Dokumen Tracer Study

Tahun 2015
Tahun 2016
Tahun 2017
Tahun 2018
Tahun 2019
Tahun 2020
Tahun 2021
Tahun 2015

LAPORAN TRACER STUDI FE UNJ TAHUN 2015

  A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan tinggi di Indonesia merupakan tahap pendidikan formal terakhir yang siap mendidik dan mempersiapkan seseorang untuk menjadi pelaku professional dalam bidang keahlian tertentu yang diperlukan oleh dunia kerja.Dunia pendidikan tinggi dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini ditandai dengan semakin banyak dibuka program studi baru oleh universitas maupun institut yang ada di Indonesia. Berdasarkan data per tanggal 7 Oktober 2013 diketahui bahwa di wilayah Kopertis III Jakarta saja terdapat 50 Universitas swasta, 12 institut, 141 sekolah tinggi, 132 akademi dan 8 politeknik.

Pendidikan tinggi juga merupakan pendidikan yang berada di garis depan dalam menghadapi perubahan lingkungan. Perubahan lingkungan perlu diakomodir oleh perguruan tinggi agar perguruan tinggi tetap mampu berperan sebagai penyedia intellectual asset bagi penggunanya (user).  Perubahan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) menjadi Universitas pada 4 Agustus 1999 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 93 tahun 1999, hakikatnya bukan merupakan perubahan/perkembangan karena inisiatif dan dinamika internal sivitas akademika, merupakan bagian dari kebijaksanaan nasional dalam mengembangkan Sistem Pendidikan Nasional dan perubahan yang terjadi karena tuntutan pasar kerja yang sudah semakin tinggi.

Sebagai dampak globalisasi, pendidikan tinggi saat ini dituntut untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan masyarakat.Karena itu Universitas Negeri Jakarta (UNJ), sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, juga dituntut untuk mampu memberikan pelayanan pendidikan berkualitas.  Selain perubahan IKIP Jakarta menjadi UNJ, tuntutan akan pelayanan pendidikan berkualitas disikapi dengan lahirnya Fakultas Ekonomi (FE) UNJ yang sebelumnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Sosial UNJ.

FE UNJ perlu menyadari tuntutan pasar tenaga kerja yang semakin tinggi dan peningkatan persaingan tenaga kerja yang semakin ketat.Hal ini perlu disikapi dengan melakukan perubahan-perubahan secara terus menerus (continous improvement) dalam menjalankan sistem organisasi (input-proses-output).Daya saing lulusan FE UNJ sangat ditentukan oleh kompetensi yang dimilikinya.Terkait dengan kompetensi lulusan, perubahan terus menerus perlu dilakukan di bidang akademik khususnya.

Seiring dengan meningkatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas maka perubahan dalam hal pelayanan kemahasiswaan menuju ke arah yang lebih baik pun harus ditingkatkan agar FE UNJ dapat memberikan yang terbaik untuk mahasiswa. Ketika mahasiswa merasakan pelayanan pendidikan dan kemahasiswaan yang baik berimbas kepada adanya perubahan perilaku dan peningkatan kompetensi mereka. Upaya memberikan pelayanan pendidikan dan pelayanan kemahasiswaan yang berkualitas bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan sehingga memiliki daya saing dan cepat diserap dunia kerja.Lulusan yang berkualitas dapat dilihat dari relevansi antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan penggunanya.Salah satu tahapan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan penggunanya adalah studi jejak rekam (Tracer Study). Hal ini juga ditunjang dengan  mewujudkan pendataan yang berkelanjutan, pemantauan dan evaluasi mutu lulusan, peningkatan daya saing lulusan serta mewujudkan lulusan Fakultas Ekonomi yang akuntabel.

