“Workshop Kolaborasi Riset 4 Negeri sebagai Rangkaian Kegiatan OLOS (One Lecture One Scopus) Antara FE UNJ, FE UNNES, FPEB UPI, dan FEB UNY Tahun 2023”

OLOS (One Lecturer One Scopus) adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan indikator kinerja utama Fakultas terutama berkaitan dengan Luaran Penelitian yang mendapat rekognisi internasional atau digunakan oleh industri/masyarakat/pemerintah, dengan melakukan pelatihan OLOS. Kegiatan OLOS bertujuan untuk membudayakan penulisan artikel ilmiah dengan target luaran penelitian di jurnal internasional bereputasi (terindeks SCOPUS dll) kepada setiap Dosen FE UNJ. Selain itu mampu untuk Menciptakan dan meningkatkan produktivitas dosen dan fakultas, memperat persahabatan antar fakultas ekonomi di bawah naungan LPTK khususnya antara FE UNJ, FE UNNES, FPEB UPI, dan FEB UNY, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi pada konferensi dengan prosiding dan/atau jurnal terindeks Scopus. Workshop kolaborasi riset 4 negeri sebagai rangkaian kegiatan OLOS (One Lecturer One Scopus) bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta. Berdasarkan latar belakang diatas maka dianggap perlu menyelenggarakan kegiatan Workshop kolaborasi riset 4 negeri Sebagai Rangkaian Kegiatan OLOS (One Lecturer One Scopus) bekerjasama dengan FE UNNES, FPEB UPI, dan FEB UNY.

 

Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan indikator kinerja utama Fakultas terutama berkaitan dengan Luaran Penelitian yang terpublikasi di Jurnal Internasional terindeks Scopus. Secara khusus kegiatan ini juga bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat dalan rangka mencapai target luaran penelitian di jurnal internasional bereputasi terindeks scopus.

 

Kegiatan ini diawali sambutan dan pembukaan oleh Plt Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yakni Prof. Heri Yanto, M.B.A., Ph.D, selanjutnya secara berurutan sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yaitu Prof. Dr. Ari Saptono,SE.,M.Pd, Dekan Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta yang diwakili oleh Wakil Dekan I. Pada sambutannya Dekan FE UNNES menyampaikan kegiatan kolaborasi yang telah dilaksanakan selama beberapa tahun terakhir secara signifikan meningkatkan jumlah publikasi dosen dan fakultas. Sementara Dekan FE UNJ menambahkan dalam sambutannya, kegiatan kolaborasi riset yang telah dilakukan selain dapat meningkatkan jumlah publikasi, juga meningkatkan jumlah guru besar di FE, selanjutnya kegiatan kolaborasi riset ini juga penting untuk mendukung raihan indika pentingnya kolaborasi riset antar perguruan tinggi guna meningkatkan raihan indikator kinerja utama Fakultas dan mendukung kegiatan akreditasi. Pada kegiatan ini terdapat dua narasumber yaitu Prof. Usep Suhud, M.Si., Ph.D., dari FE UNJ dan Prof. Dr. Disman, M.S, dari UPI, setelah kegiatan pembukaan dan sambutan dilaksanakan, kemudian dilanjutkan dengan
4 pemaparan materi tentang menyederhanakan riset dengan menggunakan studi empiris, yang disampaikan oleh Prof. Usep Suhud, M.Si., Ph.D., dan dilanjutkan materi tentang riset metodologi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Disman, M.S, Kemudian dilanjutkan diskusi kelompok dan mentoring, serta penetapan Host OLOS tahun 2024. Kegiatan diakhiri dengan penutupan oleh para pimpinan fakultas dari empat negeri.

 

 

Lampiran :

  1. Undangan Kegiatan “Workshop Kolaborasi Riset 4 Negeri sebagai Rangkaian Kegiatan OLOS (One Lecture One Scopus) Antara FE UNJ, FE UNNES, FPEB UPI, dan FEB UNY Tahun 2023”.
  2. Laporan Kegiatan “Workshop Kolaborasi Riset 4 Negeri sebagai Rangkaian Kegiatan OLOS (One Lecture One Scopus) Antara FE UNJ, FE UNNES, FPEB UPI, dan FEB UNY Tahun 2023”.

 

 

Dokumentasi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *