Fakultas Ekonomi Bawa 3 Kemenangan dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UNJ 2019

Fakultas Ekonomi Bawa 3 Kemenangan dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UNJ 2019

 

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kembali mengadakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Tahun 2019. Setelah melewati tahap PILMAPRES di fakultas, akhirnya diselenggarakan Grand Final PILMAPRES UNJ 2019 yaitu pada 5 – 6 Maret 2019 yang bertempat di Aula Maftuchah, Gedung Dewi Sartika, Universitas Negeri Jakarta.

PILMAPRES merupakan suatu ajang bergengsi bagi mahasiswa program Sarjana (S1) maupun Diploma (D3) yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) setiap tahunnya. Pada tahun ini, terdapat 18 peserta PILMAPRES UNJ dari berbagai fakultas. Fakultas Ekonomi mengirimkan 3 perwakilan yaitu Karil Maulita, Cindy, dan Retno Dwi Saputri. Sebelumnya, para peserta telah mengikuti tahap PILMAPRES Prodi dan Fakultas. Sebelum Grand Final Mawapres UNJ ini dimulai, peserta telah mengikuti serangkaian kegiatan selama dua hari di karantina. Karantina tersebut dilaksanakan pada 2-3 Maret 2019.

Acara Grand Final dibuka dengan penampilan tari Saman Ratoh Jaroe dari Fakultas Ekonomi dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sambutan serta pemukulan gong oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Prasetyo Wibowo Yunanto, M.Eng., sebagai tanda diresmikannya acara pembukaan Grand Final PILMAPRES UNJ 2019.

“PILMAPRES artinya mahasiswa harus berprestasi dan dapat membuat karya ilmiah serta memiliki kemampuan berbahasa Inggris. 3 hal itu menjadi hal yang penting dan mahasiswa harus memiliki kepercayaan diri. Wakil rektor telah menyiapkan anggaran dana sebagai fasilitas untuk mahasiswa yang ingin mengikutin lomba,” ujar Wakil Rektor III.

Kemudian dilanjutkan dengan parade peserta PILMAPRES UNJ 2019. Dimulai dari Bima Dewanto (Fakultas Bahasa dan Seni), M. Ikrom Azzam (Fakultas Bahasa dan Seni), Swardiantara Silalahi (Fakultas Teknik), Indra Rizky Ramadhan (Fakultas Teknik), Melani (Fakultas Teknik), Linda Dwiyanti (Fakultas Ilmu Sosial), Naima Alfitta Franedi (Fakultas Ilmu Sosial), Wulan Azahra Khairunisa (Fakultas Ilmu Sosial), Mufidi Mahmud (Fakultas Ilmu Keolahragaan), Retno Dwi Saputri (Fakultas Ekonomi), Karil Maulita (Fakultas Ekonomi), Cindy (Fakultas Ekonomi), Febrian Abdul Fatah (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Noviani Misnannisa (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Hanin Khalidah (Fakultas Ilmu Pendidikan), Jannatul Firdausi Nuzula (Fakultas Ilmu Pendidikan), Bijak Aditia Utomo (Fakultas Pendidikan Psikologi), Muchamad Salamun (Fakultas Pendidikan Psikologi).

Setelah parade, masing-masing peserta mempresentasikan karya tulis ilmiahnya di depan para audiensi dan dewan juri yaitu Aam Amaningsih Jumhur,  M.T., lalu diakhir presentasi peserta diberikan sesi tanya jawab dari dewan juri.

Dari Fakultas Ekonomi, presentasi dimulai dari Retno Dwi Safitri dengan judul karya tulis ilmiah “APP Nasa Mobile” yaitu suatu aplikasi yang menarik dan interaktif untuk pembelajaran nabung saham mobile. Selanjutnya dari Karil Maulita memaparkan karya tulis ilmiah dengan judul “Inkubator Bisnis Online Syariah” sebagai strategi untuk mewujudkan mimpi dan harapan bagi kemandirian ekonomi pesantren di Indonesia. Lalu pemaparan terakhir daari Fakultas Ekonomoi oleh Cindy dengan karya tulis ilmiah berjudul “Halalin Yuk” dengan bentuk sebuah mobil halalin yuk yang diharapkan mampu membagikan sertifikat halal dari MUI ke seluruh daerah di Indonesia sebagai wujud meningkatkan rasa peduli pada diri kita terhadap produk atau barang yang kita konsumsi selama ini apakah sudah halal atau belum.  Mengingat data dari MUI bahwa walaupun negara kita mayoritas memeluk agama Islam tetapi kenyataannya industri halal di Indonesia masih rendah.

