Meriahnya Acara Economics Expo 2020 Secara Daring

Meriahnya Acara Economics Expo 2020 Secara Daring

Sabtu, 2 Mei 2020 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) berusia 15 tahun. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka memperingati hari ulang tahun Fakultas Ekonomi, tahun ini kembali diadakan Economics Expo 2020. Namun, ada yang berbeda dari penyelenggaraan Economics Expo 2020, kali ini acara tersebut diselenggarakan secara online atau daring melalui webinar. Hal ini dikarenakan dampak dari pandemi virus korona yang menyebabkan segala aktivitas atau kegiatan kampus terpaksa harus dirumahkan. Meskipun demikian, Economics Expo 2020 yang diselenggarakan secara online dapat berjalan dengan sukses dan meriah. Pada tahun ini, Economic Expo 2020 diketuai oleh dosen S1 Akuntansi yaitu Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, S.E., M.Si., Ak., CA. bersama dengan wakilnya yaitu Dr. Etty Gurendrawati, S.E., M.Si., Ak.

“Untuk persiapan acara ini sebenarnya kami sudah mempersiapkan dengan matang sejak bulan Februari kemarin, tetapi karena adanya pandemi yang datang secara tiba-tiba ini membuat kami menjalankan plan B yaitu dengan perayaan daring atau online,” ujar I Gusti Ketut Agung Ulupi yang biasa dipanggil Lupi.

“Dalam mempersiapkan acara Economics Expo 2020 yang diselenggarakan secara online atau daring ini tidak terdapat kendala ataupun kesulitan dalam persiapannya, tetapi lebih ke tantangan yang harus dihadapi yaitu seperti membuat konsep acara yang biasanya berdurasi kurang lebih satu sampai dua hari harus diubah menjadi hanya dua jam saja,” ujar Shandy.

“Di bawah koordinasi Ibu Widya Paramita, MPA., seluruh tim bergerak mempersiapkan acara menjadi lebih efisien, hampir seluruh rangkaian acara dibuat dalam bentuk video, mulai dari lagu pembukaan oleh Mikart FE UNJ, pembukaan secara live oleh Bapak Dr. Komarudin, M.Si. selaku Rektor Universitas Negeri Jakarta dan Bapak Dr. Ari Saptono, SE., M.Pd. selaku Dekan Fakultas Ekonomi, serta ucapan-ucapan selamat dan highlight-highlight acara yang dikompilasi,” lanjut Shandy.

Tahun ini Economics Expo 2020 bertemakan “Membangun Sumber Daya Manusia Kompeten dan Berkarakter” tema ini dapat membuktikan kualitas Fakultas Ekonomi sangat berkompeten dan berkarakter yang akan menurun pada lulusan-lulusannya. Acara yang diselenggarakan secara online dengan berstrategi menggunakan webinar ini  dihadiri oleh sekitar 100 orang lebih, mulai dari dekan-dekan fakultas sampai para pejabat kampus lainnya. Acara ini memiliki satu acara besar yaitu Tausyiah Ramadan oleh  Dr. Aisah Dahlan, CHT. dan juga acara-acara lain yang sudah dan sedang berjalan. Acara-acara tersebut di antaranya adalah lomba tingkat nasional dan provinsi, kegiatan seminar akuntansi dan ekonomi bulan Mei 2020, gemar syiar keluarga FE UNJ dan koperasi KAFE UNJ peduli (berupa pemberian santunan kepada anak yatim dan dhuafa yang sudah berlangsung pada tanggal 1 Mei 2020), khataman Al-Quran keluarga FE dan grup tadarus FE UNJ (sudah berlangsung pada tanggal 26 Mei 2020), dan juga kegiatan FUN Gathering keluarga besar FE yang dilakukan secara daring (diisi dengan berbagai kegiatan seperti kuis keluarga, lomba menyanyi antarprodi dan tendik, fun dance competition, dan juga pembagian hadiah-hadiah lomba kompetisi mahasiswa akuntansi secara nasional).

“Saya sangat terkesan dengan perayaan melalui daring ini, sehingga membuktikan bahwa walaupun kita sedang berada di tengah pandemi COVID-19 ini, tidak menghambat untuk kami semua tim Fakultas Ekonomi merayakan ulang tahun Fakultas Ekonomi yang ke-15 ini. Sehingga bisa menjadi sebuah sejarah serta ciri khas bagi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta,” ujar Shandy.

“Harapan saya untuk Fakultas Ekonomi ke depannya semoga selalu menjadi garda terdepan serta menjadi fakultas yang menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten, berkarakter serta berdaya saing global,” ujar Lupi, “kepada mahasiswa FE UNJ harapannya tetap menjaga kesehatan, dan mengikuti protokol dari pemerintah untuk social distancing, serta manfaatkan waktu dan tetap semangat belajar menggunakan media yang dimiliki,” lanjut Lupi.

Dirgahayu Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta ke-15. Harapan kami ke depannya semoga  selalu jaya dan menjadi fakultas yang memiliki lulusan-lulusan terhebat dan terbaik. (IVD/DK)

Untuk melihat kegiatan Economic Expo dalam memeriahkan HUT FE UNJ yang ke-15 silakan klik link ini https://www.youtube.com/channel/UCNRpXzZs6E4fp_DC81INZww