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang penelitian diatas dirumuskan masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana kompetensi lulusan FE UNJ berdasarkan profil lulusan tentang waktu tunggu bekerja, kesesuaian bidang pekerjaan dan gaji awal dan kinerja lulusan.
  2. Bagaimana kompetensi yang diperlukan guna menunjang tersedianya tenaga kerja yang siap pakai.
  3. Bagaimana layanan kemahasiswaan civitas akademika FE UNJ terhadap lulusan FE UNJ selama menjadi mahasiswa

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini adalah

  1. Untuk mengidentifikasi kompetensi lulusan FE UNJ berdasarkan profil lulusan tentang waktu tunggu bekerja, kesesuaian bidang pekerjaan dan gaji awal dan kinerja lulusan.
  2. Untuk mengetahui kompetensi yang diperlukan guna menunjang tersedianya tenaga kerja yang siap pakai.
  3. Untuk mengetahui layanan kemahasiswaan civitas akademika FE UNJ terhadap lulusan FE UNJ selama menjadi mahasiswa .

 D. Kontribusi Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi:

  1. Ilmu Pengetahuan, memperkaya pemahaman mengenai tracer study.
  2. Lembaga, dalam hal ini adalah:

        a. sebagai bahan masukan dalam rangka penyusunan kebijakan pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan dan kualitas pelayanan di FE UNJ.

          b. sebagai upaya meningkatkan kesiapan lulusan dalam penyediaan tenaga kerja siap kerja, guna memenuhi permintaan pasar kerjamsebagai tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan didunia industri/user.

Adapun laporan lengkap Tracer Study FE UNJ Tahun 2015, dapat dilihat pada tautan berikut:

DOWNLOAD TRACER STUDY FAKULTAS EKONOMI 2015

Tahun 2016

LAPORAN TRACER STUDI FE UNJ TAHUN 2016

 A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan tinggi di Indonesia merupakan tahap pendidikan formal terakhir yang siap mendidik dan mempersiapkan seseorang untuk menjadi pelaku professional dalam bidang keahlian tertentu yang diperlukan oleh dunia kerja. Dunia pendidikan tinggi dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini ditandai dengan semakin banyak dibuka program studi baru oleh universitas maupun institut yang ada di Indonesia. Berdasarkan data per tanggal 12 Maret 2016 diketahui bahwa di wilayah Kopertis III Jakarta saja terdapat 54 Universitas swasta, 13 institut, 131 sekolah tinggi, 125 akademi dan 8 politeknik.

Pendidikan tinggi juga merupakan pendidikan yang berada di garis depan dalam menghadapi perubahan lingkungan. Perubahan lingkungan perlu diakomodir oleh perguruan tinggi agar perguruan tinggi tetap mampu berperan sebagai penyedia intellectual asset bagi penggunanya (user).  Perubahan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) menjadi Universitas pada 4 Agustus 1999 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 93 tahun 1999, hakikatnya bukan merupakan perubahan/perkembangan karena inisiatif dan dinamika internal sivitas akademika, merupakan bagian dari kebijaksanaan nasional dalam mengembangkan Sistem Pendidikan Nasional dan perubahan yang terjadi karena tuntutan pasar kerja yang sudah semakin tinggi.

Sebagai dampak globalisasi, pendidikan tinggi saat ini dituntut untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan masyarakat. Karena itu Universitas Negeri Jakarta (UNJ), sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, juga dituntut untuk mampu memberikan pelayanan pendidikan berkualitas.  Selain perubahan IKIP Jakarta menjadi UNJ, tuntutan akan pelayanan pendidikan berkualitas disikapi dengan lahirnya Fakultas Ekonomi (FE) UNJ yang sebelumnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Sosial UNJ.

FE UNJ perlu menyadari tuntutan pasar tenaga kerja yang semakin tinggi dan peningkatan persaingan tenaga kerja yang semakin ketat. Hal ini perlu disikapi dengan melakukan perubahan-perubahan secara terus menerus (continous improvement) dalam menjalankan sistem organisasi (input-proses-output). Daya saing lulusan FE UNJ sangat ditentukan oleh kompetensi yang dimilikinya. Terkait dengan kompetensi lulusan, perubahan terus menerus perlu dilakukan di bidang akademik khususnya.