Di hari kedua Grand Final PILMAPRES UNJ pada hari Rabu, 6 Maret 2019 dilanjutkan dengan impromptu speech dari setiap finalis mawapres. Di setiap impromptu speech, dilaksanakan juga sesi tanya jawab kepada para finalis. Setelah itu, ditampilkan video profil dan presentasi kisah inspiratif dari masing-masing finalis Mawapres UNJ 2019. Dari Fakultas Ekonomi, kisah inspiratif dimulai oleh Retno Dwi Safitri, yaitu tentang mimpinya yang ia yakini sehingga bisa menggapainya sekarang. Selanjutnya, Karil Maulita yang menceritakan bagaimana dahsyatnya kekuatan doa seorang ibu. Kemudian dari Cindy dengan kisah tentang dirinya yang mencoba untuk sukses dengan menjadi diri sendiri dan selalu tawakal kepada Allah. Para finalis menginspirasi kita untuk selalu patuh kepada orang tua, tetap bersemangat,  dan yang pastinya tidak lupa untuk selalu mengingat serta bersyukur kepada Allah Swt. atas apa yang Allah berikan kepada kita. Setelah dilakukannya parade, pengenalan dosen juri yaitu  Widya Paramitha, S.E.,MPA., Aam Amaningsih Jumhur, M.T., dan  Zarina FPPsi.

Selanjutnya juri membacakan nominasi-nominasi di antaranya yaitu, Mawapres kategori Terfavorit diraih oleh Noviani Misnannisa dari FMIPA, kategori Best Personality diraih oleh Cindy dari FE,  kategori Most Impressive Person diraih oleh  Mufidi Mahmud dari FIK, kategori Terinspiratif diraih oleh Muchamad Salamun dari FPPsi, kategori Bahasa Inggris Terbaik diraih oleh Hanin Khalidah dari FIP, kategori Karya Tulis Ilmiah Terbaik diraih oleh Indra Rizky Ramadhan dari FT. Selanjutnya, diumumkan Mawapres Utama D3 diraih oleh  Retno Dwi Saputri dari FE, Juara III Mawapres tingkat S1 diraih oleh Karil Maulita dari FE, Juara II Mawaapres tingkat S1 diraih oleh Bijak Aditia Utomo dari FPPsi, dan Mawapres Utama S1 diraih oleh Bima Dewanto dari FBS.

Setelah pengumuman para pemenang, acara ini ditutup dengan pemberian bingkisan kepada para Mawapres UNJ 2019 dan sekaligus pemberan bingkisan terhadap dewan juri. Dilanjut dengan agenda terakhir yaitu foto bersama Mawapres UNJ 2019.

“Kesannya pertama kaget karena tidak tahu dan tidak menyangka kalau akan dipilih jadi Mawapres 2 FE kemudian lanjut ke UNJ. Tetapi saya hanya bersyukur sama Allah karena kalau bukan Allah yang memberikan ini ke saya, siapa lagi? Jadi, bukan saya yang hebat tetapi Allah yang menghebatkan saya,” ujar Cindy.

“Alhamdulillah senang banget, enggak nyangka akan terpilih sebagai perwakilan Mawapres FE UNJ dan juga terima kasih atas dukungan teman-teman FE, ini semua untuk kalian. Motivasi untuk adik-adik ke depannya itu semangat terus dalam meraih mimpinya, karena sejatinya Allah selalu bersama kita,” ujar Karil.

“Tentunya untuk lolos ke-3 besar Nasional, kita harus memliki prestasi, kita harus punya prestasi pencapaian Internasional, punya banyak pencapaian Nasional juga. Paling penting sih kemampuan bahasa Inggris, kepribadian, serta prestasi. Saat ini InshaAllah yang masih harus dikejar ialah prestasi Internasional,” ujar Retno.

Fakultas Ekonomi tentunya berbangga karena semua perwakilan yang dikirimkan mendapatkan juara pada pemilihan mahasiswa berprestasi UNJ 2019 yaitu Cindy, Karil, dan Retno. Semoga untuk kedepanya Fakultas Ekonomi menghasilkan mahasiswa berprestasi lainnya. ( SVA /DV)