Press Release Program BI Mengajar 2020

Press Release Program BI Mengajar 2020

Pada hari Senin, 10 Agustus 2020 Fakultas Ekonomi dan Bank Indonesia telah sukses melaksanakan program BI Mengajar 2020 yang diselenggarakan secara virtual menggunakan Zoom. Program BI Mengajar dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 dan Ulang Tahun Bank Indonesia yang ke-65. Tema program BI Mengajar 2020 adalah “Peran Bank Indonesia Sebagai Bank Sentral dalam Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan untuk Indonesia Maju”. Tema kali ini diharapkan dapat menambah pemahaman bagi masyarakat Indonesia tentang peran Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dalam digitalisasi ekonomi dan keuangan untuk mendukung Indonesia Maju.

Acara terlaksana dengan begitu baik dan para peserta terlihat antusias dalam mengikuti webinar BI Mengajar 2020. Hal ini terbukti dari jumlah peserta yang mendaftar yang mencapai lebih dari 800 orang dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia serta luar negeri. Fakultas Ekonomi dan Bank Indonesia tentunya ingin memberikan persembahan webinar BI Mengajar 2020 terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Acara BI Mengajar 2020 ini dibuka oleh MC (Destria Kurnianti,SE, M.Sc, Dosen Fakultas Ekonomi). Setelah pembukaan oleh MC (Destria Kurnianti,SE, M.Sc, Dosen Fakultas Ekonomi), pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Achmad Fauzi, S.Pd, M.Ak, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya Dekan Fakultas Ekonomi Bapak Dr. Ari Saptono, SE., M.Pd menyampaikan sambutan serta mengucapkan terima kasih kepada pihak Bank Indonesia yang telah mau berkolaborasi bersama Fakultas Eknomi untuk melaksanakan program BI Mengajar 2020 di Universitas Negeri Jakarta. Setelah itu dilanjutkan dengan pengenalan moderator dengan membacakan CV yang dibacakan oleh MC.

Acara dilanjutkan dengan memperkenalkan dan membacakan CV pembicara yang dibacakan oleh Bapak Prof. Dr. Harya Kuncara, S.E, M.Si selaku moderator. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi pembicara yang disampaikan oleh Ibu Aida S. Budiman, Ir., MA, Ph.D selaku Asisten Gubernur Bank Indonesia.

Sesi pemaparan materi ini merupakan sesi penting yang ditunggu oleh para peserta. Dalam sesinya, Ibu Aida S. Budiman, Ir., MA, Ph.D menjelaskan bahwa Bank Indonesia akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia tentang digitalisasi ekonomi dan keuangan dalam mendukung Indonesia Maju.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab menggunakan sli.do yang dipandu oleh moderator. Setelah itu moderator menyimpulkan penyampaian materi yang telah disampaikan oleh Ibu Aida S. Budiman, Ir., MA, Ph.D.

Acara dilanjutkan dengan pemberitahuan informasi seputar post test, pengisian presensi dan evaluasi serta e-sertifikat yang dipandu oleh MC. Setelah itu  acara ditutup dengan foto bersama antara panitia Fakultas Ekonomi, Pihak Bank Indonesia dan para peserta yang bergabung dalam Zoom meeting.

Untuk kedepannya diharapkan akan lebih banyak acara serupa yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dalam rangka menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa dan akademi mengenai kebanksentralan.