Program Studi S-2 Magister Akuntansi

Program studi Magister Akuntansi Universitas Negeri Jakarta berdiri pada 22 April 2021, berdasarkan SK kemendikbud No. 177/E/O/2021 tentang Ijin Pembukaan Program Studi Akuntansi Program Magister Universitas Negeri Jakarta di Jakarta.
Email: magister.akuntansi[at]unj.ac.id

1. Visi

Menjadi center of excellence pembelajaran dan pengembangan sumberdaya manusia yang profesional di bidang akuntansi, berwawasan global serta mampu menjawab tantangan masa depan.

2. Misi

Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi dengan ditopang kualitas bisnis proses yang baik dalam menciptakan sumber daya manusia yang kompeten di bidang akuntansi, professional dan relevan dengan tantangan di masa depan.

3. Motto

Influencing organizations and creating the leaders of tomorrow

4. Tujuan Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang adaptif terhadap perkembangan dunia bisnis lokal maupun global
  2. Membekali lulusan dengan pengetahuan dan ketrampilan di bidang akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan industri dan standar organisasi profesi
  3. Menyelenggarakan sistem pendidikan yang berkualitas dan berstandar internasional
  4. Menghadirkan lulusan akuntansi yang beretika, berintegritas dan berkomitmen tinggi terhadap kemajuan dunia bisnis dan akuntansi di masa depan
  5. Mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang akuntansi

5. Keunggulan Program Studi

  1. Mata kuliah konsentrasi dimaksudkan untuk mempersiapkan keikutsertaan sertifikasi sesuai dengan bidang peminatan seperti CPA (Certified Public Accounting), CIA (Certified Internal Auditor), CMA (Certified Management Accountant), CFP (Certified Financial Planner) dan CA (Chartered Accountant)
  2. Mata kuliah di konsentrasi akuntansi manajemen ada analisis bisnis stratejik; stratejik manajemen biaya; manajemen kinerja dan pelaporan yang juga sebagai mata kuliah sertifikasi Certified of Management Accounting (CMA) di mana ke depannya program studi Magister Akuntansi UNJ dapat melakukan kerja sama sehingga mahasiswa memiliki sertifikasi internasional.
  3. Mata kuliah pada Konsentrasi Auditing yang ditawarkan oleh program studi Magister Akuntansi dirancang ke arah digital auditing.
  4. Mata kuliah konsentrasi yang ditawarkan oleh program studi Magister Akuntansi disusun dengan menyesuaikan akan kebutuhan partner.
  5. Terkait dengan masalah cost, maka kami menggunakan strategi penetrasi pasar bersaing dari sisi harga dengan tetap memperhatikan komitmen pada mutu.
  6. Mata Kuliah Seminar pada semester III menjadi salah satu mata kuliah yang memungkinkan mahasiswa mempercepat penulisan tesis sehingga meningkatkan ketepatwaktuan kelulusan.

6. Profil Lulusan

  1. Eksekutif Keuangan
  2. Akuntan Pemerintah
  3. Auditor
  4. Analis Keuangan
  5. Konsultan Akuntansi dan Perpajakan
  6. Akuntan Pendidik

7. Gelar Lulusan

Magister Akuntansi (M.Ak.)

8. Ijin Pendirian Program Studi

Program studi Magister Akuntansi merupakan program studi yang berdiri berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor  177/E/O/2021 tentang Ijin Pembukaan Program Studi Akuntansi Program Magister Universitas Negeri Jakarta tanggal 22 April 2021.

9. Konsentrasi/Peminatan

  1. Akuntansi Publik
  2. Auditing
  3. Akuntansi Keuangan.
  4. Akuntansi Manajemen

10. Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum pada program Magister Akuntansi Universitas Negeri Jakarta disusun dengan berpedoman pada Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 9 Tahun 2012 Tentang KKNI level 8 (Jenjang S2) dan Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang SNPT serta Lampiran Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Program studi Magister Akuntansi menerapkan kurikulum berbasis KKNI dan dalam pelaksanaan proses pembelajaran mengembangkan kururikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Jumlah SKS yang ditempuh sebanyak 41 SKS dengan lama studi 4 semester yang terdiri dari semester  1 dan 2 untuk mata kuliah wajib dan semester 3 dan 4 untuk mata kuliah konsentrasi/peminatan, seminar dan karya akhir.

11. Metode Penilaian

Penilaian Mata Kuliah dilakukan melalui penilaian proses pembelajaran yang meliputi evaluasi berupa kuis, partisipasi, penugasan, ujian tengah semester, ujian akhir semester dan proyek.

 12. Dosen Magister Akuntansi

 13. Sebaran Mata Kuliah