Meskipun sudah banyak sistem bantuan dana dari pemerintah untuk program pendidikan, namun pendidikan masih tergolong mahal. Dengan demikian, merupakan suatu tugas bagi orangtua untuk menyiapkan tabungan atau dana untuk pendidikan anak-anaknya. Namun, masih banyak orangtua yang kebingungan mencari cara untuk dapat menabung demi pendidikan anaknya. Mari kita lihat bersama bagaimana sebaiknya Anda menyiapkan tabungan dan investasi pendidikan anak Anda.

 

 

 

Tabungan dan Investasi Pendidikan

Apakah Anda sudah mulai memikirkan tabungan untuk masa depan anak Anda? Jika belum, marilah mulai mempersiapkan tabungan dan investasi pendidikan baginya. Persiapan ini tidak dapat dilakukan dalam sekejap, sehingga sebaiknya Anda telah mempersiapkannya sejak dini. Terutama bagi Anda yang berencana untuk mengirim anak Anda untuk studi di luar negeri, tentunya persiapan Anda harus direncanakan secara matang. Melalui artikel berikut, Finansialku akan membantu Anda mempersiapkan tabungan dan investasi pendidikan buah hati Anda sejak dini.

Estimasi Dana Pendidikan yang Dibutuhkan

Banyak hal yang dapat menjadi faktor pembeda biaya pendidikan satu dan yang lainnya. Salah satunya adalah apakah Anda berencana untuk mengirim buah hati Anda untuk studi di luar negeri? Jika iya, maka jangan kaget jika Anda harus mempersiapkan dana miliaran rupiah, karena selain biaya pendidikan Anda juga harus mempertimbangkan biaya hidup mereka disana. Melihat besarnya biaya yang harus disediakan, idealnya dana pendidikan harus mulai direncanakan sejak anak tersebut lahir. Jika lebih cepat maka lebih baik. Selain itu, Anda juga perlu mencermati adanya faktor inflasi dalam investasi Anda. Karena biaya yang Anda perkirakan sekarang belum tentu sesuai dengan biaya yang sesungguhnya dibutuhkan saat si anak mulai bersekolah kelak. Masukkanlah estimasi persentase inflasi pada perencanaan dana pendidikan tersebut.

Kemudian perlu juga memikirkan mengenai kemungkinan pelemahan nilai tukar mata uang, sehingga Anda dapat memutuskan untuk berinvestasi dalam mata uang rupiah atau mata uang asing. Jika Anda memilih untuk menggunakan mata uang asing, pertimbangkan juga untuk membuka rekening pada bank yang memiliki akun internasional untuk memudahkan penarikan uang di Negara tempat anak Anda bersekolah.

 

Jenis Investasi yang Dapat Dipilih

Jika Anda hanya memiliki waktu singkat (<2 tahun) untuk menyiapkan dana pendidikan, disarankan untuk menggunakan valuta asing, seperti reksa dana pasar uang atau reksa dana pendapatan tetap. Namun jika Anda merencanakan investasi pendidikan jangka panjang, sebaiknya lakukan investasi dalam mata uang rupiah untuk menghindari kemungkinan pelemahan kurs. Pertimbangkan juga risiko dan segala hal kemungkinan yang akan terjadi. Kemudian jenis investasi seperti apakah yang sebaiknya dipilih? Berdasarkan jangka waktu investasinya, Anda dapat memilih jenis investasi seperti di bawah ini:

  • >5 tahun: reksa dana saham
  • Antara 3 hingga 5 tahun: reksa dana campuran
  • Antara 1 hingga 3 tahun: reksa dana pendapatan tetap
  • <1 tahun: reksadana pasar uang