C.6.4.a). Kurikulum
A. Ketersediaan kebijakan pengembangan kurikulum yang mempertimbangkan keterkaitan dengan visi dan misi (mandat) perguruan tinggi, pengembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan stakeholders.
B. Ketersediaan pedoman pengembangan kurikulum.
C. Ketersediaan pedoman pelaksanaan kurikulum yang mencakup pemantauan dan peninjauan kurikulum yang mempertimbangkan umpan balik dari para pemangku kepentingan, pencapaian isu-isu strategis untuk menjamin kesesuaian dan kemutakhirannya.
A. Ketersediaan kebijakan pengembangan kurikulum yang mempertimbangkan keterkaitan dengan visi dan misi (mandat) perguruan tinggi, pengembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan stakeholders.
- Kebijakan akademik UNJ bagian pendidikan No. 5 halaman 5
- Pertor UNJ No. 7 Th. 2018 tentang peraturan akademik, Bab 10, tentang penyelenggaraan pendidikan, Bagian Kesatu, Kurikulum , Pasal 18-20, hal. 15-17
- Renstra UNJ Th. 2007-2018 tentang isu-isu strategis, hal. 20-21
- RSB UNJ TH. 2020-2024, Bab V, Kerangka pengembangan Target Kinerja dan pendanaan tahun 2020-2024, tentang keunggulan akademik, hal. 85
B. Ketersediaan pedoman pengembangan kurikulum.
C. Ketersediaan pedoman pelaksanaan kurikulum yang mencakup pemantauan dan peninjauan kurikulum yang mempertimbangkan umpan balik dari para pemangku kepentingan, pencapaian isu-isu strategis untuk menjamin kesesuaian dan kemutakhirannya.
- Kebijakan akademik UNJ bagian pendidikan No. 5 halaman 5
- Peraturan Rektor No. 959/UN39/PK.00/2020 tentang penetapan kalender akademik UNJ tahun akademik 2020/2021
- Pertor No. 638/UN39/TM.00.00/2020 tentang implementasi merdeka belajar di Universitas Negeri Jakarta, hal 1, Buku panduan Implementasi Merdeka Belajar di UNJ
- SOP Penyusunan Jadwal , 6.101014-S1-SOP Penyusunan Jadwal Kuliah
- Contoh Dokumen Kurikulum Prodi
a. Kurikulum Prodi Berdasarkan KKNI 2012–> Link kurikulum KKNI Mipa
b.Revitalisasi kurikulum LPTK
c. BPA MBKM 2020
1. Dokumen BPA MBKM
2. Program Studi Penerima hibah MBKM(Pengumuman kemendikbud No.134)
C.6.4.b). Pembelajaran
A. Ketersediaan pedoman tentang penerapan sistem penugasan dosen berdasarkan kebutuhan, kualifikasi, keahlian dan pengalaman.
B. Ketersediaan bukti yang sahih tentang penetapan strategi, metode dan media pembelajaran serta penilaian pembelajaran.
C. Ketersediaan bukti yang sahih tentang implementasi sistem memonitor dan evaluasi pelaksanaan dan mutu proses pembelajaran.
A. Ketersediaan pedoman tentang penerapan sistem penugasan dosen berdasarkan kebutuhan, kualifikasi, keahlian dan pengalaman.
B. Ketersediaan bukti yang sahih tentang penetapan strategi, metode dan media pembelajaran serta penilaian pembelajaran.
C. Ketersediaan bukti yang sahih tentang implementasi sistem memonitor dan evaluasi pelaksanaan dan mutu proses pembelajaran.
- SOP pelaksaaan Monev Perkuliahan—->SOP 2018, 7.121218-SOP-Monev awal tengah akhir
- Bukti Pelaksanaan proses Pembelajaran (form 05 dan 06)–>Laporan WFH
- Laporan Monev Perkuliahan Oleh Mahasiswa/ EDOM
- Laporan Monev Awal, Tengah, Perkuliahan
- Bukti Video-Video Pembelajaran
- Learning Management System
a. Rumpun Kimia : ALKANA
b. Rumpun Fisika : Epsilon
c. online Learning Pascasarjana - Sarana Pendukung Proses Pembelajaran
- Laporan Audit
- Bukti Tindak lanjut Pelaksaan Monev—>Contoh RTM
C.6.4.C). Integrasi Penelitian dan PkM dalam Pembelajaran
A. Ketersediaan dokumen formal kebijakan dan pedoman untuk mengintegrasikan kegiatan penelitian dan PkM ke dalam pembelajaran.
B. Ketersediaan bukti yang sahih tentang pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan kualitas secara berkelanjutan integrasi kegiatan penelitian dan PkM ke dalam pembelajaran.1. RPS
C. Ketersedian bukti yang sahih bahwa SPMI melakukan monitoring dan evaluasi integrasi penelitian dan PkM terhadap pembelajaran.
A. Ketersediaan dokumen formal kebijakan dan pedoman untuk mengintegrasikan kegiatan penelitian dan PkM ke dalam pembelajaran.
B. Ketersediaan bukti yang sahih tentang pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan kualitas secara berkelanjutan integrasi kegiatan penelitian dan PkM ke dalam pembelajaran.1. RPS
- RPS
- Contoh Proses Pembelajaran yang mengintegrasikan Penelitian dan PkM
C. Ketersedian bukti yang sahih bahwa SPMI melakukan monitoring dan evaluasi integrasi penelitian dan PkM terhadap pembelajaran.
- Dokumen Monitoring Perkuliahan
- Instrumen Edom
- Hasil Monev Penelitian dan PkM
C.6.4.D). Suasana Akademik
A. Ketersediaan dokumen formal kebijakan suasana akademik yang mencakup: otonomi keilmuan, kebebasan akademik, dan kebebasan mimbar akademik.
B. Ketersediaan bukti sahih tentang terbangunnya suasana akademik yang kondusif yang dapat berupa: a) Keterlaksanaan interaksi akademik antar sivitas akademika dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan PkM baik pada skala lokal/nasional/ internasional. b) Keterlaksanaan program/kegiatan non akademik yang melibatkan seluruh warga kampus yang didukung oleh ketersediaan sarana, prasarana, dan dana yang memadai.
C. Ketersediaan bukti yang sahih tentang langkah-langkah strategis yang dilakukan untuk meningkatkan suasana akademik.
A. Ketersediaan dokumen formal kebijakan suasana akademik yang mencakup: otonomi keilmuan, kebebasan akademik, dan kebebasan mimbar akademik.
B. Ketersediaan bukti sahih tentang terbangunnya suasana akademik yang kondusif yang dapat berupa: a) Keterlaksanaan interaksi akademik antar sivitas akademika dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan PkM baik pada skala lokal/nasional/ internasional. b) Keterlaksanaan program/kegiatan non akademik yang melibatkan seluruh warga kampus yang didukung oleh ketersediaan sarana, prasarana, dan dana yang memadai.
C. Ketersediaan bukti yang sahih tentang langkah-langkah strategis yang dilakukan untuk meningkatkan suasana akademik.