Research Bootcamp

Research Bootcamp adalah kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh mahasiswa dan didedikasikan untuk mahasiswa yang akan/sedang menulis proposal penelitian dan tugas akhir (karya ilmiah, skripsi, atau tesis). Dalam Research Bootcamp ini, mahasiswa akan mempelajari keterampilan dasar meneliti dan penulisan karya ilmiah.
Berikut adalah rangkaian kegiatan Research Bootcamp:

(1) Training of Trainers (ToT) yang diikuti dosen-dosen.
(2) ToT pendalaman dan penyusunan materi pengajaran.
(3) ToT yang melibatkan mahasiswa voluntir sebagai Research Ambassador.
(4) Penyelenggaraan Research Bootcamp.
(5) Ujian.

SYARAT DAN KETENTUAN

Mahasiswa semester tiga (untuk S-2), semester delapan (untuk S-1), dan semester enam (untuk D-3) wajib mengikuti Research Bootcamp. Mahasiswa yang telah mendapat materi pelatihan dari tempat lain, boleh tidak mengikuti.

(1) Mahasiswa yang telah mengikuti Research Bootcamp atau telah menerima materi yang diberikan dari tempat lain, wajib mengikuti ujian keterampilan dasar meneliti dan penulisan karya   ilmiah.
(2) Mahasiswa yang telah lulus ujian Research Bootcamp, akan mendapat sertifikat untuk melengkapi syarat wajib pendaftaran seminar proposal dan sidang skripsi/tesis.
Berikut adalah materi yang diajarkan dalam Bootcamp:
(1) Advanced Microsoft Office.
(2) Akses jurnal nasional dan internasional.
(3) Penggunaan reference manager software.
(4) Menghindari Plagiarisme.

Kegiatan ToT dimulai sejak November dan Desember 2019. Sedangkan Research Bootcamp diadakan pada Januari dan Februari 2020.