Studi Banding Vokasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dengan Politeknik Negeri Bandung (Program Studi Administrasi Perkantoran Digital, Akuntansi Sektor Publik, dan Pemasaran Digital)

 

Kegiatan Studing Banding Vokasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dengan Politeknik Negeri Bandung dibuka oleh Wakil Dekan 3 Bagian Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Dr. Indra Pahala, M.Si, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Ketua Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung Sri Raharso, S.Sos., M.Si.

 

Kegitan dilakukan di ruang Ruang B 201 Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung pukul 09.00 WIB. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung, Sri Raharso, S.Sos., M.Si menyambut baik kedatangan dari perwakilan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

 

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan paparan dan diskusi antar Koordinator Program Studi berkaitan dengan Tugas Akhir Mahasiswa D4, MBKM, dan Kurikulum D4. Di Politeknik Negeri Bandung, khususnya pada jurusan administrasi niaga terdapat 3 jenis model tugas akhir yakni:

 

  1. Penelitian: Riset terapan, dimana hasil penelitiannya bisa dipakai oleh industri. Riset tersebut bisa dalam bentuk kuantitatif maupun kualitatif. Contoh luaran: Sistem aplikasi, Guide Book, dll. Riset ini bersifat individual dan diharapkan tempat penelitiannya dari tempat magang. Luaran publikasi tetap diarahkan, namun tidak wajib.
  2. Proyek Individu: Harus bisa membuat model bisnis. Misalnya: Membuat sistem penggajian berbasis IT yang bisa diterapkan oleh industri/perusahaan. Sifatnya individual.
  3. Proyek Bisnis: Dilakukan oleh grup maksimal 4 orang. Harus membuat tenant/usaha yang sudah jadi yang bisa dipantau. Ini dikaitkan dengan kurikulum. Cth: Smt 1: Dasar kewirausahaan (Perilaku kewirausahaan); Smt 2: Small Business Project 1 ; Smt 3: Small Business Project 2 ; Smt 4: Business Creation. Dan diharapkan smt 8 bisa mempunyai bisnis.

 

Minimal 90 hari bisnis tersebut sudah jalan. (Tidak terlepas online/offline). Ukurannya harus berbadan hukum mulai dari perorangan – PT. Namun pada saat penilaian, tetap sidang dilakukan sendiri-sendiri sesuai dengan job desk yang mahasiswa lakukan. Dalam pendanaan, mahasiswa bisa mendapatkan bantuan pendanaan dari jurusan. Dan pendanaan wajib 50:50 dari mahasiswa dan dari jurusan.

 

Semua model tugas akhir ini harus berbentuk laporan dan juga di sidangkan. Proses pemilihan dosen pembimbing dilakukan sebelum semester 8, dan mahasiswa bebas memilih untuk mengajukan kepada dosen pembimbing yang ingin dituju. Kemudian ketua program studi yang menentukan dosen pembimbing dari mahasiswa tersebut. Dosen yang memiliki pangkat Lektor Kepala/bergelar S3 dibatasi 6 mahasiswa bimbingan. Proses pembimbingan dilakukan minimal 10x.

 

Proses pengujian sidang tugas akhir dilakukan oleh 2 penguji. Dan setiap TA mempunyai luaran yang applied. Untuk publikasi TA mahasiswa D4 diarahkan namun tidak diwajibkan. Dalam proses sidang, dilakukan dalam bahasa inggris untuk presentasi, kemudian untuk diskusi dan tanya jawab dilakukan secara bilingual. Namun, bagi program studi manajemen pemasaran internasional diwajibkan untuk laporan tugas akhir dalam bahasa inggris.

 

Proses magang yang ada didalam Politeknik Negeri Bandung ada 2 model yakni:

  1. Magang industri: Mengetahui tentang bisnis di skala UMKM
  2. PKL: Industri menengah besar

 

Dalam perkuliahan, setiap dosen menjadi wali kelas dan setiap akhir semester selalu ada rapat penilaian mahasiswa yang dilakukan dua kali (jurusan dan pusat). Hal ini ditujukan untuk memastikan mahasiswa lulus tepat waktu dan menjadi bahan monev bagi para dosen. Proses perkuliahan dilakukan 38 jam/minggu yang terdiri dari teori dan praktik. Misalkan mata kuliah manajemen perkantoran terdiri dari 3 sks. 1 sks tatap muka (50 menit), dan 2 sks praktik (170 menit). Dalam proses kurikulum juga dilakukan FGD dari industri yang nantinya akan berpengaruh pada profil lulusan, dan SKPI mahasiswa.

 

Selanjutnya, kami diarahkan untuk melihat lab yang dimiliki oleh jurusan administrasi niaga.

  1. Lab Manajemen Pemasaran: Lab desain, Lab pemasaran, Lab riset pemasaran, Lab digital marketing
  2. Lab Administrasi Bisnis: Lab bisnis, Lab electronic filling system, Lab perkantoran, Lab simulasi bisnis, Lab mengetik

 

Kegiatan studi banding kemudian ditutup dengan foto bersama.

 

Lampiran :

  1. Surat Permohonan Studi Banding ke Politeknik Negeri Bandung
  2. Surat Balasan dari Politeknik Negeri Bandung
  3. Surat Tugas Studi Banding ke Politeknik Negeri Bandung
  4. Rundown Studi Banding Politeknik Negeri Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *