Keseruan Mahasiswa FE UNJ dalam Acara Ngobrol Bareng Alumni secara Daring

Keseruan Mahasiswa FE UNJ dalam Acara Ngobrol Bareng Alumni secara Daring

Sabtu, 16 Mei 2020 telah diselenggarakan acara “Ngobrol Bareng Alumni” yang diadakan oleh Career Development Center (CDC) FE UNJ. Ketua Pelaksana acara ini adalah Ika Febrilia, SE., MM, beliau merupakan Dosen Prodi S1 Manajemen sekaligus Kepala Lab. Pengembangan Karier (Career Development Center) FE UNJ. Acara yang diselenggarakan oleh CDC ini, mampu menghadirkan ratusan peserta di setiap sesinya.

Foto : Ika Febrilia, SE., MM Foto oleh : Fenadya

Foto : Ika Febrilia, SE., MM Foto oleh : Fenadya

“Tujuan acara ini sederhana, untuk memberikan motivasi kepada para mahasiswa bahwa jika mereka punya semangat yang tinggi, maka mereka juga akan bisa sesukses kakak tingkat mereka yang sekarang sudah menjadi alumni,” ujar Ika Febrilia, S.E., MM,  “CDC tidak hanya mengadakan acara Ngobrol Bareng Alumni ini saja, tapi juga seminar lainnya seperti Super Keeper, CEO Goes to Campus, dan lain sebagainya. Ngobrol Bareng Alumni ini pada dasarnya adalah kelanjutan dari acara Alumni Week yang pernah diadakan CDC tahun lalu. Jadi, sharing dan ngobrol dengan alumni akan dijadikan agenda rutin setiap tahun. Ngobrol Bareng Alumni mendapat dukungan baik dari Bapak WD III, Pak Indra Pahala, terkait penggunaan platform Zoom,” lanjut Ika.

Ngobrol Bareng Alumni diselenggarakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara ini diselenggarakan dengan tiga sesi, yaitu pemaparan dari Praodi Manajemen pada sesi pertama, lalu dilanjut dengan Prodi Akuntansi, dan sesi terakhir Prodi Ekonomi dan Administrasi.

Foto : Ripa Lestari, S.E, CSA Foto Oleh : Fenadya

Sesi pertama diselenggarakan pada pukul 10.00-11.30 WIB, sesi ini diisi oleh Prodi Manajemen dengan pembicara Ripa Lestari, S.E, CSA, yang merupakan alumni dari Manajemen FE UNJ angkatan 2015. Pembicara pada Prodi Manajemen ini juga merupakan Investment Management Department di Percetakan Uang Republik Indonesia. Acara pada sesi pertama ini dipandu oleh Novan Yonatan Seilatu selaku moderator. Acara Ngobrol Bareng Alumni Manajemen ini mengangkat tema “Creating a Warrior Mindset”.

Foto : Mahasiswa Manajemen Foto Oleh : Fenadya

“Mencapai kesuksesan yang pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu tujuan kita dalam melakukan sesuatu. Dalam mencapai tujuan tersebut, pastinya kita akan menemui berbagai permasalahan yang terjadi, itulah mengapa kita harus mengembangkan a warrior mindset tersebut,” ujar Ripa, “tujuan saya mengangkat tema ini agar mahasiswa menciptakan pola pikir seorang pejuang dalam kondisi apapun, baik dalam sistem belajar di kampus, mulai melangkah mencari pekerjaan dan sampai pada akhirnya sudah bekerja pun harus punya mental seorang pejuang” lanjutnya.

Setelah sesi pemaparan dari Prodi Manajemen, acara dilanjut oleh Prodi Akuntansi pada pukul 13.00-14.30 WIB. Pada sesi kedua ini, acara diisi oleh Ferly Ferdyant, S.E., MBA, yang merupakan alumni dari Akuntansi FE UNJ angkatan 2014 dan melanjutkan pendidikan di UGM dengan mengambil jurusan Master of Business Administration (MBA) in Finance pada tahun 2018-2019 dan acara pada sesi ini dipandu oleh Novan Yonatan Seilatu selaku moderator. Acara pada sesi kedua mengangkat tema “Membangun Karir Akuntan Profesional”. Ferly Ferdyant mengatakan bahwa Akuntan merupakan profesi yang unik. Ia juga memberikan kiat-kiat mempersiapkan diri menjadi Akuntan Profesional, karena di Indonesia saat ini masih kekurangan Akuntan Profesional.

Foto : Ferly Ferdyant, S.E., MBA Foto Oleh : Anis

“Harapan saya sebagai pemateri, semoga materi kemarin bisa bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas teman-teman mahasiswa. Dan teman-teman bisa sedini mungkin mempersiapkan diri membangun career plan sebelum lulus. Serta untuk CDC semoga materi terkait career development ini bisa terus berkelanjutan ke depannya,” ujar Ferly.

Foto : Puja Prasetia, S.Pd, M.Si Foto Oleh : Nabila

Pada pukul 15.30-17.00 WIB acara tiba di sesi  terakhir, yaitu pemaparan dari Prodi Ekonomi dan Administrasi yang diisi oleh Puja Prasetia, S.Pd, M.Si, beliau merupakan alumni Ekonomi dan Administrasi Fakultas Ekonomi angkatan 2010. Saat ini, beliau bekerja di salah satu lembaga nonprofit yaitu Yayasan Pendidikan Astra. Sesi terakhir ini mengangkat tema “Temukan Peluang Kariermu”. Puja memberikan inspirasi terkait cara menentukan peluang karier sekaligus memberikan tips dan trik menentukan karier agar siap bekerja.

“Kenali pilihan kalian, apakah mau jadi guru atau karyawan kantoran? Dan sesuaikan atau sinkronkan dengan diri kalian, sehingga kalian menjalankannya sesuai passion kalian, sehingga dalam menjalani karier, kalian menikmati dan bisa lebih produktif, dan tentukan visi kalian dengan catatan visi harus realistis, terukur, dan dapat dicapai” pesan Puja kepada mahasiswa.

Foto : Mahasiswa Ekonomi & Administrasi Foto oleh : Nabila

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara peserta dan pembicara. Antusiasme peserta besar sekali. Setelah itu, ada pengundian doorprize, sesi foto bersama, pengumuman untuk pemberian e-certificate, dan closing statement dari pembicara. (SFI/MSA)