Seiring dengan meningkatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas maka perubahan dalam hal pelayanan kemahasiswaan menuju ke arah yang lebih baik pun harus ditingkatkan agar FE UNJ dapat memberikan yang terbaik untuk mahasiswa. Ketika mahasiswa merasakan pelayanan pendidikan dan kemahasiswaan yang baik berimbas kepada adanya perubahan perilaku dan peningkatan kompetensi mereka. Upaya memberikan pelayanan pendidikan dan pelayanan kemahasiswaan yang berkualitas bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan sehingga memiliki daya saing dan cepat diserap dunia kerja. Lulusan yang berkualitas dapat dilihat dari relevansi antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan penggunanya.Salah satu tahapan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan penggunanya adalah studi jejak rekam (Tracer Study). Hal ini juga ditunjang dengan mewujudkan pendataan yang berkelanjutan, pemantauan dan evaluasi mutu lulusan, peningkatan daya saing lulusan serta mewujudkan lulusan Fakultas Ekonomi yang akuntabel.

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang penelitian diatas dirumuskan masalah sebagai berikut: “Bagaimana kompetensi lulusan FE UNJ berdasarkan profil lulusan tentang lama studi, waktu tunggu bekerja, kesesuaian bidang pekerjaan dan gaji awal , pelayanan kemahasiswaan terhadap lulusan selama menjadi mahasiswa dan bagaimana kinerja lulusan FE UNJ?”

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini adalah

  1. Untuk mengidentifikasi kompetensi lulusan FE UNJ berdasarkan profil lulusan tentang waktu tunggu bekerja, kesesuaian bidang pekerjaan dan gaji awal dan kinerja lulusan.
  2. Untuk mengetahui kompetensi yang diperlukan guna menunjang tersedianya tenaga kerja yang siap pakai.
  3. Untuk mengetahui bagaimana layanan kemahasiswaan civitas akademika FE UNJ terhadap lulusan FE UNJ selama menjadi mahasiswa .

D. Kontribusi Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi:

  1. Ilmu Pengetahuan, memperkaya pemahaman mengenai tracer study.
  2. Lembaga, dalam hal ini adalah:

         a. sebagai bahan masukan dalam rangka penyusunan kebijakan pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan dan kualitas pelayanan di FE UNJ.

         b. sebagai upaya meningkatkan kesiapan lulusan dalam penyediaan tenaga kerja siap kerja, guna memenuhi permintaan pasar kerja sebagai tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan didunia industri/user.

Adapun laporan lengkap Tracer Study FE UNJ Tahun 2016, dapat dilihat pada tautan berikut:

DOWNLOAD TRACER STUDY FAKULTAS EKONOMI 2016

Tahun 2017

LAPORAN TRACER STUDI FE UNJ TAHUN 2017

A. Latar Belakang Masalah

Salah satu indikator dari sistem pendidikan yang baik adalah adanya kualitas output yang terukur dari pendidikan itu sendiri. Hal-hal yang dapat diukur dalam menentukan kualitas output yang disini difokuskan pada alumni diantaranya yaitu pencapaian, kompetensi, persebaran problem yang dihadapi, respon pengguna, akselerasi karier, serta hal-hal lain yang mencakup baik mengenai kesesuaian maupun ketidaksesuaian pencapaian antara kualitas alumni dengan kualitas yang diharapkan oleh perguruan tinggi. Sistem pendidikan yang baik memiliki alur sistem berbentuk circlye system dimana tanggung jawab perguruan tinggi terhadap mahasiswa tidak berakhir pada saat kelulusan tetapi juga terkait keberlanjutan dari karier alumninya agar mereka lebih siap berkarya di tengah masyarakat.

