LAPORAN TRACER STUDI FE UNJ

TAHUN 2017

 

A. Latar Belakang Masalah

Salah satu indikator dari sistem pendidikan yang baik adalah adanya kualitas output yang terukur dari pendidikan itu sendiri. Hal-hal yang dapat diukur dalam menentukan kualitas output yang disini difokuskan pada alumni diantaranya yaitu pencapaian, kompetensi, persebaran problem yang dihadapi, respon pengguna, akselerasi karier, serta hal-hal lain yang mencakup baik mengenai kesesuaian maupun ketidaksesuaian pencapaian antara kualitas alumni dengan kualitas yang diharapkan oleh perguruan tinggi. Sistem pendidikan yang baik memiliki alur sistem berbentuk circlye system dimana tanggung jawab perguruan tinggi terhadap mahasiswa tidak berakhir pada saat kelulusan tetapi juga terkait keberlanjutan dari karier alumninya agar mereka lebih siap berkarya di tengah masyarakat.

Pencapaian kualitas alumni yang sesuai dengan tujuan dari setiap perguruan tinggi bisa dilihat hasilnya apabila perguruan tinggi tersebut melakukan evaluasi-evaluasi terhadap kualitas dari kurikulum yang diterapkan kepada para alumninya. Untuk itu setiap perguruan tinggi diharapkan selalu melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang diterapkan agar dapat mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan yang diharapkan kepada para alumni untuk bekal mereka meniti karier setelah lulus dari perguruan tinggi tersebut. Evaluasi tersebut dapat berupa studi pelacakan alumni (Tracer study) yang dilakukan secara berkala.

Tracer study harus dilaksanakan dengan penuh komitmen dan kapabilitas oleh perguruan tinggi agar tracer study yang dijalankan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan tinggi baik bagi perguruan tinggi pelaksana maupun bagi pembangunan pendidikan tinggi nasional. Oleh karena itu pemahaman mengenai aspek manajemen dan riset dari tracer study merupakan faktor penentu keberhasilan pelaksanaan tracer study. (http://tracerstudy.dikti.go.id/)

Tracer study adalah studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi (Schomburg, 2003). Istilah lain yang juga sering digunakan adalah “Graduate Surveys”, “Responden Researches”, dan “Follow-up Study”. Tracer study juga harus menyediakan informasi untuk kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi bersangkutan. Tracer study juga menyediakan informasi berharga mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja profesional, menilai relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi pemangku kepentingan (stakeholders), dan kelengkapan persyaratan bagi akreditasi pendidikan tinggi.

Manfaat tracer study tidaklah terbatas pada perguruan tinggi saja, tetapi  lebih jauh lagi dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan (link) antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia kerja.  Tracer study dapat menyajikan informasi mendalam dan rinci mengenai kecocokan/match kerja baik horisontal (antar berbagai bidang ilmu) maupun vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan). Dengan demikian, tracer study dapat ikut membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya.  Bagi universitas, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran.  Di sisi lain, dunia industri dan dunia kerja dapat melihat ke dalam instistusi pendidikan tinggi melalui tracer study, dan dengan demikian dapat menyiapkan diri dengan menyediakan pelatihan-pelatihan yang lebih relevan bagi sarjana pencari kerja baru.

Untuk itulah Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta setiap tahunnya melakukan Tracer Study dalam memenuhi tuntutan pasar khususnya tenaga kerja maupun untuk meningkatkan daya saing dalam perbaikan sistem pendidikan selama ini. Hal ini perlu disikapi dengan melakukan perubahan-perubahan baik dalam hal kecil maupun hal besar. Hal ini ditunjang dengan mewujudkan pendataan yang berkelanjutan, pemantauan dan evaluasi mutu lulusan demi mewujudkan lulusan Fakultas Ekonomi yang akuntabel.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: “Bagaimana penilaian alumni FE UNJ mengenai penyelenggaraan program, relevansi antara kurikulum dengan kebutuhan di lapangan, mengenai mutu layanan program, waktu tunggu kerja dan penilaian stakeholders atas kinerja alumni?

 

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:

  1. Untuk mengidentifikasi kompetensi lulusan FE UNJ berdasarkan profil lulusan tentang waktu tunggu bekerja, kesesuaian bidang pekerjaan dan gaji awal dan kinerja lulusan.
  2. Untuk mengetahui kompetensi yang diperlukan guna menunjang tersedianya tenaga kerja siap pakai.
  3. Untuk mengetahui relevansi antara kurikulum dengan kebutuhan di lapangan.
  4. Untuk mengetahui mutu Layanan Program yang ada di Fakultas Ekonomi UNJ selama alumni studi.
  5. Kepuasan stakeholders atas kinerja alumni.
  6. Masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan.

D. Manfaat Penelitian    

1. Bagi Program Studi

Program Studi mengetahui jumlah alumni yang sudah bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikan dan mengevaluasi relevansi kurikulum yang sudah ada untuk meningkatkan kualitas layanan Fakultas Ekonomi UNJ.

2. Bagi Mahasiswa/alumni

    Mahasiswa memperoleh layanan informasi lowongan pekerjaan dan dapat memberikan masukan pada program studi mengenai kurikulum dan proses pendidikan pada Fakultas Ekonomi UNJ.

3. Bagi Stakeholders

    Stakeholders dapat memberikan masukan pada program studi dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan keterampilan mahasiswa sehingga lebih siap untuk memasuki dunia kerja dan kualitas pembelajaran pun semakin meningkat.

E. Kontribusi Penelitian

          Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi:

  1. Ilmu Pengetahuan, memperkaya pemahaman mengenai tracer study.
  2. Lembaga, dalam hal ini adalah:
  3. sebagai bahan masukan dalam rangka penyusunan kebijakan pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan dan kualitas pelayanan di FE UNJ.
  4. sebagai upaya meningkatkan kesiapan lulusan dalam penyediaan tenaga kerja siap kerja, guna memenuhi permintaan pasar kerja sebagai tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan didunia industri/user. 

Adapun laporan lengkap Tracer Study FE UNJ Tahun 2017, dapat diliha pada tautan berikut:   DOWNLOAD LAPORAN TRACER STUDI TAHUN 2017