LAPORAN TRACER STUDI FE UNJ

TAHUN 2015

 

 A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan tinggi di Indonesia merupakan tahap pendidikan formal terakhir yang siap mendidik dan mempersiapkan seseorang untuk menjadi pelaku professional dalam bidang keahlian tertentu yang diperlukan oleh dunia kerja.Dunia pendidikan tinggi dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini ditandai dengan semakin banyak dibuka program studi baru oleh universitas maupun institut yang ada di Indonesia. Berdasarkan data per tanggal 7 Oktober 2013 diketahui bahwa di wilayah Kopertis III Jakarta saja terdapat 50 Universitas swasta, 12 institut, 141 sekolah tinggi, 132 akademi dan 8 politeknik.

 

Pendidikan tinggi juga merupakan pendidikan yang berada di garis depan dalam menghadapi perubahan lingkungan. Perubahan lingkungan perlu diakomodir oleh perguruan tinggi agar perguruan tinggi tetap mampu berperan sebagai penyedia intellectual asset bagi penggunanya (user).  Perubahan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) menjadi Universitas pada 4 Agustus 1999 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 93 tahun 1999, hakikatnya bukan merupakan perubahan/perkembangan karena inisiatif dan dinamika internal sivitas akademika, merupakan bagian dari kebijaksanaan nasional dalam mengembangkan Sistem Pendidikan Nasional dan perubahan yang terjadi karena tuntutan pasar kerja yang sudah semakin tinggi.

 

Sebagai dampak globalisasi, pendidikan tinggi saat ini dituntut untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan masyarakat.Karena itu Universitas Negeri Jakarta (UNJ), sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, juga dituntut untuk mampu memberikan pelayanan pendidikan berkualitas.  Selain perubahan IKIP Jakarta menjadi UNJ, tuntutan akan pelayanan pendidikan berkualitas disikapi dengan lahirnya Fakultas Ekonomi (FE) UNJ yang sebelumnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Sosial UNJ.

 

FE UNJ perlu menyadari tuntutan pasar tenaga kerja yang semakin tinggi dan peningkatan persaingan tenaga kerja yang semakin ketat.Hal ini perlu disikapi dengan melakukan perubahan-perubahan secara terus menerus (continous improvement) dalam menjalankan sistem organisasi (input-proses-output).Daya saing lulusan FE UNJ sangat ditentukan oleh kompetensi yang dimilikinya.Terkait dengan kompetensi lulusan, perubahan terus menerus perlu dilakukan di bidang akademik khususnya.

 

Seiring dengan meningkatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas maka perubahan dalam hal pelayanan kemahasiswaan menuju ke arah yang lebih baik pun harus ditingkatkan agar FE UNJ dapat memberikan yang terbaik untuk mahasiswa. Ketika mahasiswa merasakan pelayanan pendidikan dan kemahasiswaan yang baik berimbas kepada adanya perubahan perilaku dan peningkatan kompetensi mereka. Upaya memberikan pelayanan pendidikan dan pelayanan kemahasiswaan yang berkualitas bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan sehingga memiliki daya saing dan cepat diserap dunia kerja.Lulusan yang berkualitas dapat dilihat dari relevansi antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan penggunanya.Salah satu tahapan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan penggunanya adalah studi jejak rekam (Tracer Study). Hal ini juga ditunjang dengan  mewujudkan pendataan yang berkelanjutan, pemantauan dan evaluasi mutu lulusan, peningkatan daya saing lulusan serta mewujudkan lulusan Fakultas Ekonomi yang akuntabel.

 

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang penelitian diatas dirumuskan masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana kompetensi lulusan FE UNJ berdasarkan profil lulusan tentang waktu tunggu bekerja, kesesuaian bidang pekerjaan dan gaji awal dan kinerja lulusan.
  2. Bagaimana kompetensi yang diperlukan guna menunjang tersedianya tenaga kerja yang siap pakai.
  3. Bagaimana layanan kemahasiswaan civitas akademika FE UNJ terhadap lulusan FE UNJ selama menjadi mahasiswa

 

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini adalah

  1. Untuk mengidentifikasi kompetensi lulusan FE UNJ berdasarkan profil lulusan tentang waktu tunggu bekerja, kesesuaian bidang pekerjaan dan gaji awal dan kinerja lulusan.
  2. Untuk mengetahui kompetensi yang diperlukan guna menunjang tersedianya tenaga kerja yang siap pakai.
  3. Untuk mengetahui layanan kemahasiswaan civitas akademika FE UNJ terhadap lulusan FE UNJ selama menjadi mahasiswa .

 

 D. Kontribusi Penelitian

 Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi:

  1. Ilmu Pengetahuan, memperkaya pemahaman mengenai tracer study.
  2. Lembaga, dalam hal ini adalah:

          a. sebagai bahan masukan dalam rangka penyusunan kebijakan pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan dan kualitas

              pelayanan di FE UNJ.

          b. sebagai upaya meningkatkan kesiapan lulusan dalam penyediaan tenaga kerja siap kerja, guna memenuhi permintaan pasar kerja

             sebagai tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan didunia industri/user.

 

Adapun laporan lengkap Tracer Study FE UNJ Tahun 2015, dapat dilihat pada tautan berikut:

DOWNLOAD TRACER STUDY FAKULTAS EKONOMI 2015