STAF PENGAJAR FE UNJ SABET THE BEST SCIENTIFIC PUBLICATION AWARD

STAF PENGAJAR FE UNJ SABET THE BEST SCIENTIFIC PUBLICATION AWARD

Publikasi “A Feasibility Study of Establishing Fiscal Council in Indonesia” yang dilansir di Economic Journal of Emerging Markets, Vol. 10 No. 2, Oktober 2018,  hantarkan DR. Haryo Kuncoro, SE, M.Si. menyabet The Best Scientific Publication Award. Penyerahan Award dilakukan di Hotel Arya Duta, 4 Desember 2018.

Acara yang bertajuk HSBC INDONESIA RESEARCH AWARD (HIRA) 2018 ini merupakan kali kedua yang diselenggarakan oleh HSBC Indonesia bekerja sama dengan Sampoerna University. Penghargaan diberikan pada proposal riset dan publikasi ilmiah di bidang keuangan dan perbankan bagi para dosen dan peneliti perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Naskah publikasi yang eligible diusulkan adalah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal nasional terakreditasi DIKTI dan terklasifikasi ke dalam Sinta 1, Sinta 2, dan Sinta 3, serta berakses terbuka, bukan dalam prosiding, key-notes, bagian volume dari suatu buku atau special issue.

Dewan Juri berasal dari aktivis Relawan Jurnal Indonesia yang seluruhnya merupakan penulis sekaligus reviewer jurnal terindeks Scopus. Kendati agak ‘menyimpang’ dari tema besar, penelitian dipandang Dewan Juri memberikan nilai tambah terkait dengan subtema Pembangunan Keuangan dan Manajemen Risiko.

Dalam penilaian Dewan Juri, pembangunan keuangan dan manajemen risiko sering hanya diasosiasikan dengan sektor privat alih-alih sektor publik. Tanpa manajemen risiko yang memadahi, kendala keuangan di sektor publik membawa implikasi yang tidak ringan bagi pembangunan ekonomi dengan segala efek sistemiknya.

Paper di atas sejatinya adalah turunan dari penelitian besar (grand research) tentang kredibilitas kebijakan fiskal yang didanai FE UNJ pada 2016. Penelitian besar ini juga telah memayungi penelitian skripsi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNJ. Beberapa paper turunannya telah banyak dipublikasikan, baik oleh mahasiswa yang dipayungi, maupun peneliti prinsipalnya di jurnal-jurnal internasional bereputasi.

Tahun depan HSBC INDONESIA RESEARCH AWARD akan dilaksanakan lagi. Tentu saja, bukan Prize Money yang menjadi motivasi utama, melainkan alat ukur diri seberapa berkualitas publikasi hasil riset para Staf Pengajar FE UNJ.