Program Studi DIII Manajemen Pemasaran

  1. Visi Program Studi 

Menjadi salah satu program studi terbaik di Universitas Negeri Jakarta yang dapat menghasilkan tenaga manajerial tingkat madya di bidang pemasaran yang profesional dan terampil sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri yang mampu bersaing di era globalisasi dengan berasaskan Pancasila.

 

      2. Misi Program Studi

  1. Membentuk karakter lulusan yang memiliki tanggung jawab moral dan sosial yang tinggi, melalui penguasaan kurikulum formal dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  2. Memfasilitasi sivitas akademika dalam kegiatan memajukan pembangunan nasional dan otonomi daerah melalui kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Meningkatkan kompetensi dosen dan teknisi untuk meningkatkan daya saing institusi.
  4. Mengembangkan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan akademik dan kewirausahaan bagi stakeholder.
  5. Membangun jaringan kerjasama antar lembaga terkait dan dunia usaha sebagai mitra kampus yang saling menguntungkan.

 

  • Tujuan Program Studi
  1. Menghasilkan tenaga ahli madya yang terampil, kompeten dan profesional sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia usaha di bidang pemasaran.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia pemasaran yang profesional yang mampu melaksanakan tugas sebagai manajer pemasaran pada lembaga-lembaga bisnis.
  3. Memberikan pelayanan yang berkualitas bagi stakeholder program studi melalui penyediaan teknologi, manajemen, dan sistem informasi.

 

  • Capaian Pembelajaran Program Studi
  1. Mempunyai kepribadian yang berakhlak baik, bermoral tinggi, dewasa, luwes, sabar sehingga dapat menangani permasalahan pemasaran yang dengan cepat.
  2. Mampu menguasai materi pendidikan pemasaran yang mengacu pada kurikulum formal dan pengembangan IPTEK.
  3. Mampu menguasai aplikasi komputer, pengolahan data dan analisa data, sehingga dapat mempresentasikan dengan kreatif dan inovatif.
  4. Mampu mengidentifikasikan, menganalisa dan memperkirakan permintaan pasar.
  5. Mampu melakukan hubungan sosial secara efektif dengan pelanggan, sesama pekerja bidang pemasaran, atasan dan pihak terkait lainnya.
  6. Mampu menyelenggarakan kegiatan/event pemasaran dengan terkoordinasi rapi, fokus pada detail, dan berorientasi pelanggan.
  7. Mampu berkomunikasi dengan jelas dan sistematis dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris sehingga dapat melakukan presentasi di depan orang banyak.
  8. Memiliki pengetahuan bahasa Jepang dan bahasa Mandarin (minimal mengenal huruf kanji dan percakapan sehari-hari).

 

  • Gelar Lulusan

          Gelar yang diperoleh dari lulusan Program Studi Diploma III (D-III) Manajemen Pemasaran adalah Ahli Madya (A.Md.).

 

  • Akreditasi Program Studi

Program Studi Diploma III (D-III) Manajemen Pemasaran merupakan Program Non Kependidikan yang dibina oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Program ini diarahkan untuk menghasilkan tenaga manajerial tingkat Madya bidang Pemasaran yang professional sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Program Studi D-III Manajemen Pemasaran mendapat Akreditasi A berdasarkan surat Keputusan BAN-PT No. 031/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/I/2012, tanggal 6 Januari 2012. SK BAN-PT Nomor 31 dengan masa berlaku sampai dengan 6 Januari 2017.

 

  • Metode Penilaian

         Penilaian mata kuliah dilakukan penilaian proses, penugasan, ujian tengah semester, ujian akhir semester dan praktik. Sementara pemberian nilai hasil mahasiswa didasarkan pada kriteria sebagai berikut:

Standar Penilaian baru mulai 104

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Kurikulum

a. Struktur Kurikulum

 D3 MP0003

 

 

 

 

 

 b. Sebaran Mata Kuliah

KEL KODE NAMA MATA KULIAH SKS SEMESTER KET
1 2 3 4 5 6
MKU 0003-115-2 Pendidikan Agama 2            
(10 sks) 0003-100-2 Pendidikan Pancasila 2            
  0003-114-2 Bahasa Indonesia 2     √         
  0003-002-2 Bahasa Inggris 2            
  0003-106-2 Kewarganegaraan 2     √         
     Sub total  10              
MKDK 8223-053-3 Kepemimpinan 3          √    
(36 sks) 8003-002-3 Matematika Ekonomi 3            
  8223-069-3 Statistika Ekonomi 3            
  8003-009-3 Pengantar Manajemen 3 √             
  8003-007-3 Pengantar Akuntansi 3            
  8003-010-3 Pengantar Bisnis 3            
  8003-006-2 Pengantar Ilmu Ekonomi I 2            
  8003-007-2 Pengantar Ilmu Ekonomi II 2            
  8003-001-3 Praktek Kerja Lapangan (PKL) 3            
  8003-405-4 Karya Ilmiah 4            
  8003-411-1 Kuliah Kerja Lapangan (KKL) 1            
  8223-074-3 Pengantar Aplikasi Komputer 3            
  8003-001-3 Kewirausahaan 3            
      Sub total  36              
MKBK 8223-008-3 Manajemen Pemasaran I 3            
(32sks)  8223-013-3 Manajemen Pemasaran II 3            
  8203-004-3 Manajemen Keuangan 3            
  8203-001-3 Manajemen Sumber Daya Manusia 3            
  8223-045-3 Komunikasi Pemasaran 3            
  8223-021-3 Perilaku Konsumen 3            
  8223-037-3 Metode Penulisan Karya ilmiah 3            
  8223-075-3  Riset Pemasaran 3            
  8223-052-2 E-Commerce 2        √      
  8223-023-3 Manajemen Penjualan 3            
  8003-022-3 Manajemen Pemasaran Jasa 3            
      Sub total  32              
MKP 8223-047-3 Bahasa Mandarin  3 √             
(35 sks) 8223-051-3 Bahasa Jepang  3            
  8223-050-3 Bahasa Inggris Bisnis  3   √           
  8223-018-2 Etika Bisnis  2      √        
  8223-011-3 Perpajakan  3            
  8223-007-2 Bank dan Lembaga Keuangan  2            
  8223-048-3 Hukum Bisnis  3            
  8223-019-2 Sistem Informasi Manajemen  2            
  8223-055-3 Pemasaran Jaringan  3            
  8223-024-2 Bisnis Retail  2            
  8223-025-3 Desain Grafis*  3            
  8223-029-3 Pemasaran Asuransi*  3            
  8223-067-3 Pemasaran Perhotelan*  3            
  8223-054-3 Airline and Traveling* 3            
  8223-027-3 Marketing Public Relation* 3            
  8223-028-3 Perbankan Syariah* 3            
      Sub total  35              
    Total 113 21 22 22 22 22 4  

*) Mata Kuliah Pilihan wajib mengambil 3 dari 6 mata kuliah yang ditawarkan