CAREER DEVELOPMENT CENTER
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
Bagaimana membangun manusia paripurna?
HUMAN DEVELOPMENT
PlayPause
Shadow
Slider

Investasi Saham Bagian Dari Pendidikan Investasi

Investasi saham kian populer di tengah masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu aset dalam portofolio investasi, saham menawarkan potensi return yang cukup menjanjikan.

Ingin memulai perencanaan investasi? Investasi saham bisa menjadi salah satu alternatif. Terlebih saat ini, kebanyakan perusahaan sekuritas tidak lagi mematok jumlah yang besar untuk membuka tabungan saham. Hanya dengan setoran awal Rp 100.000 hingga Rp 5.000.000, Anda sudah bisa memiliki saham. Jika Anda membeli saham dari suatu perusahaan, berarti Anda ikut serta memiliki perusahaan tersebut. Sehingga Anda juga berhak menerima bagian dari keuntungan perusahaan yang dikenal sebagai dividen.

Pertanyaan berikut ini seringkali ditanyakan: “Apakah benar-benar menguntungkan dengan memiliki saham?” Jawabannya bisa iya dan bisa tidak. Jika Anda salah dalam memilih saham tentunya akan membuat Anda mengalami kerugian.

Karena itu, sebelum memutuskan, penting bagi Anda untuk mempelajari bagaimana memilih saham yang menguntungkan. Luangkan waktu untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dengan browsing Internet, membaca buku, hingga rajin bertanya dari berbagai sumber. Sebab memahami seluk beluk perusahaan yang tercatat di bursa efek, adalah kunci dari suksesnya investasi Anda.

Hanya saja, di tengah kemudahan mendapatkan akses informasi, masih banyak orang yang ragu dalam berinvestasi saham dengan alasan terlalu berisiko. Padahal bila seseorang memilih saham yang tepat, ditambah dengan kinerja perusahaan tersebut yang berjalan dengan baik, maka keuntungan yang dapat diraih akan cukup besar.

Saat akan memulai investasi saham, biasanya Anda akan diarahkan untuk membeli saham-saham unggulan (blue chip). Ini memang membutuhkan dana yang lebih besar, karena biasanya harganya relatif lebih tinggi. Namun, saham dari perusahaan yang sehat tentunya berprospek membawa keuntungan, dibandingkan dengan saham murah dari perusahaan yang tidak kondusif secara reputasi maupun finansial.

Lalu bagaimana cara memulainya? Yang pasti, Anda harus menghubungi beberapa perusahaan sekuritas yang juga merupakan Anggota Bursa Efek Indonesia. Bandingkanlah pelayanan dan biaya yang mereka tawarkan. Jika Anda telah memilih satu perusahaan Efek, maka Anda akan diminta untuk membuka rekening. Sebelum itu, Anda harus mempelajari berbagai informasi yang terdapat dalam dokumen pembukaan rekening. Di dalamnya tercantum hak dan kewajiban Anda selaku pemegang rekening tersebut. Jelaskan dengan jujur mengenai tujuan investasi Anda dan kondisi keuangan pribadi, serta pengalaman investasi jika Anda pernah menjalankan atau saat ini memiliki instrument investasi lainnya.

Sudah mantap untuk menjalankan investasi saham? PT Indo Premier Securities saat ini telah melayani ±25% dari seluruh investor saham di Indonesia dengan dukungan kehandalan teknologi dan menyediakan integrasi secara keseluruhan perdagangan efek (reksa dana, obligasi, saham).

Dengan mendaftar di website IPOTSTOCK, Anda akan terhubung ke sistem IPOTSTOCK yang menyediakan kenyamanan dalam berinvestasi di pasar saham. Dukungan fitur dan tools analisis yang komprehensif, seperti Advanced OrderBook, Order Center, Stock Screener, Chart & Data Comparison, Index Mover, Target Price Hi-Lo, Chat Room, Fasilitas Trading Limit, IPOT ATM (Auto Trading Machine), IPOT Notification, e-IPO dan ditambahkan dengan distribusi berita dan informasi riset secara berkala tentunya akan membantu kebutuhan nasabah dalam mengambil suatu keputusan keuangan (investasi).

Berita Terbaru

Lowongan Kerja Terbaru

Info Pengembangan Karir

About Us

Career Development Center (CDC) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarata (FE UNJ).

©2019 CDC FE UNJ. All Rights Reserved.

Search