FE UNJ Selenggarakan Economics Expo 2022, Hadirkan 8 Pembicara Internasional

Jakarta: Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Economics Expo 2022. Acara berlangsung mulai Jumat, 1 April 2022, hingga Selasa, 19 April 2022.

Economics Expo 2022 menghadirkan seri seminar internasional dengan mengundang sejumlah pembicara dari luar negeri. Di hari pertama, seminar menghadirkan pengajar dari Universitas Malaya, Malaysia, Prof Mohd Nazari Ismail.

Dalam seminar yang digelar secara daring ini, Nazari menyampaikan makalah bertema “Masalah Biaya Hidup, Penyebab dan Solusi dari Perspektif Islam”. Selama satu jam dia memaparkan betapa biaya hidup semakin tinggi, sementara pendapat jalan di tempat.

 

Dalam seminar yang digelar secara daring ini, Nazari menyampaikan makalah bertema “Masalah Biaya Hidup, Penyebab dan Solusi dari Perspektif Islam”. Selama satu jam dia memaparkan betapa biaya hidup semakin tinggi, sementara pendapat jalan di tempat.

“Kegagalan sistem yang membuat krisis global ini terjadi. Dan koruptor memperburuk krisis di masing-masing negara,” kata Nazari, Jumat, 1 April 2022.

Dia mencontohkan biaya hidup di Singapura yang tak bisa dikejar oleh rata-rata gaji guru. Dia mengambil contoh biaya flat termurah di Singapura adalah sebesar 3.000 Dolar Singapura per bulan. Sementara, gaji guru di sana sebesar 3.310 Dolar Singapura.

“Artinya, biaya hidup seorang guru di sana habis untuk menyewa flat,” kata dia.

Agar persoalan tak semakin memburuk, Nazari memberi masukan agar sistem perekonomiannya diubah. Saat ini, kata dia, dunia sudah kecanduan utang.

“Sistem perekonomian berbasis syariah harus sudah mulai diterapkan,” kata dia.

Nazari adalah satu dari delapan pembicara internasional yang hadir di Economics Expo 2022. Mereka terdiri atas akademikus dari empat benua dan enam negara.

Tema besar dari seminar ini adalah “Bersinergi dalam Keberagaman, Semangat, dan Inovasi”. Seri seminar selanjutnya akan menghadirkan sejumlah pembicara sebagai berikut:
1. Prof Joseph Cherian (NUS) pada Selasa, 5 April 2022;
2. Prof Avanidhar Subrahmanyam (UCLA), Sabtu, 9 April 2022;
3. Prof Mathijs van Dijk (Erasmus University), Selasa, 12 April 2022;
4. Prof Jo-Ann Suchard (UNSW), Jumat, 15 April 2022;
5. Prof Raghavendra Rau (Cambridge University), Sabtu, 16 April 2022; dan
6. Prof Ali Fatemi (DePaul University), Selasa, 19 April 2022.

 

Sumber : https://m.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/GNlW9W5K-fe-unj-selenggarakan-economics-expo-2022-hadirkan-8-pembicara-internasional

 

LPJ Seminar Internasional Economics Expo 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *