar dapat segera meningkatkan kualitas dan menyesuaikan diri dengan proses upgrading prodi D3 ke D4.

Kegiatan Workshop Finalisasi Kurikulum Vokasi dan Karya Akhir Program Vokasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta ini diselenggarakan selama tiga hari dengan diisi oleh satu narasumber dari praktisi riset terapan dan juga focus group discussion yang dilakukan oleh para dosen program studi vokasi. Acara ini dilaksanakan di HARRIS hotel & Convention Bekasi dan dihadiri oleh 34 peserta yang merupakan Dekanat, Koordinator Program Studi serta Dosen dari prodi terkait, tim penyusun pedoman karya akhir serta para tenaga kependidikan.

Pada hari pertama pelaksanaan, peserta langsung dipersilahkan masuk di ruangan meeting. Di ruangan meeting tersebut ada seorang MC untuk memandu rangakaian acara. Acara dimulai dengan sambutan sekaligus pembukaan dari Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Setelah itu, terdapat sambutan dari perwakilan Koorprodi vokasi yaitu Ibu Sholikhah.  Selanjutnya acara diisi dengan pemaparan materi dari narasumber praktisi riset terapan yaitu Bapak Rifki Juniarto, MM diikuti dengan sesi tanya jawab. Setelah ISHOMA acara dilanjutkan dengan finalisasi kurikulum program D4 Sarjana Terapan yang dilaksanakan dalam bentuk diskusi oleh para dosen prodi vokasi. Setelah itu dilaksanaka sesi dokumentasi dan penutupan hari pertama.

Hari kedua workshop diawali dengan kajian mengenai draft pedoman penulisan karya ilmiah yang telah dibuat oleh tim penyusun. Setelah itu dibahas juga inisiasi mengenai penyusunan pedoman skripsi dalam bentuk project. Kegiatan diakhiri dengan finalisasi pedoman karya akhir – riset untuk program vokasi sebelum ditutup dengan sesi dokumentasi. Hari ketiga dilakukan persiapan Monev program D4 Sarjana Terapan.

 

Lampiran :

  1. Laporan Kegiatan Finalisasi Kurikulum Vokasi dan Karya Akhir Program Vokasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

 

Dokumentasi :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *