Monitoring dan Evaluasi Hari Pertama Perkuliahan Semester 110

 

Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (GPjM FE UNJ) kembali bertugas pada masa ini. Monitoring dan Evaluasi (MONEV) atau biasa disebut sidak yang dilakukan oleh GPjM untuk memastikan bahwa para dosen menghadiri hari pertama perkuliahan dimulai. Hari pertama perkuliahan semester 110 jatuh pada hari Jumat, 1 Maret 2019. Hari tersebut merupakan hari yang wajib untuk GPjM FE menjalankan tugasnya. Sidak yang dilakukan dimulai dari gedung N Fakultas Ekonomi dipimpin oleh Koordinator GPjM FE yaitu Pak Agus Wibowo,S.Pd.I,M.Pd serta didampingi oleh dua orang staf dari Lembaga Pers Mahasiswa EconoChannel FE UNJ.

 

Kondisi perkuliahan di gedung N hanya 30% yang tidak menghadiri perkuliahan awal semester, dengan tingkat sebaliknya yaitu 70% dosen menghadiri awal perkuliahan pada pukul 08.00 WIB dengan tepat waktu. Sebagian besar penanggung jawab mata kuliah pada jam tersebut mengatakan bahwa ketidakhadiran dosen pada hari pertama masuk kuliah dikarenakan masih harus menghadiri kegiatan lain sehingga kemungkinan perkuliahan akan dimulai pada pekan depan.

 

Tidak berhenti pada gedung N saja, monev atau sidak kembali dilanjutkan ke Gedung R.A. Kartini yang sebagian digunakan mahasiswa fakultas ekonomi sebagai tempat perkuliahan. Monev pada Gedung R.A. Kartini banyak ditemukan ruang kelas yang tengah diisi oleh mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dari berbagai prodi. Banyak dari kalangan mahasiswa baru yang terkejut atas hadirnya GPjM pada saat jam perkuliahan. “GPjM hanya memantau dosen yang tidak hadir ataupun hadir pada saat hari pertama masuk kuliah” jelas Agus Wibowo,S.Pd.I,M.Pd selaku Koordinator GPjM FE kepada mahasiswa baru FE UNJ.

 

Tidak hanya memasuki ruang kelas mahasiswa baru, monev pun memasuki ruang kelas yang diisi oleh mahasiswa berbagai tingkat semester, seperti pada kelas prodi Ekonomi Koperasi tingkat semester lima di ruang kelas GRK712. “Monev yang dilakukan oleh GPjM merupakan salah satu bukti dari baiknya mutu khususnya di Fakultas Ekonomi” ujar Dr. Sri Indah Nikensari,S.E,M.SE kepada mahasiswa prodi ekonomi koperasi yang tengah diajarnya.

 

Sama halnya dengan tingkat ketidakhadiran dosen di gedung N, Gedung R.A. Kartini pun memiliki 30% tingkat ketidakhadiran para dosen. Secara keseluruhan dari hasil monitoring dan evaluasi di gedung N dan Gedung R.A. Kartini hanya 75% dosen yang menghadiri perkuliahan awal semester pada pukul 08.00 WIB. “Hasil dari monev ini akan kami laporkan kepada Wakil Dekan yang kemudian akan diberi peringatan oleh kepala prodi dosen masing-masing” tandas Koordinator GPjM FE UNJ. (ss/asy)

Editor: salma

REKAP MONITORING HARI PERTAMA PERKULIAHAN SEMESTER 110 FE UNJ