Perbaharui Panduan Lama, FE-UNJ Gelar Workshop Penyusunan Panduan Skripsi

Skripsi merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa jenjang S-1 di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) sebagai salah satu persyaratan kelulusan dan diperolehnya gelar sarjana. Mata kuliah skripsi memiliki bobot 4 SKS dan merupakan kelanjutan dari mata kuliah Seminar Usulan Penelitian (Kini menjadi Sidang Usulan Penelitian) yang memiliki bobot 2 SKS.

Sebagai salah satu bentuk riset, skripsi tidak dapat dilepaskan dari definisi dan tujuan riset itu sendiri. Riset pada hakikatnya adalah suatu proses pencarian ulang untuk menemukan kembali sesuatu yang berkontribusi bagi ilmu pengetahuan. Untuk itu, peneliti ketika melakukan riset harus memiliki landasan / motivasi yang kuat untuk menemukan kembali kepingan puzzle yang hilang (missing puzzle) dalam memperkuat konstruksi field of research yang ada.

Selain sebagai riset, menulis skripsi juga terkait dengan menulis gagasan. Gagasan tentang posisi penelitian yang akan diambil dibandingkan dengan penelitian terdahulu, yang akan membedakan penelitian yang dilakukan dengan penelitian lainnya. Posisi penelitian inilah yang kemudian dikenal dengan argumen penelitian. Argumen penelitian harus diungkapkan secara jelas, eksplisit, dan sistematis dalam seluruh bagian skripsi, agar pembaca dapat secara mudah menemukan posisi penelitian yang diajukan. Oleh sebab itu, sistematika penulisan skripsi seharusnya merupakan suatu kesatuan gagasan tentang argumen penelitian yang diajukan dimulai dari bagian pendahuluan hingga bagian penutup. Alur argumen seharusnya mengalir secara sistematis dalam keseluruhan bagian skripsi menjadi satu kesatuan yang utuh yang akan bermuara pada perumusan hipotesis penelitian (untuk penelitian kuantitatif) maupun untuk menjawab pertanyaan penelitian (untuk penelitian kualitatif).

Menindaklanjuti keniscayaan tersebut, dan dalam rangka meningkatkan kualitas Skripsi mahasiswa, Fakultas Ekonomi (FE) belum lama ini menggelar “Workshop Penyusunan Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta”. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Dekan FE-UNJ, Prof. Dr Dedi Purwana ES, M.Bus, ini bertujuan untuk memutakhirkan dan menyempurnakan pedoman penyusunan skripsi yang diberlakukan di lingkungan FE UNJ. Kegiatan ini merupakan tahap akhir dari rangkaian kegiatan penyempurnaan pedoman skripsi. Selanjutnya, output dari kegiatan ini adalah pedoman skripsi yang telah disempurnakan, yang selanjutnya akan diberlakukan pada semester genap T.A. 2018/2019 (semester 110).

Wakil Dekan I FE-UNJ, Setyo Ferry Wibowo, M.Si, menyatakan bahwa agar skripsi yang disusun oleh mahasiswa memiliki standar yang sama, maka penting disusun buku pedoman penyusunan skripsi yang dijadikan acuan oleh mahasiswa dalam menyusun skripsi. Informasi yang tercakup di dalam buku pedoman meliputi antara lain: persyaratan yang wajib dipenuhi; kriteria, persyaratan, serta hak dan kewajiban dosen pembimbing; format laporan, kewajiban publikasi, serta kewajiban membuat pernyataan anti plagiasi. “Kita berharap kegiatan ini menjadi langkah awal memperbaharui pedoman lama sekaligus meningkatkan kualitas skripsi mahasiswa”, ungkap  Setyo Ferry Wibowo, M.Si, ketika dihubungi terpisah.

Harapan yang sama juga disampaikan Dekan FE UNJ dalam sambutannya. Menurut beliau, dengan panduan skripsi yang semakin baik, akan menjadi langkah awal output penelitian yang berkualitas pula. “Kegiatan ini juga dalam rangka merealisasikan mimpi FE menjadi fakultas bereputasi,” ungkap Dekan FE-UNJ. Kegiatan Workshop Penyusunan Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr Dedi Purwana ES, M.Bus. Selanjutnya setiap tim memaparkan hasil pekerjaannya untuk dikomentari atau diberi masukan oleh peserta workshop yang lain. Kegiatan paparan dan diskusi dimoderatori oleh Agus Wibowo, M.Pd. (Ka. GPJM) sedangkan notulis kegiatan adalah Hania Aminah, MM (Sekretaris GPJM). Kegiatan yang digelar tanggal 6-7 Desember 2018, di Hotel Horison, Bekasi, Jawa Barat, tersebut dihadiri oleh Dekanat, para koorprodi, tim penyusun dan GPJM-FE UNJ. (Aw/GPJM).