Pencapaian kualitas alumni yang sesuai dengan tujuan dari setiap perguruan tinggi bisa dilihat hasilnya apabila perguruan tinggi tersebut melakukan evaluasi-evaluasi terhadap kualitas dari kurikulum yang diterapkan kepada para alumninya. Untuk itu setiap perguruan tinggi diharapkan selalu melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang diterapkan agar dapat mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan yang diharapkan kepada para alumni untuk bekal mereka meniti karier setelah lulus dari perguruan tinggi tersebut. Evaluasi tersebut dapat berupa studi pelacakan alumni (Tracer study) yang dilakukan secara berkala.

Tracer study harus dilaksanakan dengan penuh komitmen dan kapabilitas oleh perguruan tinggi agar tracer study yang dijalankan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan tinggi baik bagi perguruan tinggi pelaksana maupun bagi pembangunan pendidikan tinggi nasional. Oleh karena itu pemahaman mengenai aspek manajemen dan riset dari tracer study merupakan faktor penentu keberhasilan pelaksanaan tracer study. (http://tracerstudy.dikti.go.id/).

Tracer study adalah studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi (Schomburg, 2003). Istilah lain yang juga sering digunakan adalah “Graduate Surveys”, “Responden Researches”, dan “Follow-up Study”. Tracer study juga harus menyediakan informasi untuk kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi bersangkutan. Tracer study juga menyediakan informasi berharga mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja profesional, menilai relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi pemangku kepentingan (stakeholders), dan kelengkapan persyaratan bagi akreditasi pendidikan tinggi.

Manfaat tracer study tidaklah terbatas pada perguruan tinggi saja, tetapi  lebih jauh lagi dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan (link) antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia kerja.  Tracer study dapat menyajikan informasi mendalam dan rinci mengenai kecocokan/match kerja baik horisontal (antar berbagai bidang ilmu) maupun vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan). Dengan demikian, tracer study dapat ikut membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya.  Bagi universitas, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran.  Di sisi lain, dunia industri dan dunia kerja dapat melihat ke dalam instistusi pendidikan tinggi melalui tracer study, dan dengan demikian dapat menyiapkan diri dengan menyediakan pelatihan-pelatihan yang lebih relevan bagi sarjana pencari kerja baru.

Untuk itulah Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta setiap tahunnya melakukan Tracer Study dalam memenuhi tuntutan pasar khususnya tenaga kerja maupun untuk meningkatkan daya saing dalam perbaikan sistem pendidikan selama ini. Hal ini perlu disikapi dengan melakukan perubahan-perubahan baik dalam hal kecil maupun hal besar. Hal ini ditunjang dengan mewujudkan pendataan yang berkelanjutan, pemantauan dan evaluasi mutu lulusan demi mewujudkan lulusan Fakultas Ekonomi yang akuntabel.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: “Bagaimana penilaian alumni FE UNJ mengenai penyelenggaraan program, relevansi antara kurikulum dengan kebutuhan di lapangan, mengenai mutu layanan program, waktu tunggu kerja dan penilaian stakeholders atas kinerja alumni?

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:

  1. Untuk mengidentifikasi kompetensi lulusan FE UNJ berdasarkan profil lulusan tentang waktu tunggu bekerja, kesesuaian bidang pekerjaan dan gaji awal dan kinerja lulusan.
  2. Untuk mengetahui kompetensi yang diperlukan guna menunjang tersedianya tenaga kerja siap pakai.
  3. Untuk mengetahui relevansi antara kurikulum dengan kebutuhan di lapangan.
  4. Untuk mengetahui mutu Layanan Program yang ada di Fakultas Ekonomi UNJ selama alumni studi.
  5. Kepuasan stakeholders atas kinerja alumni.
  6. Masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan.

D. Manfaat Penelitian    

1. Bagi Program Studi

Program Studi mengetahui jumlah alumni yang sudah bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikan dan mengevaluasi relevansi kurikulum yang sudah ada untuk meningkatkan kualitas layanan Fakultas Ekonomi UNJ.

