Program Pendampingan Penulisan Modul Pembelajaran Berbasis Kasus (CBL) dan Proyek (PjBL)

Terkait dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3/M/2021 tentang Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dimana salah satu sasarannya pada IKU 7 adalah meningkatnya kualitas kurikulum dan pembelajaran, implementasi metode pembelajaran case based dan project based menjadi salah satu ukuran indikator kinerja di dalamnya. Metode pembelajaran yang diterapkan oleh dosen di dalam kelas diwajibkan untuk menggunakan salah satu atau kombinasi dari metode case-based learning (CBL) atau project-based learning (PjBL). Pada case based learning, mahasiswa secara berkelompok akan dihadapkan pada suatu kasus untuk didiskusikan dan dianalisis hingga dapat memberikan solusi dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Pada team-based project, mahasiswa secara berkelompok akan diberikan masalah nyata yang terjadi di masyarakat atau pertanyaan kompleks, lalu diberikan ruang untuk membuat rencana kerja dan model kolaborasi.

Dalam rangka mencapai IKU 100%  untuk sasaran tersebut,  maka Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan program “Sosialisasi dan Pelatihan Pembelajaran Berbasis Kasus (CBL) Dan Projek (Pjbl)” pada hari Rabu tanggal 2 Maret 2022 dengan narasumber internal yaitu Ibu Prof. Dr. Corry Yohana, MM dan Bapak Dr. Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak yang dilaksanakan secara daring. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi UNJ yaitu Bapak Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd dan dimoderatori oleh Ibu Titis Fatarina Mahfirah, S.E., M.S.M. Dengan terselenggaranya acara tersebut diharapkan dapat menghasilkan 100% dosen di lingkungan FE UNJ dapat mengimplementasikan metode pembelajaran menggunakan pendekatan CBL atau PjBL. Kegiatan berlangsung dengan diskusi yang aktif dan banyak partisipan yang memberikan pengalaman dan sudut pandang yang beragam sehingga memperkaya pemahaman dosen pada metode pembelajaran tesebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *