Grand Final Mawapres Universitas Negeri Jakarta: Fakultas Ekonomi Meraih 3 Juara

Grand Final Mawapres Universitas Negeri Jakarta: Fakultas Ekonomi Meraih 3 Juara

Pada tanggal 2 dan 3 Maret 2020 Universitas Negeri Jakarta kembali menyelenggarakan acara Mahasiswa Berprestasi atau yang biasa disingkat menjadi Mawapres. Acara ini dilaksanakan di Aula Maftuchah Gedung Dewi Sartika, kampus A Universitas Negeri Jakarta. Acara yang dilaksanakan selama 2 hari kemarin membawa kebahagiaan kepada para peserta Grand Finalis Mawapres. Di hari pertama acara yaitu  Senin, 2 Maret 2020 diawali dengan hiburan yaitu penampilan pencak silat dari KOP Pencak Silat FIK UNJ. Kemudian dilanjutkan  dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, setelah itu dilanjutkan sambutan dari ketua pelaksana Mawapres yaitu Bijak Aditia H. yang merupakan Mawapres II S1 UNJ tahun 2019, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Rektor 3 Dr. Abdul Sukur, S.Pd., M.Siq. Setelah sambutan, dilanjutkan dengan parade para Grand Finalis Mawapres Universitas Negeri Jakarta kemudian dilanjutkan ke acara intinya yaitu presentasi KTI atau Karya Tulis Ilmiah oleh masing-masing finalis. Presentasi  KTI yang dilakukan oleh para finalis dibagi menjadi 2 kloter. Kloter pertama dipaparkan oleh 12 orang finalis yang diawali dari mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial yaitu Yuly Ulan Dari, kemudian Anya Tamara Akbar (FT), Dewi Larasati (FIP), Tahlia Latifah (Fpsi), Almadhia Qistina (Fpsi), Muhammad Agung Aprialdi (FT), Noer Syahbani (FMIPA), Ita Sulistiani (FT), Rina Wulandari (FBS), Endy Safadilla (FIK), Afidah Nur Aslamah (FE) dan Lulu Junayah (FIS), kemudian kloter kedua dilanjut dengan 7 orang finalis yaitu Puspo Nagati Paramitha (FIK), Rahmah Rosalina (FMIPA), Asep Sanjaya (FIS), Aditya Gilang Rumpaka (FBS), Haris Nur Hamid (FE), Jannatul Firdausi N. (FIP), dan yang terakhir Novan Yonathan Seilatu (FE). Setelah masing-masing kandidat mempresentasikan KTI mereka, dewan juri memberikan pertanyaan terkait dengan ide yang mereka presentasikan. Acara di hari pertama ditutup oleh MC serta pemberitahuan kepada audiensi terkait rangkaian esok hari.  

Acara Grand Finalis Mawapres dilanjutkan pada hari Selasa, 3 Maret 2020 yang dimulai dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan ke acara inti yaitu impromptu speech dan kisah inspiratif. Acara inti di hari kedua diawali dengan improptu speech oleh masing-masing finalis. Setelah improptu speech berakhir, acara dilanjutkan dengan isoma lalu kembali dengan pemaparan kisah inspiratif dari masing-masing peserta. Acara dilanjutkan dengan penampilan hiburan kepada para audiensi dan peserta Grand Finalis Mawapres dari Mikart FE UNJ lalu dilanjutkan dengan penampilan musikalisasi puisi oleh Mawapres. Kini tiba di akhir acara yaitu pengumuman pemenang Grand Finalis Mawapres Universitas Negeri Jakarta. Pengumuman pemenang dibagi menjadi 10 kategori yang diraih oleh beberapa peserta, yaitu kategori Most Impressive diraih oleh Noer Syahbani (FBS), Mawapres Terinspiratif Almadhia Qisthina (Fpsi), Mawapres Terfavorit Afidah Nur Aslamah (FE), Mawapres dengan KTI Terbaik Muhammad Agung Aprialdi (FT), Mawapres Bahasa Inggris Terbaik Anya Tamara Akbar (FT), kemudian Mawapres Best Personality Puspo Nagati Paramitha (FIK), Mawapres Terbaik III Asep Sanjaya (FIS), Mawapres Terbaik II Aditya Gilang Rumpaka (FBS), dan inilah pengumuman yang sangat ditunggu-tunggu Juara Utama Mawapres Jenjang Diploma diraih oleh Haris Nur Hamid (FE) dan Juara Utama Mawapres Jenjang Sarjana diraih oleh Afidah Nur Aslamah (FE).

“Alhamdulillah senang banget dan sangat amat bersyukur karena Allah telah mengizinkan saya untuk mengemban amanah yang sangat penting yang dituntut untuk memberikan manfaat bagi sesama dan akhirnya bisa maju ke nasional itu merupakan suatu kebanggaan dan sekaligus kehormatan bagi saya,” ujar Afidah Nur Aslamah yang merupakan Juara Utama Mawapres Jenjang Sarjana dari Fakultas Ekonomi.

“Tantangan terberat saya mengikuti mawapres UNJ ini yaitu menjaga nama baik Universitas Negeri Jakarta itu sendiri tentunya dan Fakultas saya yaitu Fakultas Ekonomi. Karena Mawapres itu kan representatif dari UNJ dan itu sangat berat bagi saya,” ujar Haris Nur Hamid yang merupakan Juara Utama Mawapres Jenjang Diploma dari Fakultas Ekonomi.

“Perasaan saya senang banget bisa terpilih sebagai salah satu Grand Finalis Mawapres UNJ karena bisa menambah relasi juga tentunya karena bertemu dengan peserta-peserta yang berada di luar fakultas saya yaitu ekonomi, sharing-sharing sama mereka yang di mana itu juga bisa menambah pengetahuan saya nambah wawasan serta pengalaman,” ujar Novan Yonatan Seilatu yang merupakan salah satu Grand Finalis Mawapres Universitas Negeri Jakarta dari Fakultas Ekonomi, “motivasi saya mengikuti Mawapres ini karena saya ingin menjadi orang  yang bermanfaat untuk banyak orang dan saya butuh kekuatan Mawapres untuk akhirnya dapat menginspirasi teman-teman, berharap dapat terwujud. Aamiin,” lanjut Novan.

“Kesan saya mengikuti Mawapres bukan karena tittle utamanya yang ‘wah mawapres keren’ tapi karena menjalani prosesnya yaitu mulai dari pemberkasan fakultas, mengikuti pilmapres fakultas dan terpilih menjadi yang terbaik di fakultas kemudian lanjut tingkat universitas dan saya menjalani karantina selama 3 hari 2 malam itu menjadikan pribadi saya lebih peka terhadap kepada yang lain, menjadikan saya berpikir bahwa mawapres bukan hanya tittlenya yang keren tetapi bagaimana kita memberikan manfaat untuk orang-orang sekitar,” ujar Afidah.

Pada tahun ini, FE kembali meraih kejuaraan dengan membawa 3 kategori yaitu Terfavorit, Mawapres Utama Diploma dan Mawapres Utama Sarjana. Setelah pengumuman tersebut, acara dilanjut dengan Winning Speech dari Mawapres Utama jenjang Diploma dan Sarjana dan terakhir ditutup oleh speech oleh Bapak Rektorat Universitas Negeri Jakarta Dr. Komarudin, M.Si. beliau menyampaikan bahwa sangat bangga dapat menyampaikan pidatonya di hadapan para mawapres pada awal tahun menjabat sebagai rektorat. Kemudian, beliau memukul gong sebagai tanda bahwa acara tersebut telah berakhir. Selamat dan sukses kepada para pemenang Mawapres Universitas Negeri Jakarta dan para finalis Mawapres Universitas Negeri Jakarta. (SFI/DK)