2. Bagi Mahasiswa/alumni

    Mahasiswa memperoleh layanan informasi lowongan pekerjaan dan dapat memberikan masukan pada program studi mengenai kurikulum dan proses pendidikan pada Fakultas Ekonomi UNJ.

3. Bagi Stakeholders

    Stakeholders dapat memberikan masukan pada program studi dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan keterampilan mahasiswa sehingga lebih siap untuk memasuki dunia kerja dan kualitas pembelajaran pun semakin meningkat.

E. Kontribusi Penelitian

          Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi:

  1. Ilmu Pengetahuan, memperkaya pemahaman mengenai tracer study.
  2. Lembaga, dalam hal ini adalah:
  3. sebagai bahan masukan dalam rangka penyusunan kebijakan pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan dan kualitas pelayanan di FE UNJ.
  4. sebagai upaya meningkatkan kesiapan lulusan dalam penyediaan tenaga kerja siap kerja, guna memenuhi permintaan pasar kerja sebagai tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan didunia industri/user. 

Adapun laporan lengkap Tracer Study FE UNJ Tahun 2017, dapat dilihat pada tautan berikut: 

DOWNLOAD LAPORAN TRACER STUDI TAHUN 2017

Tahun 2018

LAPORAN TRACER STUDI FE UNJ TAHUN 2018

A. Latar Belakang Masalah

Menjadi fakultas terbaik, penghasil Sumber Daya Manusia profesional, berdaya saing tinggi di bidang kependidikan dan non kependidikan yang memiliki wawasan global serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ekonomi, administrasi, manajemen dan akuntansi dalam membangun masyarakat Indonesia yang maju, demokratis dan sejahtera berdasarkan Pancasila merupakan visi yang dicanangkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Dalam mendukung visi tersebut dibutuhkan kualitas pendidikan yang sangat baik dalam pelaksanaan proses pembelajaran serta kurikulum yang digunakan. Dalam mewujudkan kualitas pendidikan fakultas ekonomi Universitas Negeri Jakarta memerlukan banyak masukan dari berbagai pihak selain mengikuti aturan yang telah diberikan oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) Dikti, pihak kampus juga memerlukan informasi dari pihak lainnya yaitu Stakeholders sebagai pengguna jasa dari Alumni FE UNJ serta alumni nya sendiri. Hal ini dilakukan untuk menilai apakah proses dan kurikulum yang dipakai selama ini sudah bias memberikan hasil sesuai dengan Visi FE UNJ saat ini. Salah satu cara yang digunakan untuk memperoleh informasi dari Alumni dan stakeholders adalah dengan melakukan Tracer Study.

Tracer study terhadap alumni merupakan kegiatan akademis yang diharapkan mampu menyediakan informasi untuk memberikan hasil evaluasi pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Informasi ini digunakan untuk pengembangan lebih lanjut dalam menjamin mutu kualitas pendidikan. Dengan kegiatan tracer study ini diharapkan FE UNJ mendapatkan informasi kekurangan dalam pelaksanaan program studi dan apa saja yang harus dilakukan di masa yang akan datang. Untuk itu informasi keberhasilan para alumni dalam memperoleh pekerjaan sangat dibutuhkan. Demikian pula informasi terhadap pengetahuan dan keahlian yang relevan (hubungan antara pengetahuan dan keahlian dengan kebutuhan kerja, ruang lingkup pekerjaan, posisi professional). Para alumni diharapkan juga dapat memberikan penilaian kondisi dan ketentuan belajar yang mereka alami masa belajar dikaitkan dengan dunia kerja yang mereka hadapi. 

Tracer study adalah studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi (Schomburg, 2003). Istilah lain yang juga sering digunakan adalah “Graduate Surveys”, “Responden Researches”, dan “Follow-up Study”. Tracer study juga harus menyediakan informasi untuk kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi bersangkutan. Tracer study juga menyediakan informasi berharga mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja profesional, menilai relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi pemangku kepentingan (stakeholders), dan kelengkapan persyaratan bagi akreditasi pendidikan tinggi.

