Economics Expo ke-15, Acara Puncak 02 Mei 2020

Economics Expo ke-15, Acara Puncak 02 Mei 2020

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) sebagai sebagai salah satu fakultas termuda di UNJ, pada tanggal 2 Mei 2020 ini memasuki usia yang ke-15. Hal ini tentu memberikan tantangan yang sangat besar untuk menjadi fakultas yang berdaya saing tinggi dan memiliki kemandirian dalam era digital ini, terutama dengan semakin berkembangnya dunia pendidikan dan bisnis yang berdampak pada semakin tingginya tingkat persaingan baik dalam dunia usaha, lapangan kerja, serta mutu pendidikan.

FE UNJ berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi, sumber daya manusia yang kompeten dan berkarakter sehingga hal itu menjadi perhatian besar dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar di FE UNJ. Lulusan yang dihasilkan FE UNJ bukan hanya lulusan yang memiliki hard skill yang kompeten namun memiliki karakter yang baik. Karatker yang baik diharapkan mampu menjadi dasar setiap lulusan untuk berintegritas di bidang apapun.

Salah satu upaya dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa, bertepatan dengan hari jadi FE UNJ yang ke-15, FE UNJ bermaksud menyelenggarakan Economics Expo 2020. Pada tahun ini, Economics Expo 2020 mengusung tema “Bersama Membangun Sumber Daya Manusia Kompeten dan Berkarakter” dan berlangsung mulai Maret 2020 sampai dengan 2 Mei 2020. Acara puncak Hari Economics Expo akan dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2020 yang dilakukan secara daring.

Acara puncak Economics Expo 2020 melibatkan sivitas akademika FE UNJ seperti dosen, tenaga kependidikan, alumni, purnabakti, mahasiswa, dan tamu undangan. Acara puncak Economics Expo dimeriahkan pula oleh kegiatan seminar bertema tentang keluarga. Tema seminar tersebut penting untuk diusung meningat peran keluarga sangat besar untuk membentuk karakter setiap individu. Diharapkan seminar ini semakin mendorong mahasiswa, dosen, dan peserta lain menjadi sumber daya yang kompeten dan berkarakter.

Tujuan Kegiatan

  • Memperingati hari Pendidikan Nasional dan hari jadi FE UNJ ke-15.
  • Meningkatkan kompetensi lulusan FE UNJ melalui pengembangan softskill, minat dan bakat mahasiswa mahasiswa agar menjadi sumber daya manusia yang kompeten dan berkarakter
  • Menumbuhkan jiwa kreativitas dan kerjasama di kalangan sivitas akademika FE UNJ
  • Memperluas jalinan kerjasama antara FE UNJ dengan mitra (dunia industri dan institusi pendidikan) baik dalam maupun luar negeri

FE UNJ memiliki komitmen kuat untuk menciptakan sumber daya kompeten dan berkarakter sehingga rangkaian kegiatan Economics Expo ini dibuat untuk mengakomodasi komitmen tersebut. Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam Economics Expo diantaranya:

1. Content Marketing Competition

Content Marketing Competition yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman LPTK, mahasiswa, dan siswa SMA/SMK dalam bidang aplikasi pemasaran. Para mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan content marketing dalam bentuk video yang akan di-upload di Youtube. Hal ini berguna untuk para peserta agar bisa memproduksi video yg lebih berkualitas, yang nantinya akan berdampak positif terhadap citra UNJ di media sosial. Kegiatan Content Marketing Competition juga diharapkan berdampak postif dalam membangun sumber daya manusia yang berkarakter.

 

2. The Office Explore (TOE)

Masih banyak generasi millenial yang kurang memanfaatkan potensi dirinya secara, efektif. Sehingga, banyak generasi millenial yang memanfaatkan kemajuan teknologi hanya untuk kepentingan dirinya sendiri seperti berselfie ria, aktif di sosial media tanpa mendapatkan keuntungan. Salah satu faktor penentu kegagalan seseorang dalam berkarir adalah ketidakmampuan menemukan potensi diri. Maka diselenggarakanlah The Office Explorer (TOE) sebagai ajang untuk mengasah kemampuan dan keterampilan di bidang perkantoran.

 

3. National Online Trading Competition

National Online Trading Competition merupakan kegiatan yang diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk dapat melakukan investasi secara aktif dan mengelola keuangan dengan baik. Selain itu diharapkan mahasiswa dapat mengimplementasikan analisis investasi di pasar modal terutama dalam instrument investasi saham. Sasaran acara ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Jakarta serta mahasiswa se-Indonesia.

Timeline Lomba
National Online Trading Competition
Laboratorium Pasar Modal FE UNJ

No Tanggal Kegiatan
1 1 Maret - 1 April 2020 Pembukaan Pendaftaran Peserta
2 10 April 2020 Penutupan Pendaftaran Peserta
3 19 April 2020 Pembagian Akun Trading Peserta
4 20 - 30 April 2020 Pelaksanaan Lomba Online Trading
5 2 Mei 2020 Pengumuman Pemenang

 

4. Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

FE UNJ menyadari bahwa budaya menulis bagi mahasiswa di Indonesia secara keseluruhan masih rendah. Oleh karena itu, dalam mewujudkan pelaksanaan konsep pendidikan yang berorientasi pada peningkatan kemampuan daya pikir generasi muda, salah satu upaya yang dilakukan oleh FE UNJ adalah memberikan stimulus berupa Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional.Lomba Karya Tulis ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan mutu para SDM muda dalam hal berpikir kritis serta menuangkan gagasan dan pikiran tertulis.

Timeline 
Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

No Tanggal Kegiatan
1 20 Februari 2020 Pendaftaran
2 20 - 17 Maret 2020 Pengumpulan abstrak
3 27 - 15 April 2020 Pengumpulan full paper
4 23 April 2020 Pengumuman 10 paper terbaik
5 23 April - 30 Mei 2020 Pengumpulan Video Presentasi dan PPT via Youtube
6 1 Mei 2020 Tanya Jawab via Zoom
7 2 Mei 2020 Pengumuman Pemenang

 

5. National Accounting Video Challenge

National Accounting Video Challenge memilik tema “Peran Teknologi pada Bidang Akuntansi di Era Revolusi Industri 4.0” yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang lebih khususnya dalam bidang manajemen keuangan dan akuntansi diantaranya melalui kompetisi video pembelajaran dan video inspiratif.

Timeline Lomba
National Accounting Video Challenge

No Tanggal Kegiatan
1 15 April - 15 Mei 2020 Pendaftaran dan Pengumpulan Trailer
2 17 - 23 Mei 2020 Penjurian penyisihan 10 Besar
3 26 Mei 2020 Pengumuman Tim Lolos Seleksi
4 27 - 30 Mei 2020 Pengumpulan Full Video Tim Lolos Seleksi
5 03 - 09 Juni 2020 Penjurian Tim Lolos Seleksi 10 Besar
6 10 Juni 2020 Pengumuman Pemenang

 

 

6. Gema Syiar

Menyadari pentingnya bekal ilmu kerohanian maka diperlukan adanya sebuah momen yang diharapkan dapat  memberikan sebuah kontribusi dalam pengembangan pribadi muslim, khususnya generasi muda. Dilatarbelakangi oleh hal tersebut maka diselenggarakan lah kegiatan Gema Syiar yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan semangat baru dalam upaya pengoptimalan syiar Islam di lingkungan Universitas Negeri Jakarta khususnya di Fakultas Ekonomi serta sebagai salah satu acara puncak dalam  Economics Expo 2020. Gema Syiar merupakan salah satu kegiatan di acara puncak Economics Expo.

Gema Syiar KELUARGA FE UNJ (Koperasi KAFE UNJ) Peduli Yatim dan Dhuafa

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

“Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin..” (QS. An Nisa : 36)

Dalam rangka memperingati HUT FE UNJ ke-15 pada 2 Mei 2020, kami Panitia Economics Expo 2020 mengajak Bapak/Ibu/Saudara untuk menginfakkan sebagian rezekinya melalui kegiatan Gema Syiar KELUARGA FE UNJ (Koperasi KAFE UNJ) Peduli Yatim dan Dhuafa.
Mari ulurkan tangan untuk membantu saudara kita agar dapat merasakan secercah kebahagiaan di Ramadhan 1441 H.

Donasi dibuka mulai 14 April 2020 hingga 28 April 2020
Rekening Donasi :
No rekening :
1. Bank Mandiri 0060007956943 a/n Sholatia Dalimunthe
2. BNI 0803449170 a.n. Hafifah Nasution
3. Bank Syariah Mandiri 9802700000042020 a/n Koperasi KAFE UNJ Peduli

Konfirmasi bukti tansfer :
081390086386 (Sholatia Dalimunthe)
http://wa.me/6281390086386

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

 

7. Khataman Al Quran

Khatam Al Quran online bersama melibatkan pihak dosen,mahasiswa dan staff akademis.

Mengaji online di rumah masing-masing : 18-25 april 2020
Pengajian bersama (membaca beberap Surat Juz 30 dan Doa Khatam bersama) melalui daring.

 

8. Dekan Cup Poster

Tema ” Bangun Indonesia Lewat Ekonomi Kreatif”

 

9. Dekan Cup E-Sport