Guest Lecturer Programme

Guest Lecturer Programme

Senin, 21 Oktober 2019

Fakultas Ekonomi bekerjasama dengan Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama, CDC FE UNJ, dan Koperasi FE UNJ menyelenggarakan program Visiting Professor yang dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2019 – 2 November 2019 dengan menghadirkan narasumber Dr. Phil Gerard Wicht dari Senior Experten Germany (SES Germany). Visiting Professor merupakan agenda dari Fakultas Ekonomi UNJ yang berupaya mendatangkan ahli dari berbagai universitas untuk memberikan workshop dan seminar kepada para dosen dan mahasiswa dengan memberikan gambaran mengenai sistem dan metode pembelajaran berbasis teknologi agar di kemudian hari bisa dipraktekan oleh segenap civitas akademika khususnya di Fakultas Ekonomi UNJ.

Rangkaian kegiatan ini dimulai tanggal 14 Oktober 2019 dan berakhir tanggal 2 November 2019. Pada kegiatan hari pertama tanggal 14 Oktober 2019 dimulai dengan acara Introduction Meeting dengan dosen tamu yang bertempat di ruang sidang Gedung R pukul 13.30 – 15.00. Dekan FE UNJ, Prof. Dedi Purwana ES., M.Bus hadir dan membuka acara secara resmi. Paparan materi dan sharing dari Dr. Phil Gerard Wicht menyebutkan perkembangan globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan secara terus menerus memunculkan cara-cara baru untuk belajar, seiring dengan munculnya era digitalisasi, kecerdasan buatan, revolusi industri 4.0. Hal ini menginisiasi suatu sistem pembelajaran berbasis blended learning. Blended learning merupakan suatu kombinasi antara berbagai metode pembelajaran dan media pembelajaran mulai dari tatap muka, belajar mandiri berbasis teknologi dan kerja kelompok.

Pada hari kedua tanggal 15 Oktober 2019 diselenggarakan acara Seminar dengan tema Strategies for The Design and Delivery of Blended Learning Courses yang dilaksanakan di Gedung Syafei Lantai 9 pukul 09.00 – 12.00 untuk para dosen Fakultas Ekonomi UNJ dan dilanjutkan acara Guest Lecturer “Learning and Teaching in Germany” pada jam 13.30 – 15.00 di Gedung Ki Hajar Dewantara lantai 9 untuk para mahasiswa Fakultas Ekonomi UNJ. Antusiasme peserta begitu besar, terlihat dari penuhnya Aula di Gedung Ki Hajar Dewantara. Motivasi para peserta yang hadir tidak hanya sekedar ingin melihat dan bertemu langsung dengan Dr Phil Gerard Wicht, namun juga dikarenakan ingin memenuhi rasa penasaran mereka terhadap sistem pembelajaran berbasis blended learning. Rangkaian kegiatan selanjutnya meliputi: Campus Tour, workshop, Seminar antar fakultas di UNJ, dan Seminar antar Universitas.