Manfaat tracer study tidaklah terbatas pada perguruan tinggi saja, tetapi  lebih jauh lagi dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan (link) antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia kerja.  Tracer study dapat menyajikan informasi mendalam dan rinci mengenai kecocokan/match kerja baik horisontal (antar berbagai bidang ilmu) maupun vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan). Dengan demikian, tracer study dapat ikut membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya.  Bagi universitas, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran.  Di sisi lain, dunia industri dan dunia kerja dapat melihat ke dalam instistusi pendidikan tinggi melalui tracer study, dan dengan demikian dapat menyiapkan diri dengan menyediakan pelatihan-pelatihan yang lebih relevan bagi sarjana pencari kerja baru.

Untuk itulah Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta setiap tahunnya melakukan Tracer Study dalam memenuhi tuntutan pasar khususnya tenaga kerja maupun untuk meningkatkan daya saing dalam perbaikan sistem pendidikan selama ini. Hal ini perlu disikapi dengan melakukan perubahan-perubahan baik dalam hal kecil maupun hal besar. Hal ini ditunjang dengan mewujudkan pendataan yang berkelanjutan, pemantauan dan evaluasi mutu lulusan demi mewujudkan lulusan Fakultas Ekonomi yang akuntabel.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: “Bagaimana penilaian alumni FE UNJ mengenai penyelenggaraan program, relevansi antara kurikulum dengan kebutuhan di lapangan, mengenai mutu layanan program, waktu tunggu kerja dan penilaian stakeholders atas kinerja alumni?.

C. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:

  1. Penyelenggaraan Program yang ada di Fakultas Ekonomi UNJ selama para alumni studi.
  2. Relevansi antara kurikulum dengan kebutuhan di lapangan.
  3. Mutu Layanan Program yang ada di Fakultas Ekonomi UNJ selama alumni studi.
  4. Kepuasan stakeholders atas kinerja alumni.
  5. Masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan.

 D. Manfaat

  1. Bagi Program studi

          Program Studi mengetahui jumlah alumni yang sudah bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikan dan mengevaluasi relevansi

          kurikulum yang sudah ada untuk meningkatkan kualitas layanan Fakultas Ekonomi UNJ.

  1. Bagi Mahasiswa/alumni

          Mahasiswa memperoleh layanan informasi lowongan pekerjaan dan dapat memberikan masukan pada program studi mengenai kurikulum dan proses pendidikan pada Fakultas Ekonomi UNJ.

  1. Bagi Stakeholders

          Stakeholders dapat memberikan masukan pada program studi dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan keterampilan mahasiswa sehingga lebih siap untuk memasuki dunia kerja dan kualitas pembelajaran pun semakin meningkat.

E. Kontribusi Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi:

  1. Ilmu Pengetahuan, memperkaya pemahaman mengenai tracer study.
  2. Lembaga, dalam hal ini adalah:
  3. sebagai bahan masukan dalam rangka penyusunan kebijakan pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan dan kualitas pelayanan di FE UNJ.

sebagai upaya meningkatkan kesiapan lulusan dalam penyediaan tenaga kerja siap kerja, guna memenuhi permintaan pasar kerja sebagai tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan didunia industri/user.

Adapun laporan lengkap Tracer Study FE UNJ Tahun 2018, dapat dilihat pada tautan berikut: 

DOWNLOAD LAPORAN TRACER STUDI TAHUN 2018

Tahun 2019

Tracer Study Tahun 2019

Tahun 2020

Tracer Study Tahun 2020

Tahun 2021

Data Tracer Study Lulusan Fakultas Ekonomi UNJ Tahun 2021

Statistik Alumni FE UNJ Tahun 2021